Mustinya Mustahil


.

Pernah gak nemuin orang yang punya suatu kekurangan tapi dia bisa melakukan hal yang sebenernya mustahil dia lakukan karena kekurangannya itu?

He? Apa?  Gak ngerti yang gue maksud?

Yaudah gue jabarin langsung aje ye. Gue udah dua kali nemuin orang yang buta warna parsial tapi mereka jago desain grafis dan karya mereka bagus semua, gak norak. Mantep kaaaan? Banyak juga contoh lain yang terkenal sih, misalnya aje Beethoven yang merupakan komposer terkemuka dengan karya-karya yang dahsyat tapi doi tuli sejak umur 20-an. Selain itu ada juga yang lokal-lokal macam Melly Goeslaw. Biar kata doi karyanya ngehits semua, tapi fakta berbicara kalo doi adalah seorang yang “buta” not balok.

Terus?

Nah gue juga kaya mereka *ngaku-ngaku*, hehe. Jadi gue itu tone deaf alias buta nada. Dulu tuh kalo disuruh solmisasi pasti kacrut banget, baca not balok ataupun not angka mah jangan ditanya. Gue nyanyi pasti fals, gak ngerti kalo musik ketinggian atau kerendahan. Lebih parahnya lagi, orang-orang bilang, “amin” gue pas shalat jamaah juga fals. Hmmmm mungkin ken*ut gue juga fals, mungkin..

Udah tau buta nada, tapi gue nekat gabung marching band. Pas SMA gua gabung di salah satu marching band milik pemerintah, dengan gak tau dirinya gue ngarep mainin alat tiup yang mengharuskan gue berurusan sama nada. Allah emang yang paling tau mana yang terbaik buat umatnya, gue dapet alat perkusi, alat yang gak perlu membuat gue harus berurusan dengan nada.

Tahun 2005 gue nonton Grand Prix Marching Band (GPMB) dan langsung naksir berat sama marching band Madah Bahana UI (MBUI), sampe gue berujar “gue harus masuk UI biar bisa gabung di MBUI” *freak*. Doa gue dikabulkan di 2007, gue masuk UI dan bisa gabung di MBUI. Ternyata yang gue harapkan pas SMA terkabul juga di MBUI, gue dapet alat tiup!! Haha seneng campur bingung gueee..

Terus gimana dengan kehidupan gue bersama alat tiup yang gue mainkan dan kondisi gue yang buta nada?? Yah gitulah… Awal-awal gue cuma latihan pegang alat aja, iye cuma pegang sama ngangkat doang. Gue dapet alat tuba, alat tiup paling gede lah pokoknya. Berat plus ribet buat megang sama ngangkatnya, jadi emang butuh waktu lama buat penyesuaian. Terus pas waktunya belajar niup, gue disuruh nyanyiin dulu not yang akan gue tiup. Matek!! Haha, kacrutlah pastinya. Gue rada lama gitu sampe bisa niup skala do dengan tepat. Terus lagu pertama yang gue pelajari adalah Hymne UI. Waktu itu gue diajar sama Pebi, salah satu senior. Doi ngajarin gue buat nyanyiin notnya dulu sebelum mulai niup, dan seharian full gue cuma belajar nyanyinya aje, hehe.

Terus gimana selanjutnya kehidupan gue? Akhirnya gue punya trik tersendiri buat niup dengan benar setiap dapet partitur baru!! Sepertinya hal yang sama juga yang dilakukan Melly Goeslaw, doi pernah bilang di salah satu artikel yang pernah gue baca “Ya, soalnya, gue berhasil menemukan metode yang efektif bagi gue sendiri, buat bikin lagu”. Gue apal gimana bentuk bibir, jumlah nafas yang perlu dikeluarin dan tentunya fingering dari setiap not yang akan gue tiup.





Kayaknya kalo gue masuk MBUI baru sekarang, gue langsung ditendang dari alat tiup. Ada tes hearing soalnya, dan hearing gue kacrut abeeeessss. Beneran parah banget deh gue dulu. Toning juga gue gak ngerti, kadang suka bingung juga saat pelatih bilang kerendahan ataupun ketinggian *parah poll*. Hal yang suka bikin gue iri adalah masalah ngulik lagu. Temen-temen yang laen yang emang berbakat dalam musik, mereka bisa ngulik not dari sebuah lagu? Gue? Haaaaaa udahlah gak usah dibahas.

Ke-gak tau diri-an gue berlanjut, di kantor gue yang sekarang gue ikutan paduan suara, iya PADUS!! Haha, luar biasa kan gueee? Penyakit buta nada masih hinggap padahal, tapi gak separah dulu sih. Karena MBUI, udah agak sedikit lebih baik buta nadanya, tapi tetep aje gak layak buat jadi anak padus, hehe. Gimana gue bisa nekat plus gak tau diri? Sebenernya gue udah diajakin sama salah seorang temen seangkatan buat gabung, tapi gue nolak karena (masih) tau diri. Kemudian di beberapa acara kantor yang berbentuk seminar dan sosialisasi, gue unjuk bakat lah, bukan nari atau nyanyi sih, gue cuma nanya aje. Suka gak tahan gitu kan gue orangnya, apalagi kalo liat mic nganggur, hehe. Nah dari beberapa kali kesempatan nanya itulah, berembus kabar kalo suara gue merdu. Bahahahaha, sampe mules gue dengernya. Ehtapi emang iya sih, kan banyak yang bilang suara gue radio voice gitu, merdu-merdu syahdu ala-ala penyiar RRI *dipersilahkan muntah buat semuanya*.

Nah setelah kabar itu berhembus, mulai deh beberapa orang menyangka kalo gue pandai bernyanyi *andai mereka tau*. Sampe akhirnya ada salah seorang senior ngajakin gue buat gabung di padus kantor, kebetulan butuh cowok buat nampil di acara 17-an. Sebenernya gue agak ragu, tapi karena ada embel-embel nampil, maka keraguan gue sirna sesaat *anaknya emang hobi nampil*, apalagi boleh ajak temen cowok yang lain. Akhirnya gue mengiyakan buat gabung, tentunya dengan ngajak temen yang tempo hari ngajak gue gabung. Oiya temen gue ini ternyata emang anak padus dan punya vocal group juga waktu di kampusnya dulu, udah sering lomba pulak. Gue? Ikutan padus pernah sekali, itupun waktu jadi maba UI, yang mana emang wajib, ramean juga, sampe ribuan orang, jadi gak ketauan kalo gue mengacau atau cuma sekedar mangap-mangap tampan.

Bareng temen seangkatan setelah Upacara Hari Kesaktian Pancasila. Sebenernya ada 1 lagi cowok, tapi doi baru sampe kantor pas upacaranya bubar. *kasian*

Latihan perdana pun tiba, gue agak khawatir sih sebenernya. Beneran aje kekhawatiran gue terjadi, latihannya sight reading gitu. Jadi dikasih partitur langsung nyanyi bareng-bareng. Hadoooooh, kalang-kabut lah gue. Kalo buat urusan baca partitur sih gue gak ada masalah, wong di MBUI setiap anggota dituntut untuk bisa baca partitur not balok. Intinya ngertilah gue buat baca partiturnya, apalagi itu partitur angka. Semua istilah di dalem partitur itu, macem permata, crescendo dsb paham lah gue. Nah masalahnya adalah gimana cara menyuarakan isi partitur itu melalui mulut gue. Kalo menyuarakan lewat alat tiup sih gak ada masalah, tapi kalo lewat mulut? Hahaha, ketawa aja deh gue. Udah mah sight reading, gak pake latihan per suara pulak. Terus lagunya juga gue asing, sekalinya yang gue kenal tetep susah karena gue suara 4 yang gak menyanyikan melodi yang selama ini gue kenal. Haaaaaa, rasanya udah mau nyerah aja.
 
Untung samping kiri kanan gue jago semua, jadi kebawa kan gue, bwehehe.

Suasana latian. See, langka kan kaum adamnya?

Sebenernya gue udah rada tau diri menjelang latihan berikutnya, berhubung temen gue maksa buat nemenin doi dan didorong oleh keinginan luhur buat nampil, jadilah gue balik lagi buat latihan. Terus gimana kelanjutannya? Gue bertahan dong sampe sekarang, bahkan udah dua kali penampilan, dan Alhamdulillah gue gak mengacaukan kesatuan suara padusnya. How come? Hehe gue udah nemuin caranya dong, ngeluarin nada sesuai dengan yang diinginkan partitur. Sekarang malah gue berniat terus buat gabung di padus, apalagi di setiap hari besar kenegaraan, di kantor gue ada upacara, yang mana gue bisa nampil, hahay…

Setelah penampilan 17-an. Cowok paling kanan belakang itu yang maksa gue buat tetep ikut dan doi dateng telat dateng pas nampil di hari Kesaktian Pancasila. *kasian lagi*

Fullteam bareng Pak Sudi Silalahi dan Pak Dipo Alam, keduanya ditemani istri.

Setelah penampilan Hari Kesaktian Pancasila

Jadi hikmah yang bisa diambil adalah........ teruslah jadi orang yang gak tau diri. #loh?