Marching Band Madah Bahana Universitas Indonesia a.k.a MBUI a.k.a embuy


.

-->
Jadi inget waktu awal2 gue masuk di unit ini, setiap gue pulang ke rumah dan pake topi yang bertuliskan “MBUI”orang rumah gue nyebutnya embuy, haha…


MBUI merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa yang ada di kampus satu-satunya di Indonesia yang mengusung nama bangsa kita yang termasyur, hehe.. Gue gabung di sini dari awal banget semester satu sampe sekarang ketika gue mau lulus, temen gue bahkan banyak yang gabung dari sebelum dia resmi jadi mahasiswa UI (baru lulus SPMB, belum registrasi ulang).. Ajegile banget kan? Gue juga ga ngerti deh, nih unit kayak udah punya pesona buat anak2 SMA yang sebelumnya emang udah bergelut di duna per-marching band-an. Gue sendiri aja ngidam masuk MBUI dari gue kelas 3 SMA, waktu itu gue baru gabung di MB Gita Wibawa Praja (GWP) Pemkab Tangerang. Di Grand Prix Marching Band taun 2005, gue jadi crewnya GWP, saat itu gue udah sering denger tentang MBUI yang begitu mempesona. Di GPMB kali ini GWP ga masuk final, jadi pas final semua anggota GWP dibayarin buat nonton final GPMB. ketika MBUI tampil –yg saat itu keluar sbagai juara umum- dengan paket “Swing in Dangdut” ngebetlah gue buat masuk dan gue inget banget waktu itu yang ada di otak gue adalah “masuk UI ah, biar bisa ikut MBUI” dan Alhamdulillah banget di 2007 gue berkesempatan masuk UI. Gue pun kegirangan karena bisa ikut MBUI. Setelah gue gabung, ternyata banyak juga yang kaya gue bahkan banyak yang jauh lebih freak!!

Kenapa gue begitu betah dan loyal dengan MBUI? Banyak banget latar akan ini. Gue dapet banyak banget dari sini, klo temen mah jangan di tanya, ratusan langsung gue dapet. Temen dari berbagai jurusan dan fakultas yang ada di UI dan juga lintas angkatan. Yang paling standar sih bisa belajar alat musik marching band, tapi juga ditambah bisa baca partitur not balok. Gue juga bisa ngerasain lomba tingkat nasional, sama dapet sertifikat Mapres (Mahasiswa Berprestasi) UI bidang seni.. Haha gue kan ga pinter2 banget, jadi kalo ga ikut MBUI mana bisa gue dapet nih sertifikat. Gue juga dapet beasiswa bidang seni dari BEM FISIP UI, tambah maknyoss aje dah..

Jiwa tampil gue pun terasah di sini, lantaran MBUI band mahasiswa yang butuh dana, maka sering banget nyari dana lewat penampilan. Gue sering ikut penampilan2, mulai dari acara peresmian gedung, ulang tahun sebuah perusahaan sampe nampil di tipi juga.Yang terakhir ini nih yang gue demen, sampe sekarang aja gue udah pernah tampil di Festival Film Indonesia, di Indonesia Mencari Bakat ngiringin Brandon, Opening Act di Penghuni Terakhir, ikutan kuis Betul atau Salah Trans Tv, kuis Super Deal, yang terakhir gue ikutan kuis Rangking 1. Yang paling oye adalah gue di kirim ke Bangkok, Thailand Mei 2009 kemaren. Gue diutus buat ikutan 7th ASEAN Youth Cultural Forum.

Mennn!! Gue seorang anak kampung ngebayangin keluar negeri aje ga pernah, ini malah gue diKirim ke luar negeri gratis pula.hho… Terus juga yang bikin gue seneng bukan kepalang adalah gue akan merasakan yang namanya naik pesawat, ahaha.. Kedengeran norak sih, tapi inilah realitanya, gue ga pernah naek pesawat terbang padahal rumah gue begitu nempel dengan pager Bandara Soekarno Hatta #miris… Pesawat yang gue tumpangi adalah Singapore Airlines (SQ), gila banget ga tuh? sekalinya naek pesawat langsung dapet yang mantaf gratis pula, what a lucky man, hha……..


 Kalo ngomongin keuntungan masuk MBUI sih kaga bakal ada abisnya, gue dapet link kerja dari sini, gue dapet calon istri juga dari sini, ketemu orang2 hebat, pokoknya buuaannnyyyyaaaakkk banget deh yang bisa didapetin. 

Ada yang didapet pasti ada juga yang harus dikorbankan, kalo menurut gue yang dikorbanin cuma satu yaitu waktu, iya waktu.. Lantaran latihan yang menggila jadilah waktu kita banyak kebuang di sini, pokoknya kalo masuk sini siap-siap aja buat mencurahkan sebagian besar hidup lu di sini. Tapi tenang aja kalo dibandingin sama apa yang bakal didapetin gue rasa worth it banget, yakinlah……. Oiya satu lagi gue lupa, karena di MBUI latihannya sangat membuat badan bergerak secara aktif gue sih ngerasanya jadi lebih sehat aje, tubuh juga jadi kenceng ga ngeglambir.. Berdasarkan fakta dilapangan sih orang-orang yang ga latihan lagi di MBUI akan mengembang badannya dan lebih putih juga sih, haha……

Di unit ini gue diajarin gimana harus bisa loyal pada sesuatu, gak dibayar tapi mau capek-capek latihan sampe malem dan hampir setiap hari. Bisa kerja bareng dengan banyak orang, ratusan orang sekaligus. Gue juga sempet setahun jadi komandan alat tuba (alat tiup yang paling gede) dan setahun jadi komandan pasukan, dari sini gue belajar gimana caranya memanage orang, mempertahankan orang, dan membuat orang nyaman di MBUI, nyelesaiin konflik yang terjadi, dan selalu solutif tiap ada masalah. Gue juga sempet setahun jadi pengurus inti, dari sini gue belajar lebih banyak lagi, gue belajar gimana menggerakan sebuah organisasi besar, berhubungan dengan orang2 penting, gimana mempersiapkan sebuah event besar, belajar menghadapi orang-orang yang kita urus, gimana nyari penyelesaian dari masalah yang dihadapi, berbicara di depan umum, mencari dana dalam jumlah besar, mengambil kebijakan-kebijakan yang ga semua orang menerimanya dan tentunya pengalaman gue berorganisasi jadi bertambah matang. Semua ini pastinya bakal kepake banget di dunia kerja nanti, pelajaran yang gak mungkin bisa gue dapet di tempat gue kuliah atau di tempat manapun di dunia ini *lebay.

Yang gue suka dari MBUI adalah sisi edukasinya, bener2 belajar deh. Sistem pembelajarannya juga oke banget. Di sini anak lama bener2 harus turun kebawah menjemput bola, ngajak anak baru buat bisa sama2 naek ke atas. Setiap orang wajib bisa baca partitur, dan semuanya difasilitasi dengan anak lama yang dengan baiknya menawarkan latihan tambahan. Ga semua unit kaya gini, terkadang banyak yang anak lama ga akan ngajarin kalo ga diminta.

Analisis penuh kesotoyan dari gue sih kenapa sistem di MBUI bisa kaya gini, tak lain dan tak bukan adalah karena MBUI merupakan band mahasiswa, dimana mahasiswa ga bisa stay selamanya di unit ini jadi kaya ada kesadaran gitu buat bikin anak baru bisa jadi pas nanti udah gabisa lagi gabung dia bisa ninggalin MBUI tanpa beban, yah karena di MBUI-nya sendiri udah ada orang yang bisa megang, begitulah seterusnya. Oiya di MBUI ga disuguhi kemewahan, setiap kali latihan yang disediakan hanya air galon dan kotak P3K. Semua anggotanya gue rasa udah sadar kalo MBUI bukan unit yang tajir, jadi bakal nerimain dengan senang hati. Setiap anggota ga akan dipunguti biaya apapun, jadi semua alat dan kostum serta pelatih disediakan gratis oleh MBUI nah sebagai gantinya setiap anggota harus mau kalo sewaktu2 dimintain ikut penampilan. 

Hmm banyak juga yah yg gue omongin, intinya gue ga akan menyesal jadi bagian unit ini. Gue pun nanti berniat kalo adek atau mungkin anak gue kuliah di UI gue akan rekomendasiin buat gabung di unit ini, unit hebat yag menghasilkan orang2 hebat!!

One Response to “Marching Band Madah Bahana Universitas Indonesia a.k.a MBUI a.k.a embuy”