Mahar Pernikahan


.

“Bang, masa kata Mila kalo mahar pernikahan jumlahnya harus gede, pokoknya setara dengan biaya hidup istri selama 40 hari”


Edeww, ini si Mila dapet teori masalah permaharan dari mana pulak ini? Kalo kaya gini caranya bisa mencri-mencri gue, pasalnya gue emang berniat ngasih si Neng mahar dalam jumlah yang ga banyak dan sesuai dengan permintaan si Neng juga. Kan setau gue emang ga ada batesan jumlah mahar, pokoknya sesuai dengan permintaan pihak wanitanya. Jadi kalo jumlahnya ga banyak tapi si ceweknya oke-oke aja, yah ga masalah lah.

Ada sebuah riwayat juga dari Sahal bin Sa’ad bahwa nabi SAW didatangi seorang wanita yang berkata,”Ya Rasulullah kuserahkan diriku untukmu”, Wanita itu berdiri lama lalu berdirilah seorang laki-laki yang berkata,” Ya Rasulullah kawinkan dengan aku saja jika kamu tidak ingin menikahinya.” Rasulullah berkata,” Punyakah kamu sesuatu untuk dijadikan mahar? Dia berkata, “Tidak kecuali hanya sarungku ini” Nabi menjawab,”bila kau berikan sarungmu itu maka kau tidak akan punya sarung lagi, carilah sesuatu.” Dia berkata,” aku tidak mendapatkan sesuatupun.” Rasulullah berkata, ” Carilah walau cincin dari besi.” Dia mencarinya lagi dan tidak juga mendapatkan apa-apa. Lalu Nabi berkata lagi,” Apakah kamu menghafal qur’an?” Dia menjawab,”Ya surat ini dan itu” sambil menyebutkan surat yang dihafalnya. Berkatalah Nabi,”Aku telah menikahkan kalian berdua dengan mahar hafalan qur’anmu” (HR Bukhori Muslim).

Nah berarti gak shahih dong ya teorinya Mila. Lagian gak lucu juga kalo ga jadi nikah cuma karena si cowok gak kuat bayar mahar yang diminta ceweknya. Eh tapi jangan salah loh, gue sendiri pernah 2 kali nemuin kasus ini. Jadi karena adat istiadat, keluarga cewek minta mahar dalam jumlah besar, yah alesannya karena si ceweknya udah diapain gitu jadi maharnya ga bisa ditawar. Pokoknya itungan maharnya pake gading-gadingan gitu, yang setara dengan puluhan bahkan ratusan juta Rupiah. Aheyyy banget kan? Nah karena pihak cowok ga nyanggupin, akhirnya pernikahannya batal. Kasian ya…

Lalu gimana nasib gue? Alhamdulillah si Neng ga minta yang memberatkan, Alhamdulillahnya juga gue bisa memenuhinya. Jadi si Neng cuma minta mahar berupa uang yang jumlahnya ga banyak. Beneran loh doi cuma minta duit doang, karena rada kurang greget akhirnya gue menawarkan buat ngasih mahar perhiasan juga. Si Neng emang paling super dah, doi cuma minta cincin kawin aja dan ga mau yang berat juga. Walhasil mahar gue cuma duit di bawah Rp 300 rb dan cincin emas putih yang beratnya ga sampe 3 gr, insyaAllah keduanya mengandung makna yang jauh lebih berarti dari pada sekedar gaya-gayaan bawa mahar yang besar cuma biar dipandang "wah" sama orang lain. 

Si Neng ga minta neko-neko sih, tapi doi juga ngasih beberapa syarat dalam mahar uang yang harus gue penuhi, yaitu:
1. Mahar uang harus gue hias sendiri, ga boleh pake vendor.
2. Harus memuat semua pecahan uang dari 100rb sampe 1 Rupiah.
3. Mengandung unsur crayon, karena emang gue doyan crayon dari dulu.
4. Terdapat uang logam 500 yang warna emas.

Ahahahay gue sih seneng-seneng aje dengan tantangan ini, secara gue emang demen banget bebikinan. Gue juga akhirnya menawarkan diri buat bikinin sekalian pillow ringnya. Yah cukup tau diri aje gue, karena ngasih sedikit jadi gue mesti bikin semuanya spesial dan akan gue lakukan dengan tangan gue sendiri tentunya tanpa dibantu oleh siapapun.

Sebenernya yang diminta si Neng ini sangat meringankan, apa sebabnya? Kalo mau hias mahar pake jasa vendor, mahel gilak. Si Neng pernah nulis di sini. Buat pillow ring juga banyak yang jual sebenernya, tapi yaah itu dia, mahelll. Mending kan gue bikin sendiri, bahannya juga gue pake yang daur ulang, tinggal beli sedikit pernak-pernik buat hiasan aja deh. Gimana hasilnya nanti? Ohohoho tunggu aje, nanti bakal gue kasih liat deh.