30 Hari Pemuja Manten, H – 5: Souvenir Pernikahan; Tiara Souvenir vs Banny Souvenir


.


Kurang dari seminggu lagi meeeennnn!! Huh Hah Huh Hah….

Eh ini proyeknya cepet banget ya berjalannya, tinggal 5 hari lagi dan masih banyak yang belum diposting, tak apalah, kalo gak kebagian kan masih ada proyek selanjutnya. Okeh, untuk postingan kali ini gue mau jabarin masalah souvenir di mantenan gue nanti.

Dari awal, gue sama si Neng pengen souvenir yang usefull tapi murah. Intinya kami gak mau souvenir yang murah, bagus tapi useless. Pencarian jenis souvenir pun di mulai. Kami mulai ngelist yang kami temukan, mulai dari tas spunbond, alat bantu garuk sampe payung yang harganya naujubileh.. Ketika kami mendiskusikan masalah souvenir ini ke orang tua masing-masing, seperti biasa Enyak – Babeh gue menyerahkan sepenuhnya ke gue, kalo Enyak – Babehnya si Neng? Babehnya bilang apa aja yang penting bermanfaat, kalo Enyaknye si Neng pengen yang bernuansa Jawa. Tau apa yang Enyaknye si Neng pengen? Cobek dan ulekannya dongs, haaaa menarik dan gak biasa sih, tapi  sayang harganya gak ada yang di bawah Rp 10.000,- *langsung coret*


Pencarian kembali dilakukan, setelah cari sana-sini akhirnya pilihan mengerucut kepada 2 vendor. Pertama Banny Souvenir yang lokasinya di Cibubur dan yang kedua adalah Tiara Souvenir yang lokasinya di Jogja *jauh*. Banny ini pilihan si Neng, produk utamanya adalah handuk yang dihias menyerupai bentuk binatang, pokoknya yang lucu-lucu ala si Neng. Tiara souvenir pilihan Enyaknye si Neng, produk utamanya adalah souvenir yang bernuansa Jawa gitu.

Contoh Produk Banny Souvenir:








Nah ketika penentuan vendor souvenir mana yang akan digunakan lumayan seru. Si Neng dan enyaknye sama-sama keukeuh marekeuh pake vendor yang mereka usung, gak ada yang mau ngalah. Akhirnya semua elemen masing-masing vendor kami breakdown, mulai dari harga, manfaat, kemasan, pengiriman barang dan hal-hal lainnya. Setelah diuraikan, kami melakukan voting, si Neng didukung Babehnya dan Enyaknye gue yang dukung. Dalam keadaan seri gini, Enyaknye si Neng mulai panik, takut kalah voting, hehe.. Pilihan akan ditentukan oleh adeknya si Neng yang kebetulan belum pulang pada saat itu. Si Neng gak mau pake Tiara Souvenir alesannya jauh, susah komplainnya kalo ada apa-apa. Enyaknye si Neng gak mau Banny Souvenir karena gak ada nuansa Jawanya, oke baiklah. Pas adeknya si Neng pulang, voting kembali dilakukan. Untungnya yang terpilih Tiara Souvenir, kalo gak? Entah deh dengan cara apa Enyaknye si Neng tetep menjadikan Tiara Souvenir sebaga vendor souvenirnya. Oiya akhirnya Banny Souvenir kami jadikan sebagai vendor untuk souvenir siraman dan panitia.

Pemesanan ke Tiara Souvenir kami lakukan sekitar Bulan Oktober, sengaja dari jauh-jauh hari, jadinya kalo ada hal yang tidak diinginkan, kami masih punya banyak waktu untuk back-up plan. Proses pemesanan lumayan memakan waktu lama, pokoknya souvenirnya sampe rumah si Neng tanggal 26 Januari 2013, bareng sama jadinya undangan. Dari segi harga sih standar, malah kalo dibandingin sama Banny Souvenir jatohnya lebih murah, bahkan itu udah ditambah ongkos kirim.

Hasil? Hmmm karena yang kami pesan adalah souvenir handmade, jadi ukurannya gak standar, karenanya banyak mika yang gak muat, jadi beberapa bungkusnya penyok-penyok. Dari 800 souvenir yang kami pesan, ada 6 yang rusak parah dan gak bisa dipake lagi, terus lebih dari 30 yang bungkusnya jadi gak cantik. Hmmm agak mengecewakan sih dalam hal ini. Sisanya menurut gue bagus dan gue juga suka. Dalam 1 kemasan, souvenir gue terdiri dari 2 item, ukurannya juga lebih besar dari ukuran souvenir mantenan pada umumnya. Karena ukurannya yang kurang ergonomis itu, pas acara nanti souvenir akan dibagikan di akhir acara dengan menukarkan kupon yang dibagikan ketika mengisi buku tamu.

Pas pengiriman ada sedikit masalah. Souvenir dikirim ke rumahnya si Neng yang terletak di Depok, nah masalahnya adalah jasa pengiriman yang biasa dipake Tiara Souvenir gak mengcover area Depok. Walhasil mereka pake jasa Tiki tentunya dengan biaya pengiriman yang jauh lebih gede, gak apalah bayar lebih mahal, yang penting souvenirnya sampe dengan selamat.

Semoga Souvenir yang kami pilih ini bisa bermanfaat buat semua tamu yang hadir, Amiiiinnnn..

Banny Souvenir:
Email : bannysouvenir@yahoo.co.id
Phone: 0856 8001 264
FB: bannysouvenir 


Tiara Souvenir:
Jl. Suryotomo Ratmakan GM I / 626 JOGJA.
SMS ke 085743744050,
email : arlene_jogja@yahoo ,
ID YM : arlene_jogja,
FACEBOOK : TIARA SOUVENIR
http://tiarasouveniryogya.blogspot.com/
http://www.tiarasouvenir.com