Pangeran Belendung: Cekung Bukan Cembung


.

Udah lebih dari dua taun nih blog malang melintang, apakah pada tau apa makna dibalik "Pangeran Belendung" yang sebenernya? Pangeran yang tambun? perutnya melendung? buncit? Hooo tentu bukan jawabnya...

Jadi Belendung itu nama sebuah Kelurahan di Kecamatan Benda Kota Tangerang. Nah gue sebagai putera aseli Belendung yang begitu bernapsu mengenalkan Belendung ke semua orang menasbihkan diri jadi Pangerannya.. Huuuuuu *ditimpuk orang se-Belendung*. Bodok ah, yang jelas misi gue kan emang mau ngenalin Belendung, dengan gue pake nama Pangeran Belendung pan pasti banyak orang bakal nanya apa maksudnya. Lagipula kata Belendung cukup nyentrik eksentrik melentik buat dipake..

Sebenernya dari mana nama Belendung berasal? Okeh gue jelasin, mungkin sekilas kalo denger kata Belendung yang terlintas adalah sesuatu yang berbentuk menggelembung, buncit atau apapun itu yang mengisyaratkan sesuatu yang cembung. Sesungguhnya makna sebenernya sungguh berkebalikan. Jadi dulu itu daerah rumah gue termasuk ke dalam wilayah Batu Ceper *gak usah nanya Batu Ceper artinya apa*, terus terjadilah pemekaran sehingga daerah rumah gue masuk ke wilayah Kecamatan Benda *okeh gue akuin nama daerah disekitar rumah gue emang ajaib, bahkan ada daerah bernama Empang Bahagia dan Rawa Kompeni*. Nah karena pemekaran itu akhirnya daerah rumah gue mesti berdiri sendiri sebagai sebuah kelurahan dan punya nama baru. Kata Belendung pun diambil sebagai nama kelurahan di daerah rumah gue karena banyak Belendung di sekitar daerah rumah gue. Nah loh, tambah bingung kan apa sebenernya Belendung itu?!

Belendung sendiri sebenernya adalah tempat bekas tambang pasir yang udah ga digali lagi dan akhirnya digenangi air. Wujudnya sih semacam danau tapi lebih kecil, mirip empang tapi lebih gede. Intinya besarnya itu diantara empang dan danau deh. Jelaslah sudah kalo Belendung itu bukan sesuatu yang berbentuk cembung, tapi justru cekung. 

Kalo yang nanya Belendung emang ada dipeta? Jelas jawabannya ada dooong. Silahkan aja cari pake google maps, maka keluarlah Belendung yang nampak bak bayi kembar siam sama Bandara Soekarno Hatta.. Yup betul sekali!! Belendung ini nempel sama Bandara Soeta, batasnya aja cuma pager besi aje. Seperti yang gue tulis di sini, saking deketnya paling butuh waktu 15 menit jalan kaki ke terminal 1. Yaaahhh tapi mesti berani mati, karena mesti manjat kawat berduri, nyeberang kali dan terakhir lari-lari di landasan pacu pesawat. Maka (kalo beruntung), sampelah di terminal 1 Soeta (InsyaAllah) dengan selamat.

Belendung, kembaran siamnya Bandara Soekarno Hatta
Entah kenapa gue begitu bernafsu menggaungkan nama Belendung, yang jelas gue pengen orang-orang tau kalo ada Belendung di dunia. Pokoknya di mana gue berpijak, disitulah Belendung bergema, *Lebee*. Bahkan waktu gue audisi pemilihan Kang Nong Tangerang dulu, salah satu motivasi gue adalah pengen ngasih tau kalo ada Belendung di Tangerang, ahahaha freak yeee. Temen-temen sekolah sampe kampus merupakan korban keganasan gue dalam menyiarkan Belendung, bahkan saat inipun gue dalam tahap menjadikan temen kantor gue sebagai korban berikutnya, bwehehehe.

Saat ini (kalo pada ngeh), nama Belendung cukup sering diliput sama infotainment. Buuukkkaaaaannnn, bukan karena Lady Gaga mau konser di Belendung, bukan juga karena ada Corpcircle yang tiba-tiba muncul di Belendung. Jadi ada salah seorang warga Belendung yang nikah sama artis. Taukah anda siapa artisnya? NASAR KDI, ohohoho buat ente-ente sekalian penggila infotainment pasti tau siapa warga Belendung yang dimaksud. Yak benar sekali, MUZDALIFAH. Heboh banget dah Belendung saat ini dengan pernikahan mereka, bahkan gue pernah denger komen "mantep banget ya sekarang Belendung, ada syuting mulu tiap hari". Jiaaahhh abang dan mpok pemburu gossip dibilang lagi syuting di rumah Muzdalifah yang maha WAH itu. Gue sih seneng-seneng aje, karena misi gue menyiarkan Belendung sangat terbantu, gyehehehehehe...


Intinya adalah Pangeran Belendung itu bukan pangeran yang perutnya buncit, tapi Pangeran dari Kerajaan Belendung, yang penasbihannya suka-suka gue aje. Kaga ada penganugerahan, kaga ada pemberian gelar secara resmi dari pimpinan Kelurahan Belendung, pokoknya gue aje yang secara brutal menasbihkan diri sebagai Pangeran Belendung. Jadi kalo sekali waktu ente sekalian main ke Belendung, jangan pernah nanya ke warga tentang kehidupan Pangeran Belendung. Dijamin mereka cuma nganga sambil melotot matanya plus dahi berkerut, tanda kebelet pup.


*Ternyata ada juga Desa Belendung di daerah Karawang dan Subang. Bujug dah, ternyata pasaran yee nama Negeri di mana gue bernaung..

4 Responses to “Pangeran Belendung: Cekung Bukan Cembung”

  1. fiernie says:

    haha kocak jg nih blog..
    awalnya gw lg nyari artikel pnikahan buat referensi nikah gw. eh tnyata nyangkut ksini.. :-D
    btw di bekasi jg ad loh desa belendung. tepatnya di bekasi utara. setelaj desa babelan, kedaung br belendung. tp tmptnya msh kampung bgt. :-)

  2. Ehehehe salam kenal Mpok Fiernie.

    Kapan nikah Mpok? semangat berencana dan mempersiapkan yeee!! Samaan berarti ya kita?

    Bwahahahaha bener-bener pasaran yee ternyata Belendung itu. Sama kok Belendung di rumah gue juga masih kampung (ga pake bgt), hehe..

  3. Anonymous says:

    Hehehehe...ane asli batu ceper kawin sama anak belendung, pasti ente kenal sama mertua ane,... Mursan jebot mantan petinju

  4. Andrian says:

    Wahahaha ada Bang Kiki mantunye Cang Mursan Jebot...

    Kenal lah sama Cang Mursan Jebot mah, Bang Kiki juga kayaknya ayeh pernah liat. Ayeh pan dulu dari kecil sampe SMA tinggal di Kp. Kre, gak jauh kan dari rumah mertua sampeyan?