Budget Pernikahan (1)


.

Balik lagi ke project "Pangeran Jadi Manten", hoho kali ini gue pengen ngomongin masalah budget pernikahan. Kayaknya hal ini emang jadi landasan dasar buat kita dalam mempersiapkan rencana pernikahan. Mesti tau dulu anggaran dananya, baru kita enak buat ngurus dan nyari ini-itu karena semuanya udah ada patokannya.

Buat nentuin budget yang mau kita keluarin sebenernya tinggal sesuain aja sama kemampuan kita dan para penyandang dana yang lain, pokoknya gue selalu berprinsip NO UTANG!! Sumpah ga usah lah ngebela-belain nyari pinjeman sana-sini buat bikin resepsi oke. Kalo emang cuma ada dana sedikit udah bikin yang sesuai budget aje, biar life after marriednya aman damai sejahtera kaga pake dikejar-kejar utang.

Sebenernya apa sih hal-hal yang menentukan gede kecilnya budget pernikahan? Berikut gue kasih gambaran sedikit tentang hal ini, tentunya berdasarkan analisis penuh kesotoyan dari gue. Pantengin nih yeee..
 
 
Catering
Perlu diketahui bersama, urusan per-makanan-an adalah alokasi terbesar dalam hal budget pernikahan. Begitu juga yang gue alami, dari total budget yang udah gue buat hampir 60% kesedot buat makanan. Sebenernya kalo di Belendung, masalah makanan ini kaga jadi masalah, soalnya semua dilakukan sendiri, alias masaknya dilakukan oleh orang sekampung tanpa pungutan biaya, gileee gak?!! Tapi yaah emang rada susah sih nemuin yang kaya beginian jaman sekarang, pada akhirnya mau gak mau mesti pake jasa catering. Oiya buat catering sendiri ada macem-macem, dari yang murah meriah sampe yang supe duper mahal. Nanti gue post sendiri deh masalah per-catering-an ini.
 
 
Jumlah Undangan
Sebenernya ini sangat berhubungan dengan urusan catering. Kalo kita minta penawaran ke salah satu catering pasti yang ditanya pertama adalah jumlah undangan, jumlah undangan berbanding lurus dengan harga catering tentunya. Kalo yang keluarganya super gede apalagi keluarga Betawi pasti rada berabeh juga apalagi kalo camernya punya banyak kolega, mau gak mau yang diundang yah seabreg-abreg *curahan terselubung*. Bersyukurlah buat yang berasal dari keluarga kecil...
 
 
Venue
Kalo mau resepsi di rumah tentunya bakal sangat ngurangin budget, kagak ada biaya sewa gedung juga charge ini-itu yang biasanya dikenain di gedung. Kalo pake catering juga jauh lebih murah kalo di rumah, yaaaah soalnya itu tadi, kalo di gedung suka banyak charge segala bentuk rupa. Tapi nih yaa, buat yang pengen resepsi di rumah, perhatiin juga lokasi rumah. Kasian tamunya kalo mesti pusing ngubek nyari lokasi apalagi kalo pas sampe lokasi tempat parkir kaga mumpuni. Oiya satu lagi, jangan sampe nutup jalan juga, kaga enak kalo hari bahagia kita diisi dengan sumpah serapah orang-orang yang jalannya ketutup.
 
 
Undangan + Souvenir
Buat dua hal ini pegangan aje pada prinsip "ga usah mahal-mahal, yang penting usefull". Ngapain juga coba bikin undangan berbahan bludru dengan kristal swarovski bertebaran di sana-sini kalo ujung-ujungnya cuma dibuang. Mending kan yang murah tapi bisa dikenang dan sangat berguna.
 
 
Pakaian
Kebanyakan pengantin pengen punya kenang-kenangan dari hari bersejarahnya, maka berlomba-lombalah dalam membuat baju akad maupun resepsi. Sebenernya sih banyak banget tempat sewa yang menyediakan pakaian pengantin dengan kualitas oke dan harga terjangkau. Yaaah kalo emang ada budget lebih soklah bikin aja, kalo ga ada mending nyewa aja deh.

Mahar
Nah yang ini khusus buat laki. Ayo semuanya berdoa semoga dapet pasangan yang diri dan keluarganya gak begitu memperkarakan masalah mahar. Soalnya gue pernah melihat, membaca dan mendengar orang-orang yang batal nikah lantaran pihak mempelai wanita minta mahar selangit, yaaah entah itu sesuai dengan tigkat pendidikan atau sesuai dengan adat yang berlaku. Hadeeuuuuuhhhh buat gue nikah bukan ajang "menjual", jadi kalo emang udah sreg sama calon menantu pria ngapain juga diribetin dengan urusan per-mahar-an.

Kurang lebih yang di atas noh lah yang berpengaruh buat masalah budget pernikahan. Ayo buat yang mulai berencana, segera arrange masalah budget ini..