Dilema Calon Pengantin


.



Berhubung di kantor gue lagi musim kawin, jadi topik pembicaraan dikala makan siang ga jauh-jauh dari urusan perkawinan. Pembicaaraannya yah macem-macem, mulai dari apa aja yang mesti dipersiapin sampe kepada minta tolong dicariin calon biar bisa cepet kawin juga, jiaaaahhheeee...

Suatu waktu seorang senior kantor yang kebetulan udah nikah berujar:

“Calon pengantin jaman sekarang kebanyakan tuh egois. Pengen resepsi yang sederhana aja, pengen biaya sendiri tanpa campur tangan orang tua, gak mau ngundang banyak-banyak. Padahal kan acara resepsi itu saat terakhir kali orang tua ngelepas anaknya, pasti mereka pengen ngundang semua temen-temennya”

Haha berasa digampar bolak-balik gue. Soalnya yang diomongin itu gue sama si Neng banget. Kami udah nabung bareng buat nikah dari lama dan emang berniat mau bikin resepsi yang sederhana, pake uang sendiri dan ga ngundang banyak-banyak. Bener aje loh pas kami ngajuin proposal ke ortu masing-masing, proposal itu ditolak mentah-mentah. Mereka pengen sesuatu yang ga seperti kami pengen, intinya sih mau ngundang banyak yang berimbas pada budget yang gede juga.

Gue rasa banyak juga yang ngalamin hal ini, kalo menurut gue sih kita fair-fairan aja sama ortu kita juga ortu pasangan (OKJOP). Kalo mau sebuah resepsi yang agak menelan budget banyak, yah bilang aja kalo kita punya kemampuan berapa. Seandainya OKJOP menyanggupi untuk menutup kekurangan, yaudahlah nurut aja. Nah masalahnya kalo OKJOP juga ga ada budget? Menurut gue, kita tetep aje loh bergeming sama niatan awal.

Prinsip gue sih, jangan sampe ngutang sana-sini cuma buat resepsi. Hadeeuuuhhhhhhh males banget gue mikirin utang setelah resepsi.

Mungkin kalo gue ditanya, “milih resepsi yang wah atau yang biasa aja?” jelas gue bakal jawab yang super biasa aja, mungkin juga sama dengan calon penganten yang laen. Pasti pikirannya mending tuh duit dipake buat cicilan rumah atau bulan madu. Tapi pikiran orang tua sangat jauh berbeda wahai hadirin sekalian.

Kebanyakan orang tua mikirnya ini adalah ajang terakhir mereka buat ngelepas anaknya, karena setelah ini anaknya udah harus dilepas seutuhnya. Terlebih kalo orang tua kita punya kolega yang banyak dan cukup dipandang, haeemmmm tengsinlah mereka kalo bikin resepsi yang alakadarnya.

Intinya sih kalo menurut gue kita fleksibel aje. Kalo emang ada budget, yah gak masalah buat nurutin kemauan orang tua. Anggap aja ini yang terakhir kalinya mereka nyampurin urusan kita sepenuhnya, karena setelah nikah kita yang bener-bener pegang kendali rumah tangga. Gak ada lagi campur tangan orang tua, yah bukan berarti kita ga dengerin masukannya juga sih. Terus kalo emang budget gak cukup, mending ga usah maksa. Gak usahlah sampe nyari pinjeman secara brutal. Gak mau kan, urusan 2 jam bisa mengganggu kestabilitasan ekonomi kita sampe bertahun-tahun lamanya?

Jadi buat yang berasa udah cukup umur dan punya penghasilan, ayo menabung!! Ada pasangan ataupun gak, yah gak ada salahnya menyisihkan duit buat nikah. Sumpah biaya nikah jaman sekarang MAAAHHAAAALLLLL Mas Beroooooo!!!