Deadline atau Dateline?


.

Nih pertanyaan muncul karena ada salah seorang teman yang menyalahkan ketika gue memakai kata "deadline",, menurut doi yang berinisial PY kata yang bener adalah "dateline"..

gue yang merasa ga terima karena disalahkan pun akhirnya berkoar2 untuk menanyakan yang mana yang sebenernya merupakan kata yang bener *belibet*,, sebenernya gue sendiri juga ga yakin yang mana yang bener. keyakinan gue saat itu adalah kata yang biasa gue pake deadline jadi agak terganggu aja kalo tiba2 ada yang menyalahkan gitu... yang gue lakuin kemudian adalah nge-sms orang2 yang gue anggap pinter ber-English ria dan juga gue ngetweet dan masang status facebook.

banyak tanggepan yang gue dapet, kalo dikategoriin:
1. orang yang juga sama bingungnya,
2. orang yang cari aman jadi bilang keduanya benar,
3. orang yang bilang dateline yang bener, dan
4. orang yang bilang deadline yang bener (mostly jawab yang ini)

dari jawaban2 itu gue semakin yakin kalo deadline yang bener, dan keyakinan bertambah ketika Pemimpin Redaksi Komunitas Bambu yang juga seorang Editor buku ikut komen, berikut petikan komentarnya:
"deadline: tenggat/batas waktu.
dateline: keterangan waktu-lokasi, biasanya ditulis sebagai awal berita atau laporan. Contoh Jakarta, 26 Maret 2011. Seorang wanita, USW (29 th), ditemukan gantung diri di pohon toge belakang kostan Puri Sekar, Kelurahan Kukusan, Depok dalam keadaan tertawa bahagia."

Sekarang jelas dong yang mana yang bener,,hhe...........

One Response to “Deadline atau Dateline?”

  1. uswah says:

    Tgl 26 maret itu besok ya... *siap2 bunuhdiri punya yunio durhaka*