30 Ulasan Mantenan Pangeran, Ulasan 9: Upacara Panggih


.


Mantenan gue kemaren emang didominasi sama adat Jawa, salah satu yang paling menonjol adalah upacara Panggih setelah Akad Nikah. Jujur buat keluarga gue yang Betawi tulen, upacara ini sangat asing. Gue sendiri juga cuma tau-tau aje, gak ngerti maksudnya dan tata urutannya.

Ketika diputuskan untuk memasukkan Panggih ke dalam rangkaian prosesi mantenan, mulai deh gue nyari tau apa itu Panggih. Gak sih, gue gak sampe beli buku “Perkawinan Putriku”nya Martha Tilaar yang memuat semua perintilan mantenan ala Jawa. Yang gue lakuin cuma nyari artikel di internet. Waktu nikahan sahabatnya si Neng, Mila, gue juga merhatiin secara seksama semua prosesinya sampe gue apal urutannya, hehe..


Nih gue kasih liat foto-fotonya aja yeee.. Kalo mau tau bagaimana urutannya dan apa aja maknanya, silakan digoogling aje yeee, banyak kok yang udah ngejelasin, *males nulis*, hehe..



Prosesi pertama penyerahan Sanggan, yang bawa mpoknya si Enyak yang nikah sama sepupunya si Babeh, jiaaahhhh...









Gue dan si Neng digiring ke arena Panggih. Si Neng diapit sama adek-adek dari Enyaknye si Neng, dan suami merekalah yang ngapit gue.












Sampe di arena langsung deh lempar-lemparan sirih yang udah diiket. Si Neng ngelempar sesuai yang seharusnya, tepat ke dada gue. Nah gue? Harusnya pan ke mulut tapi gue meluncurkan sirih tepat ke matanya. Hehehe maap ya Neng. Btw kalo salah gitu apa kabar dengan makna yang terkandung yeee? Yaudahlahyaaaa...









Kelar lempar-lemparan sirih, acara lanjut injek telor.






























Mantep banget injek telor ini, paling mantep pas kaki gue dicuci sama si Neng. Hoooo lap yu pull Neng!! Karena udah dicuciin jadi gue bantuin deh doi berdiri, *emang aturannya gitu sih sebenernya, hehe* Abis dibangunin gue dan si Neng dikasih minum aer putih sama Enyak Babehnya si Neng dan kemudian kami digiring ke pelaminan buat prosesi berikutnya..


















Sampe pelaminan apa yang harus gue dan si Neng lakukan?? Gue sama si Neng disuruh duduk dipangkuan Babehnya si Neng. Huweeewwww, kasian amat mertua gue mesti nanggung berat kami berdua. Lantaran gak tega jadi gue pura-pura duduk dipangkuannya, daaaaaan pegel yeee pura-pura duduk begini karena beban bertumpu pada paha gue, hosh...






Lumayan lama tuh gue berpegel-pegel ria demi tidak menyakiti Babeh mertua, heheh.. Selanjutnya kami disuruh berdiri dan Babeh mertua megang pundak kami, sementara itu Eyang Madi sang dukun manten yang merupakan adek dari Yangtinya si Neng berbicara dalam bahasa Jawa yang isinya gak gue ngarti sama sekali, hoho..






Berikutnya adalah si Neng sungkeman ke gue, hohoho perdana nih. Gue gak pernah sungkem2an sebelumnya meeeen, sekalinya sungkeman langsung disungkemin istri dan di atas pelaminan, hahaaaiiii..















 



Sungkeman done!! Mari lanjut agenda berikutnya, kacar kucur dan suap-suapan nasi kuning.












Mestinya si Neng yang nyamperin Enyaknye, lah ini malah kebalik..












Sampe tahap ini, Enyak Babeh gue gak dilibatkan. Baru deh kemudian, Enyak Babehnya si Neng turun dari pelaminan buat jemput Enyak Babeh gue..









Semua udah ada di pelaminan, mari kita makan es kelapa bareng-bareng. Horreeeeee, segerrrrr...
























Udah seger banget pan yaaa, nyoklah kita sungkeman. Gue juga Enyak Babeh yang gak pernah sungkeman sebelumnya, jadi sangat kaku deh kami dalam urusan persungkeman ini.


















Hoeeaaeeeee rangkaiannya kelar!! Eitt jangan turun dulu, mari kita foto-foto, mumpung lagi di pelaminan, hoho..














Udah kelar nih Neng, nyoklah kita cabut terus ganti baju..



Postingan berikutnya gue akan menceritakan tentang gimana resepsi berlangsung. Hohoho gak sabar buat nyeritainnya, gak peduli deh ada yang mau baca atau gak, *kasian*