30 Hari Pemuja Manten, H – 10: Percetakan Undangan Pernikahan; Citra Printing


.


H – 10, Hohohohohoho waktunya sebar undangan di Kantor…

Kali ini gue bakal ceritain tentang vendor percetakan yang gue pake buat undangan gue. Setelah cukup lama mantengin wedding preparation blog orang-orang dan baca berbagai macam postingan di weddingku.com, gue sering banget denger tentang vendor undangan percetakan yang murah, bagus tapi lama, proses pengerjaannya, yup Citra Printing.

Awalnya gue nemu komentar yang bagus-bagus tentang Citra Printing (CP), tapi lama-lama gue juga sering nemu komentar yang negatif bahkan sangat negatif. Tapi gue tetep penasaran sama nih percetakan, setelah ditelusuri, e do do e, ternyata CP letaknya sangat dekat dengan rumahnya si Neng, sama-sama di Depok II Timur. Kalo naek angkot gak sampe 10 menit, naik motor apalagi. Hohohoho kalo gitu mah udah fix pake CP, gak masalah lah dengan CP yang dibilang lelet, rumah si Neng deket jadi gue bisa lebih intens ngontrol kerja mereka.

Buat yang belum tau letak CP, lokasinya ada di Depok Timur, gak jauh dari Ps. Agung, sekitar 50 meter lah. Kalo mau naik angkot, tinggal naik angkot 02 dari Terminal Depok, turun tepat di seberang CP. Pokoknya patokannya, setelah Ps. Agung langsung liat ke sebelah kanan, turun angkotnya pas ada banyak drum minyak gitu.

Buat yang mau naik kendaraan pribadi, dari arah Margonda, setelah lewat Margo City dan Depok Town Square, sekitar 150 m, belok kiri masuk Jl. Juanda, lurus agak jauh, nanti puter balik pas di tempat cuci motor sebelum pom bensin, gak jauh dari situ ada Gema Insani Pers (gedung gede belum dicat), nah belok kiri deh disitu. Kalo dari Jl. Raya Bogor atau Keluar Tol Cijago, langsung juga masuk Jl. Juanda, setelah pom bensin masuk di GIP juga. Setelah masuk GIP, lurus aja terus agak jauh, nanti ketemu perempatan jalan baru yang mau ke Ps. Agung. Belok kanan, abis itu baru deh liat terus ke sebelah kiri. Sekitar 300 meter lah. Nih gue kasih peta yg gue ambil dari sini, biar ada gambaran:


Oiya CP itu gedungnya kecil, terdiri dari 2 lantai, warna putih. Kacanya hitam, terus plangnya udah agak pudar. Jadi kalo gak jeli, suka kelewat. Pokoknya seberang CP itu ada drum-drum minyak deh.

Balik ke cerita gue dengan CP. Gue sebelum ada gambaran design dari Arief, gue udah 2 kali ke CP, sekitar Mei dan Juli tahun lalu, dateng cuma buat liat-liat dan nanya aja sih. Gue boleh bawa beberapa contoh undangan, dan emang bener murah banget harganya, contohnya juga bagus-bagus. Terus Pak Nizar gak galak kok, kaya yg sering dibilang orang-orang, tapi emang suaranya agak menggelegar sih.

Design gue jadi sekitar akhir September, langsung gue bawa ke CP, gue serahin file ke mereka, katanya nanti mau disesuaikan dulu designnya, baru bisa naik cetak. Agak lama gue nunggu, terus baru akhir Oktober, pihak CP ngehubungi gue buat penyesuaian design dan tata letak serta beberapa tulisan yang salah ada yang diedit. Awal November udah oke. Katanya 3 minggu jadi. Gue balik 3 minggu lagi, ternyata baru dibeli alatnya, terus dijanjiin 2 minggu lagi. Pas gue balik ternyata baru kelar dicetak dan mau delaminating. Seminggu lagi, belum juga kelar, baru kelar dilaminating. Katanya prosesnya lama karena banyak karyawannya pulang kampung, terus juga ada beberapa deadline yang harus dikejar, mungkin karena masih lama, jadi punya gue dibelakangin.

Nih beberapa foto proses undangan gue yang sangat lama itu:


Belum ada nama gue sama si Neng






Akhirnya undangan gue kelar bulan Januari. Kalo diitung-itung lama banget sih jadinya, tapi karena acara gue juga masih lama, gue gak senewen selama nunggu dan dijanjiin terus-terusan. Gue sih santai aja, toh kalo jadi dari Oktober juga gak akan beda dengan jadi di Januari. Dari awal gue emang udah pasang strategi (berasa mau perang), untuk menanggulangi kerja CP yang lama banget itu, jadi gue masukin undangannya juga dari jauh-jauh hari, sekalipun lama prosesnya, gue masih bisa tenang.

Hasil undangan gue memuaskan. Bagus menurut gue, Alhamdulillah diamini oleh orang-orang yang nerima undangan gue. Dari 600 yang cacat ada 16, 8 masih bisa ditolerir, yang 8 lagi cacat parah. Gue balikin lagi ke CP dan dapet gantinya, maknyusss. Oiya yang gue terima ternyata lebih dari 600, mungkin bonus kali dari mereka, sekitar 10 undangan kayaknya, lupa gue. Terus pas undangannya jadi, Arief sang designer undangan gue ngeliat, dan doi langsung komplen, karena menurut dia hasil cetakannya gak sebagus yang dia kira. Hasil design dia memperlihatkan banyak detil ornamen, tapi pas jadi ornamennya kurang keliatan, Arief bilang sih ukuran filenya dikompres, jadi hasilnya gak setajam designnya. Mungkin untuk mengurangi ongkos cetak, kalo kata Arief. Yaaah yasudahlah, gue sih gak masalah, yang penting bagus dan undangannya gak nyontek dari template undangan yang udah ada, hehehe..

Harga? Hmmm ini yang agak-agak aneh. Jadi awal gue bawa design yang udah jadi beserta ukurannya, Pak Nizar ngasih harga 8 ribu. Hmmm agak mahal yeee, soalnya undangan gue bakal dicetak dengan teknik separasi, terus banyak yang difoli (tinta emas) dan emboss. Gue sempet nyari vendor lain juga, ternyata emang ga ada yg lebih murah dari CP. Terus pas balik lagi, gue nanya berapa harganya, eh jadi 7 ribu dong. Nah yang terakhir gue nanya, undangan gue malah jadi 6 ribu, mungkin kalo gue bolak-balik terus bisa jadi seribu kali ya, hehe.. Mungkin doi lupa kali, atau mau ngasih bonus ke gue, entahlah.

Kesimpulannya, menurut gue CP tetep TOP, harga murah kualitas super. Masalah prosesnya yang lama sih gak masalah asal kita tanggulangi dengan bikinnya dari jauh-jauh hari. Btw, sejak gue pake jasa CP, gue berhasil mempengaruhi 3 orang untuk pake CP juga. *Nyolek Pak Nizar biar dikasih bonus*, hehehe..

Citra Printing
Pak Nizar Basyaril
Jln. Proklamasi No. 122, Depok Timur
No.
telp 021 7705587


2 Responses to “30 Hari Pemuja Manten, H – 10: Percetakan Undangan Pernikahan; Citra Printing”

  1. Anonymous says:

    Gan, mau tannya contact yg ngedesain undangan, and suka bgt desainnya, tp mungkin ade mau agak jawa2 gitu.. Boleh di kirim ke email ane gan? wahyumurtisetyasasmita@ymail.com sm pricelist nya kalo boleh, hehe
    Terimakasih

  2. Andrian says:

    Mbak Wahyu sudah saya email ya,,