30 Hari Pemuja Manten, H – 30: Proyek Dimulai!!


.


Haaaaa akhirnya mulai juga proyek 30 Hari Pemuja Manten. Mari awali dengan mengucap Bismillahirrahmannirrahim…
Terus mau mulai dari mana proyek ini? Hmmm gue cerita dulu aje kali ya tentang gimana akhirnya gue sama si Neng memutuskan “Ya, kita akan menikah”

Terus gimana gue ngelamar si Neng? Hahahaha kagak ada seremonial apa-apa, apalagi yang romantis-romantisan kaya yang dilakuin orang-orang kebanyakan, mengalir gitu aja pokoknya. Waktu itu karena udah lebih dari setahun kami pacaran terus juga kami emang niat pacaran buat serius, munculah omongan-omongan yang menjurus ke arah pernikahan. Waktu itu gue juga mikirnya karena si Neng mendekati usia 25 tahun, jadi sewaktu-waktu gue bakal ditodong sama Enyak Babehnya si Neng untuk mau serius apa gak. Jadilah gue sama si Neng mulai merencanakan kehidupan kami selanjutnya. Pokoknya ketika gue ditodong sama Enyak Babehnya si Neng gue udah ada jawaban dan persiapan yang mengindikasikan kalo gue emang beneran serius. Intinya niatan ini timbul dari kita berdua, gak tiba-tiba gue dateng dan bersimpuh dihadapan si Neng sambil bilang “Will you marry me?”, aaaah gak mau kaya orang-orang kebanyakan gue mah, ehehehehe.

Gue sama si Neng pun mulai nabung bareng buat nikahan kami, waktu itu sih (sombongnya) pengen nikah dengan biaya sendiri. Kami bikin tabungan bersama (detilnya ditulis nyusul yee), buat waktunya kapan kami belum tentukan tapi ada perjanjian seperti yang gue tulis di sini, ehehehe cuma ada batas maksimal waktu kapan gue mesti nikahin si Neng.

Setelah lebih dari setahun kami nabung dan kami juga merasa uang yang kami kumpulkan udah (bisa dibilang) cukup, kami pun mengajukan proposal ke orang tua masing-masing. Intinya minta restu kalo kami mau nikah, dan reaksinya?

Orang tuanya si Neng setuju dengan rencana ini, tapi ada tapinya, seperti yang gue tulis di sini, mereka gak mau dana berasal dari kami berdua aja. Mereka mau ikut nyumbang juga dengan mengubah rencana awal kami tentang konsep resepsi yang kami inginkan.

Masalah timbul justru dari keluarga besar gue, khususnya orang tua gue, Ibu gue terutama. Doi menyangsikan niatan gue ini, mengaitkan dengan usia dan modal besar yang harus dikeluarkan untuk sebuah pernikahan. Orang tua gue bukannya mau ngelarang, tapi mereka sadar kalo mereka belum bisa bantu dalam segi materi, apalagi gue izin untuk nikah dalam kurun waktu setahun ke depan, cukup singkat buat ngumpulin uang buat modal nikah. Alhamdulillah gue bisa meyakinkan mereka, karena sebelum minta restu gue juga udah ada persiapan jadi gak akan memberatkan mereka.

Masalah sudah clear timbul masalah lain lagi, SUKU, yap masalah yang menurut gue gak meaning ini cukup jadi tantangan sengit dalam usaha memperoleh restu. Kenapa gue bilang gak meaning? Karena menurut gue, penting banget ya stereotype akan sebuah suku dibesar-besarkan dan jadi larangan untuk seseorang dari suku tertentu menikahi orang dari suku lainnya? Mungkin kalo dalam urusan agama gue masih bisa memaklumi, karena memang ada beberapa agama yang melarang nikah beda agama. Nah kalo suku? Lagian suku gue dan si Neng juga ga melarang pernikahan beda suku.

Masalah suku ini buat keluarga inti kami sebenernya gak terlalu masalah, tapi justru yang mempermasalahkan adalah keluarga besar kami. Mau masa bodo amat sih sebenernya, tapi kalo setiap ada kumpul keluarga yang diomongin masalah suku terus kan gerah juga jadinya. Jadi keluarga gue agak mempermasalahkan dengan si Neng yang ada keturunan Minangnya dan keluarga si Neng mempermasalahkan gue yang Betawi tulen. Dasar masalahnya ya apalagi kalo bukan stereotype yang berkembang akan suku kami masing-masing.










PR yang cukup berat buat gue sama si Neng untuk meyakinkan bahwa masing-masing dari kami tidak seperti stereotype yang berkembang. Alhamdulillah masa-masa sulit itu udah dapat kami lewati. Sekarang masing-masing keluarga sudah menerima perbedaan suku ini.

Oiya setelah ngomong ke orang tua masing-masing, tiba gilirannya gue ngomong ke Enyak Babehnya si Neng. Gue yang emang udah lumayan deket bahkan bisa dibilang Ceesan sama mereka, jadi minta izinnya pun sambil cengangas-cengenges. Gak ada tegang-tegangnya sama sekali, sangat gak formal juga bahkan sambil diselingi canda. Enyaknye si Neng langsung nembak gue “Emang kamu udah punya duit mau ngawinin anak saya?”. Ohohohoho untungnya hal ini udah gue antisipasi sebelumnya, lagian pertanyaan itu juga bukan pertanyaan yang menjadi syarat utama, wong pertanyaannya juga sambil mesem-mesem.

Intinya Enyak Babehnya si Neng mengizinkan gue buat nikahin si Neng. Mulai dari situlah rencana disusun, semua hal yang dibutuhkan dilist dan dibreakdown. Gak kerasa udah hampir 14 bulan persiapan ini dilakukan. Apa aja persiapan yang dilakukan dan gimana prosesnya? Di 30 Hari Pemuja Manten inilah akan gue jabarin…