30 Ulasan Mantenan Pangeran, Ulasan 21: Hias Mahar


.


Selasa (280513) gue dapet email yang isinya:


Hohohoho gue bisa jadi peminjam teraktif di perpustakaan kantor gue.. Oiya gue belum pernah menceritakan salah satu yang bikin gue betah kerja di tempat yang sekarang, tapi mungkin nanti aja kali yeee gue ceita di postingan tersendiri.

Sebenernya tiap bulan gue selalu berada di urutan pertama *sombong*, tapi baru kali ini yang teraktif dapet hadiah. Sebenernya kenapa gue bisa jadi yang teraktif karena gue emang dasarnya doyan baca (tapi ogah beli buku, hehe) kebetulan si Neng juga. Berhubung perpus kantor tempat gue kerja bukunya menarik semua, jadilah gue sering minjem, gak cuma buat gue sih, tapi buat si Neng dan kadang adeknya si Neng juga. Jadi jelaslah gue yang selalu jadi urutan pertama, wong gue minjem buat 3 orang, hohoho.. Semoga si empunya perpus gak baca… Ehtapi, pas penyerahan hadiah, pustakawannya (yang tak lain dan tak bukan adalah Thian, orang yang sering gue sebut-sebut di blog ini) bilang karena gue udah keseringan, maka mulai bulan depan gue udah gak diperhitungkan lagi. Yayayaya, terserah deh *dongkol tuh padahal*

Nih hadiah yang gue dapetin:




Ngomong-ngomong proyek ulasannya belun kelaaaarrrr!!! Haaaa masih utang 10 ulasan lagi, yowiss mari fokus nyelesein semuanya!

Sekarang gue mau cerita mengenai hias mahar yang gue lakuin. Seperti yang udah ditulis si Neng di sini dan gue juga udah pernah nulisnya di situ. Berhubung gue emang ngasih mahar gak gede dan si Neng minta gue buat menghias sendiri maharnya, maka gue pun merasa sangat tertantang. Hasrat gue menggelora meeen ditantang calon bini kaya gitu, gue pun mulai nyari-nyari model mahar yang mau gue buat. Gue juga beberapa kali survey harga untuk hias mahar ini, hohoho maheeel sangat yeee, bahkan buat mahar yang paling biasa sekalipun.

Dari sekian model mahar yang gue liat, gue naksir dengan model mahar dari sini dan sini. Berikut gambar-gambarnya.



Gue sempet menghubungi orangnya juga sih, untuk nanya harga dan berniat mesen juga (waktu itu si Neng belum minta gue menghias sendiri) tapi sayang orangnya udah di Surabaya sejak Juni 2012.

Setelah pencarian model yang cukup lama, akhirnya gue memutuskan untuk membuat mahar dengan karya gue sendiri. Sesuka hati gue deh. Gue gak pake mendesain dengan gambar dulu, pokoknya seadanya bahan aja. Oiya gue juga bertekad untuk membuat mahar yang gak biasa tapi dengan harga yang sangat mureee.

Pencarian bahan di mulai. Pertama buat wadah, gue nemu di kantor semacam kotak dari kayu seukuran kotak sepatu tapi agak gedean dikit, tuh kotak gak ada tutupnya. Langsung aje gue bawa kotak itu ke tukang bingkai di Pasar Mampang. Hohoho dengan harga 40 ribu saja kotak itu disulap jadi kotak mahar dengan tutup dari kaca yang sangat apik.


Kotak bekas yang gue temuin setelah dibawa ke toko bingkai

Langkah berikutnya adalah cari bahan buat menghias, berhubung barang-barang buat bebikinan di kamar kostan gue udah menipis, akhirnya gue memutuskan buat beli lagi bahan tambahan. Budget gue saat itu gak lebih dari 200 rb, akhirnya dapet semua bahan. Dari 200 rb yang gue bawa, gue juga sempet beli fun doh isi 10 warna seharga 35 rb (kalo gak salah) yang akhirnya gue kasih buat adek gue yang berulang tahun ke – 4, hehe. Jadinya bahan buat mahar seharga 165 rb, oiya sempet beli tambahan lagi sih sampe 25 rb kalo gak salah. Jadi total anggaran buat mahar gue adalah 40 + 165 + 25 = 230 rb. Hmmm lumayan murah lah kalo dibandingin pake vendor. Oiya bahan buat mahar ini juga gue gunain buat bikin ring case.

Fub Doh yang akhirnya jadi kado buat adek gue


Oiya besarnya mahar uang gue adalah 23 SGD, 3 Baht dan Rp 2.013,-. Kenapa demikian? Karena ketiga Negara ini adalah Negara yang pernah gue dan si Neng kunjungi hingga kita menikah, selain itu juga berasa unik aja *sebenernya sih biar gak kentara kalo mahar gue itu sangat sedikit, hehe*. Uang Dollar Singapur dan Baht Thailand gue dapet dari Enyak Babehnya si Neng, gak gratis loooh, gue tukerin dengan uang Rupiah sesuai dengan kurs yang berlaku saat itu, gue lebihin malah, yaaah walopun akhirnya tuh duit jatuh ke tangan adeknya si Neng. Rela deh buat calon adek ipar mah.. Kalo Uang Rupiah pecahan 2 ribu sih masih banyak gue temuin, nah buat yang pecahan Rp 13,- gimana? Gue sempet gugling-gugling, nemu beberapa tempat beli uang kuno. Gue sempet nanya juga ke salah seorang temen, dan ternyataaaaaaaaaa di Depok Town Square (Detos) juga ada yang jual uang kuno. Duileeeeh ini mah deket banget dari kostan gue, sering bolak-balik ke sana tapi gak juga ngeh. Kemane aje yee gue? Oiya toko yang jual uang kuno ini terletak di lantai dasar bagian belakang. Gak jauh dari Samsat dan marketing apartemen deh. Di deket situ juga ada toko buat hias seserahan, manteeep kaaan??

Pada saat mulai membuat mahar ini, gue kumpulin semua bahan dan uang maharnya. Berhubung gak ada rancang bangunnya, jadi gue maen asal templok-templok aje semua bahan yang ada. Gue masukin juga 3 foto gue dan si Neng, dan hasilnya adalah….:



Ini pas di meja akad


Detil hiasan mahar (ga usah tanya maksud setiap detilnya apa, gue juga ga ngerti, hehe):
Foto dengan kostum MBUI

Foto dengan kostum Cina-cinaan

Ini kostum bridal

anggap aja lampu taman

Ini ceritanya taman kali ya

Ini syarat dari si Neng yang harus ada unsur crayonnya

Sepertinya ini logo Yinyang dalam bentuk lain


Layangan kali ya ini?

Ini bukan ular yang ngelibet gue dan si Neng

Duit seribuan yang juga syarat yang harus ada

Karena anak Marching Band, jadi ada background partitur musik juga

Uang Rp 500,- yang gambar Melati

Berhubung gue sangat bangga dengan mahar dan ring case yang gue bikin sendiri, maka pas di acara resepsi pun gue pajang deh mereka. Karena takut ilang, mangakanye tuh mahar gue letakkan di depan pelaminan. Maksutnya sih biar gampang ngawasinnya, sayangnya gak banyak orang yang nyadar dengan keberadaan dua benda ini, *kasian*

Sayang gak ada yang ngeh dengan keberadaan mahar dan ring case gue

Awalnya mau ditaro di lorong masuk, karena takut ilang jadinya dipindah deh

Gimana hasilnya? Tetep yee berantakan, gapapalah yaaaa. Alhamdulillah si Neng seneng dengan hasil karya gue. Ada yang berminat gue buatin? Sini kasih gue bahan-bahannya, eh apa gue komersilin aje yeee? Buka jasa hias mahar, hmmmmmm seru kayaknya.