30 Hari Pemuja Manten, H – 21: Jadi Panitia Pernikahan; Belajar... Belajar... Belajar...


.

Hoooo akhirnya sahabatnya si Neng, Mila, nikah nih hari. Gue ngikutin nih persiapan acara udah lama banget. Kebetulan kebanyakan vendor yang dipake Mila bakal gue pake juga. Catering, gedung, foto sampe ke adat yang digunakan juga semuanya hampir sama. Pokoknya lumayan banget deh buat pembelajaran gue dan si Neng.

Btw, ini pertama kalinya loh gue kondangan pake jas lengkap dengan dasi, ehehehehee..



Kalo yang ada budget lebih sih enak, tinggal tunjuk WO maka teknis di hari H kita ga usah bingung mau mikirin kaya gimana, tapi buat yang gak ada budget untuk bayar WO, yah mau gak mau mesti ngatur semuanya sendiri dengan dibantu panitia tentunya. Ga usah bingung gimana ngaturnya, cari aja orang-orang di sekitar kita yang udah sering ikutan jadi panitia acara mantenan buat membantu kita. Tapi menurut gue, kita jangan cuma asal nyerahin gitu aja. Ini acara kita, acara yang (harusnya) cuma sekali seumur hidup. Kita juga mesti berperan aktif dalam acara kita sendiri, agar semua yang kita inginkan dapat berjalan dengan baik. Gimana caranya? Yah jawabannya adalah dengan ikut terjun langsung di acara mantenan orang lain.

Buat nentuin catering dan jenis makanan yang akan kita pilih cukup dengan rajin testfood, begitu juga dengan dekorasi yang kita inginkan, kita cukup sering-sering merhatiin dekorasi kalo kita dateng ke acara mantenan. Nah kalo buat tau apa aja yang akan terjadi di hari H, bagaimana keadaan di balik layar sebuah acara mantenan juga seperti apa harusnya vendor dan yang membantu kita perlakukan? Kita gak cukup kalo cuma jadi penonton di acara mantenan orang lain, kita wajib banget turun langsung!

Seperti yang gue certain di awal, gue hari ini jadi panitia acara mantenan sahabatnya si Neng. Dari acara ini gue jadi tau banget gimana hecticnya pagi hari sebelum akad dimulai, gimana cara catering bekerja dan seperti apa caranya kita meriksa kinerja mereka, hal apa yang gak boleh banget sampe terlupakan dan banyak lagi hal lainnya yang tentunya bisa jadi masukan buat acara gue sendiri.

Sebelumnya gue juga sempet jadi pager bagus acara mantenannya temen, gue juga bisa belajar seperti apa seharusnya panitia kita diperlakukan. Gimana caranya mengkoordinir panitia agar semuanya cepat tanggap dan tidak ada yang merasa ditelantarkan. Oiya buat vendor hiburan aja, gue pernah ikutan performnya mereka, mulai dari awal mereka berangkat sampe balik lagi. Hal lebay ini semata-mata gue lakuin cuma buat tau aja gimana teknis mereka bekerja, apa aja yang harus disediakan dan bagaimana harusnya mereka diperlakukan. Gue juga bisa mengevaluasi kinerja mereka agar bisa menampilkan yang terbaik di acara gue nanti.

Pas hari H kita sebagai manten emang udah ga boleh sama sekali terjun langsung ke acara, tapi kalo kita udah tau semua detil yang harus dikerjakan dan kita juga udah mendelegasikannya ke panitia yang kita percaya, maka selama acara kita bakal lebih tenang deh.

*Sotoy banget yeee gue? Belum juga jadi manten, udah sotoy marotoy kaya gini. Hhe..