30 Hari Pemuja Manten, H – 17: Modal Pernikahan; Tabungan Bersama


.


Dari mana sumber pendanaan acara mantenan gue dan si Neng berasal? Hmmm gue udah pernah bahas masalah ini di sini dan di situ. Intinya awalnya gue sama si Neng pengen semua kami yang nanggung, dengan budget yang terbatas tentunya, tapi gak jadi karena Enyak Babehnya si Neng mau ikut berpartisipasi dalam hal ini.

Okeh, gue mau ceritain, gimana awalnya gue sama si Neng bisa dengan pedenya mendeclare kalao semua biaya kami yang nanggung. Gue juga udah pernah cerita di sini, gue sama si Neng emang udah merencanakan pernikahan kami sejak lama. Nah langkah awal yang kami ambil adalah dengan membuat sebuah proyek “Tabungan Bersama”, ho oh nabung bareng dalam satu rekening. Beresiko? Itu pasti, kan gue sama si Neng belum terikat apa-apa, jadi bisa aja salah satu dari kami ada yang membawa kabur duit tabungan itu, terus juga gimana kalo ternyata kami gak berjodoh? Gimana pembagiannya?

Sebelum kami memutuskan untuk memulai proyek ini, tentunya kami udah memikirkan masak-masak segala macam kemungkinan yang akan terjadi. Intinya niat kami baik, jangan sampe niat baik ini bisa jadi sesuatu yang tidak mengenakkan di kemudian hari.

Jadi ada beberapa rule yang kami mainkan dalam proyek “Tabungan Bersama” ini, yaitu:

1.      Rekening atas nama siapa? Awalnya kami ingin buka tabungan baru atas nama berdua dan gak pake atm, biar lebih safe, karena kalau mau tarik tunai mesti ada persetujuan dari kedua belah pihak. Tapi karena dirasa ribet dan kebetulan si Neng punya 1 rekening yang nganggur, maka kami pake rekening itu aja. Gak ngeri si Neng bakal make uang seenaknya? Prinsipnya sih saling percaya aja.

2.      Komit untuk tidak menggunakan uang itu untuk keperluan lain, sekalipun sampe make tuh uang wajib banget untuk menggantinya sebelum acara pernikahan berlangsung. Kami pernah pake duit tabungan itu buat beli laptop yang kami gunakan bersama, dan kami wajib untuk nyicil tiap bulan. Uang yang dikembalikan dilebihkan dari uang yang dipinjam tentunya.

3.      Sistem nabungnya seperti apa? Di awal proyek, gue masih kuliah. Udah kerja sih, tapi kerjanya sistem proyekan gitu. Nah waktu itu si Neng udah kerja, doi nabung rutin tiap bulan, sedangkan gue nabung kalo setiap ada proyek aja. Nominal si Neng konsisten setiap bulan, kalo gue berubah-ubah tiap proyek, alhamdulillahnya uang proyek gue lumayan gede, insya Allah kalo ditotal gak akan beda jauh dengan si Neng yang rutin nabung tiap bulan. Setelah gue kerja barulah gue nabung rutin setiap bulan dan mulai saat itu nominal yang harus kami setor lebih besar dari sebelumnya. *Ngencengin iket pinggang*

4.      Kalau kami berpisah? Kami udah komit dari awal untuk tidak pernah mempermasalahkan tabungan ini. Pokoknya kalo sampe kami gak berjodoh, kami akan membagi tabungan itu secara merata, yup sesimpel itu aje. Intinya ga usah rebut-ribut masalah duit.

5.      Kami menentukan target berapa besar uang yang harus dikumpulkan dalam jangka waktu tertentu. Kami selalu menghitung kira-kira target itu akan tercapai atau tidak, kalau dirasa kurang berarti nominal yang harus disetor tiap bulan wajib ditambah lagi. Oiya setiap dapet THR, bonus atau penghasilan lain di luar gaji, kami juga wajib untuk menyetornya. *Kencengin sedikit lagi iket pinggangnya*

Alhamdulillah, kami (bisa dibilang) berhasil menjalani proyek ini. Gue sama si Neng gak pernah sama sekali ada yang namanya perjanjian hitam di atas putih, intinya sih saling percaya dan komit aja.

Oiya, selama menjalani proyek ini tentunya banyak banget godaannya, tapi kalo emang udah niat mah insya Allah bisa. Gak usah dulu gonta-ganti gadget kalo cuma pengen ngikutin jaman atau biar bisa dibilang gaya, jalan-jalan dikurangin, tahan hasrat buat belanja barang yang diinginkan (bukan dibutuhkan) dan juga hal-hal lainnya yang bisa menghambat proyek ini.

Proyek “Tabungan Bersama” ini gue maksudkan juga untuk memperbanyak ikatan gue dan si Neng, jadi buat pengingat aja kalo kita punya tujuan buat nikah, jadi kalo berantem-berantem yang mengarah pada perpecahan gitu bisa kita cegah dan hindari.

Mau coba? Silahkan aja, pokoknya harus komit dan saling percaya ya. Semoga berhasil!!