30 Hari Pemuja Manten, H – 20: Pelajaran Catering Pernikahan!!


.

Weekend ini gue full kondangan, Sabtu mantenan temennya si Neng di Deptan, Ragunan, kebetulan gue juga jadi panitia. Terus hari ini (030313), temen kuliah gue nikah di Sasono Adi Guno, TMII.

Kalo dari segi gedung, tentunya Sasono Adiguno lebih mahal dan cenderung lebih berkelas, gue sih tetep lebih doyan Deptan biar kata muree tapi mantep-surentep.

Ada dua hal yang sangat berkebalikan dari 2 acara yang gue datengi ini. Buat mantenan yang di Deptan pake catering PS. Sang empunya hajat itu orangnya takutan banget kalo sampe makanan yang disediakan kurang, alhasil makanan melimpah ruah. Gubukan ada 14 macem dimana setiap gubukannya porsinya lebih dari 300. Terus buat buffet disediakan buat 1300 porsi. Ajegile banget dah nih acara, sampe akhir acara gubukan masih banyak yang tersedia, kalo buffet mah jangan ditanya deh, melimpah ruah. Sepanjang acara juga ga terjadi antrian yang berarti di setiap gubukan, kecuali di gubukan dcreeps sih, yang ngantri karena masak di tempat.

Buat mantenan yang di Sasono Adiguno gue dateng telat, baru sekitar jam setengah 1 gue dateng. Daaaaaaaannnnn tau apa yang terjadi??!! Makanan udah habis semua, masih ada yang tersisa sih, buffet yang terdiri dari nasi putih, ayam goreng dan tumis kailan. Gileeeee bener dah, masih setengah jam lagi acara kelar, tapi makanan yang tersisa cuma segitu doang. Parahnya lagi, piring dan sendok di buffet udah abis!! Masa iyeee makan cuma pake garpu doang. Temen gue yang dateng lebih awal malah bilang, kalo sebelumnya aer putih juga habis, baru kemudian dateng beberapa dus air mineral dalam gelas. Gileee…Gileeee… Gileeee… Bener-bener acara mantenan terparah yang pernah gue datengi!! Ketika gue salaman sama ortunya manten, doi langsung berujar: “maaf ya, kehabisan ya makanannya?”. Tau banget gue apa yang ada di pikiran si Ibu itu, secara yeee buat enyak-enyak mah yang paling penting di acara mantenan yah makanan, kalo keadaannya kaya yang tadi gue jelasin, yah bisa dibilang acaranya gagal buat si Ibu itu. Gue gak tau sih letak kesalahannya di mana, entah karena cateringnya yang nakal dengan menyediakan makanan yang jumlahnya tidak sesuai dengan yang dipesan, atau karena pihak keluarga pengantin yang mesen makanan gak sesuai jumlah tamu yang diundang. Hmmmm entahlah..

Bener-bener jadi pelajaran deh kedua acara ini. Acara yang satu kelebihan makanan sedangkan acara yang lain kekurangan makanan. Hayooooo, cek jumlah makanan yang dipesen dan sesuaikan lagi dengan jumlah tamu yang diundang!