Curiculum Vitae


.

Pada tau lah yaa semua sama yang namanya CV alias Curiculum Vitae, simpelnya sih riwayat hidup kita yang berisi informasi ringkas siapa diri kita. Hmmm umumnya sih CV ini digunakan buat ngelamar kerja, tapi bisa juga dipake buat hal lainnya misalnya kalo kita jadi pembicara di suatu forum resmi, biasanya suka dibacain CV-nya dulu.

Saat ini gue bekerja di divisi yang salah satu kerjaannya menyortir CV para pelamar kerja, ini bukan jobdesc gue langsung sih, tapi selama setaun gue kerja, gue jadi belajar hal-hal apa yang perlu diperhatikan dalam membuat CV, contohnya adalah:

  • Jumlah halaman pada CV jangan terlalu banyak. Usahain 2 halaman aja, males juga user kalo liat CV yang panjang tapi ga jelas isinya. Hal ini ga berlaku buat mereka yang punya pengalaman kerja lebih dari 20 tahun, biasanya sih mereka menjelaskan pekerjaannya selama 20 tahun itu secara detil jadi ga cukup kalo cuma di 2 halaman aja. 

  • Untuk foto usahakan cantumkan foto yang resmi, ini menunjukkan seberapa niat kita buat melamar kerja. Jangan sekali-kali deh ngasih foto dengan pose kita lagi menjulingkan mata ke atas, mulut sedikit dimajukan dan nempelin jari telunjuk ke bibir.
  • Muat informasi yang lengkap dan sangat menggambarkan siapa diri kita. Kalo user ga puas dengan CV kita, biasanya user akan secara inisiatif nyari tau siapa kita di dunia maya. Ga semua user kaya gini sih, tapi yah kita ati-ati aja kalo punya account di dunia maya yang bisa dengan mudah diakses sama orang. Karena bisa jadi user ilfil sama kita karena kelakuan kita ga beres di dunia maya.
  • Informasi lengkap bukan berarti semua info bisa dimasukkin dalam CV. Masukin aja pencapaian yang sesuai sama bidang yang kita apply atau juga pencapaian yang sangat uwow, misalnya kalo kita pernah jadi duta yang mewakili Indonesia di luar negeri. Kalo cuma menang lomba nyanyi pas sekolah kayaknya ga usah dimasukin deh. Buat pengalaman organisasi juga masukin organisasi dimana kita menjadi pemimpinnya atau paling ga jadi pengurus intinya, ga terlalu menjual kalo kita banyak organisasi tapi semuanya cuma jadi anggota.
  • Buat CV semenarik mungkin, rapih dan ga terlalu rame yang terkesan norak.
  • Tulis semua informasi di CV secara jujur. Ga usah dibagus-bagusin karena cuma pengen dibilang wow. Percayalah CV cuma digunakan buat screening awal aja, yang paling penting adalah tulisan tangan, hasil psikotes dan wawancara kerja.
Yah kurang lebih sih yang gue di atas yang perlu diperhatiin dalam menuliskan CV. Oiya kenapa jadinya gue menuliskan masalah CV ini? Jadi beberapa hari lalu ada sebuah CV milik salah seorang pelamar yang sangat menarik. Bayangkan si pelamar ini ngirim CV yang tebelnya sama dengan tebel skripsi, 60 halaman meeeen, dijilid spiral pula dengan rapih dan ada daftar isinya juga.

Huweee banget kaaaaan? Gue dan temen seruangan amaze sejadi-jadinya. Haaa niatan lil alamin banget nih orang. Bayangkan doi ngelamar buat jadi staff biasa, gimana kalo doi ngelamar buat jabatan Direktur? Kalah kali yeee itu yelow pages.. Terus gue juga ngebayangin gimana kalo doi ikutan job fair, biasanya kan orang bawa CV sebanyak-banyaknya buat disebar ke semua perusahaan yang pengen kita apply. Kayaknya nih orang bakal bawa troli buat bawa tumpukan CV-nya.

Terus yang lebih mencengangkan lagi, temen gue yang ikut mewawancarainya cerita pas si pelamar ini diwawancara, selain CV yang dipegang user, dia juga bawa salinannya yang dia pegang sendiri. Jadi pas si user nanya sesuatu tentang dirinya, maka doi tinggal jawab: "silahkan Bapak buka halaman sekian", AMAZING!!

Mau tau apa aja isi dari CV 60 halaman ini? Cukup terpukau juga pas gue liat apa aja isinya, diantaranya adalah:
  1. Pas Photo beragam ukuran,
  2. Foto full body tampak depan dan samping (berasa ikutan pemilihan model),
  3. Daftar isi,
  4. Surat lamaran pekerjaan,
  5. CV,
  6. FC Kartu Jamsostek,
  7. FC KTP,
  8. FC NPWP,
  9. FC Ijazah,
  10. FC Rekap nilai,
  11. FC Kartu Keluarga,
  12. FC Kartu domisili daerah asal,
  13. FC Kartu pindah ke Jakarta,
  14. FC Surat keterangan sehat dari RS Umum Daerah,
  15. FC Surat keterangan tidak merokok,
  16. FC Surat Keterangan Catatan Kepolisian,
  17. FC Buku tabungan,
  18. FC Sertifikat kepanitiaan,
  19. FC Sertifikat seminar di kampus,
  20. FC Sertifikat pelatihan,
  21. Surat keterangan kerja dari kantor sebelumnya,
  22. FC Kartu anggota remaja masjid,\
  23. FC Penghargaan karyawan teladan di kantor sebelumnya.

Bener-bener AMAZING tuh CV, kalo yang ini termasuk kategori spesial dan langka. Bener-bener niat nih orang. Positifnya sih buat divisi gue adalah ga perlu repot minta kelengkapan datanya lagi kalo dia diterima nantinya. Eh beneran loh, nih orang akhirnya dipanggil buat tes dan hasilnya memuaskan. Sekarang lagi  nunggu hasil tes medical check up. Semoga beneran diterima dan gue siap.... ehehe pengen ngecengin aje kalo doi ntar masuk.


One Response to “Curiculum Vitae”

  1. Ari says:

    HAHAHAHAHAHA NGAKAK BANGET