so-SIAL-isasi: Hari 3


.


Hari ketiga, 29 Mei 2012 => Bumi Rapak – Danau Padang

Sampe Bumi Rapak jam 11 malem hanyalah angan-angan belaka. Belum jauh dari Baay hujan gede turun, hmm gue udah mulai curiga bakal ada apa-apa nih sama jalanan menuju Bumi Rapak. Baay – Bumi Rapak jalanannya berlumpur meeen. Gue pun langsung teringat lagunya Noer Halimah “Jalan berlumpur, tersiram hujan. Hatiku hancur hancur hancur, karena abang” (Dan gue hampir yakin ga ada yang tau lagu dangdut ini, bahkan Noer Halimah siapa aje juga kaga pada ngeh).

Kecurigaan gue bener aje, ketika gue tertidur lelap, gue dibangunin sama supir untuk turun dari mobil. Pas gue tersadar, kok berasa lagi di rumah miringnya Dufan, Ancol. Jalanan amblas dan mobil yang gue tumpangi terjerembab sampe miring hampir 90 derajat (yang ini boong deng). Tapi beneran mobilnya miring banget, yang baru gue sadari kemudian adalah tepat disamping mobil gue telah menanti dengan indahnya danau yang sangat luas. GLEK, langsung tercekat gue. Hadoooooh ngeri abis sumpah, kalo sampe tuh mobil dilahap sama danau gue ga yakin bakal ada yang nemu, bener-bener di tengah utan soale.

Gue pun turun dari mobil dan ikut membantu proses evakuasi. Gue turun dari mobil tanpa alas kaki, karena jalanan yang penuh lumpur jadi sangat mungkin buat gue jatoh kejengkang kalo maksa turun pake sepatu. Setelah 2 jam, mobil berhasil dievakuasi, sayangnya kemalangan gue belum berhenti sampai disitu. Mungkin karena kena kayu pas amblas, ban mobil tersebut bocor. Haemmm banget dah tuh malem. Ganti mobil ban bukan perkara susah sebenernya, tapi laen halnya kalo kejadiannya di jalan berlumpur, lebih dari sejam tuh ban mobil baru berhasil diganti. Mantap!! Gue ngeliat jam dan udah jam 1 dini hari aja doooong! Seharusnya gue lagi terlelap saat itu, tapi yang terjadi adalah gue sedang bermasygul ria di tengah gulitanya Hutan Kaltim.

Kalau perjalanan dilanjutkan, gak menutup kemungkinan hal yang lebih buruk bakal terjadi. Jadilah jalan memutar terpaksa kami tempuh diiringi gumaman sang supir “Kalau kita lanjutin jalan lewat sini sebenernya sudah dekat sekitar setengah jam sampe, tapi saya ga jamin bisa selamat kalo kondisi jalannya kaya gini. Jadi kita lewat jalan yang muter aja, mungkin jam 4 subuh kita baru sampe”. Terserah lu dah bang supir, gue masih mau idup, jadi lewat jalan muter ke Jakarta dulu juga ga masalah. Jalan memutar pun ga terlalu mulus, sempet amblas (lagi) dan beberapa kali mobil gue mengendalikan dirinya sendiri persis kaya permainan bambu gilanya warga Maluku, bergerak ke kanan-ke kiri secara beringas pas tanjakan maupun turunan.

Alhamdulillahnya kami semua selamat sampai Bumi Rapak tepat pukul 7 pagi. Gilak!! Perjalanan yang harusnya cuma 2-3 jam, secara membabi buta membengkak menjadi 11 jam. Jadi kagak enak gue sama tamu dari asuransi, sampe mereka ngomong “3 jamnya mas Andrian itu sama dengan 11 jam ya?”. ehehehe ampun mbakeeee…

Sampe Bumi Rapak lanjut istirahat bentar, terus sosialisasi jam 10 walopun kenyataannya baru jam 12 mulai, karena ada beberapa karyawan yang emang terjebak ujan. Bukaaaaan bukan karena mereka ga punya payung, tapi karena jalanan yang ga bisa dilalui kalo lagi ujan, pokoknya kepeleset dikit masuk jurang. NGERI!!

Kelar Sosialisasi langsung berangkat menuju Danau Padang, perjalanan yang harusnya dapat ditempuh dalam 2 jam pun berubah menjadi 5,5 jam. Tamu gue pun udah terduduk lesu di mobil, bukan karena sosialisasinya, tapi perjalanannya itu loh yang bikin pan*at tepos.

Sampe Danau Padang jam setengah 9 malem. Kelar istirahat plus makan terus lanjut jam setengah 10 kami sosialisasi. Mau mateee rasanya, tengah malem begitu tetep sosialisasi dalam keadaan lelah jiwa raga pula. Tapi ada untungnya juga sih, karena pesertanya juga udah pada ngantuk dan lelah, jadi ga banyak pertanyaan yang muncul, hoo kami pun bisa segera istirahat.

Bakal jadi hari yang kaga bakal dilupain tamu gue nih sepertinya..