Tahapan Beasiswa KOICA (4): Medical Examination


.

Senin, 29 Mei 2017, gue balik agak telat, dari kantor hampir jam 6, (Telat? Sebelum jam 6? Yah pan PNS baliknya jam 4 Pak Bu). Balik telat soale si Neng ada kerjaan dadakan, jadi baru bisa pulang abis Maghrib. Satu kebiasaan gue yang bikin si Neng selalu ngejitak gue adalah buka HP pas lagi lampu merah, ehehe. Sore itu, pas banget Maghrib, karena belum ada si Neng, gue melakukan ritual terlarang itu, buka HP pas lagi lampu merah, tepatnya di lampu merah deket Taman Menteng. Bukannya buka puasa yak, malah buka HP, hehe. Pas gue buka HP, ada satu pesan WhatsApp (Wha) yang menarik, pesan dari Mbak Yulia, orang KOICA yang selama ini sering gue hubungi buat nanya-nanya.

“Pak... Bpk lulus”

Pas baca itu gue langsung gemeteran looooh, pas banget lampu merahnya udah mau kelar juga jadi HP gue langsung masukin kantong, gak keburu buat sujud syukur apalagi turun dari motor buat joget kegirangan, ehehe. Sepanjang Taman Menteng – Kuningan, gue bawa motor dengan perasaan yang berkecamuk, lemes dan gemeteran, gak nyangka soale, tau sendiri lah yaaa gimana tes gue yang terakhir. Aer mata udah ngantri pengen keluar, tapi keburu bubar lagi karena pintunya gak juga kebuka. Seneng banget pastinya, gue bawa motor agak pelan dan agak ke pinggir kiri, soalnya jalur kanan di Kuningan itu jalur cepet, motor gak boleh masuk *krik..krik...

Kok pengumumannya cuma lewat pesan Wha doang? Pengumuman informal aja itu, Mbak Yulia ini kan emang baek banget, selalu melayani pertanyaan semua pelamar. Nah pengumuman informal ini mungkin buat menjalin kedekatan aja kali ya dengan para penerima beasiswa KOICA, soalnya kedepannya dibutuhkan komunikasi yang intens buat persiapan sebelum keberangkatan. Oiya, dari obrolan setelah pengumuman itu gue dapati kenyataan kalo yang lolos ke tahap selanjutnya cuma gue seorang, wohoooooo. Dari awal banget padahal udah dikabari kalo akan ada 2 orang penerima beasiswa KOICA buat di SNU, tapi entah kenapa cuma gue doang yang lanjut tahap selanjutnya, bukan karena Essay gue di EoTS tentunya, haha.

Pas tau cuma sendiri, gue rada panik sih sebenernya, kebayang kalo gue beneran jadi berangkat dan gak ada temen dari Indonesia, dooooooh. Kalo ada barengan pan lumayan, pas persiapan keberangkatan ada temen ngurus bareng, terus nanti pas udah kuliah juga paling gak ada temen ngobrol sebahasa. Tapi yaudahlah yaaaaa, jalanin aja dulu.

Malemnya gue dapet email dari Inje University Paik Hospital, Korea Selatan, rumah sakit rekanannya KOICA. Isi emailnya ngasih tau perihal tes selanjutnya, Medical Examination. Nah si Inje ini (akrab yeee), punya rekanan di Indonesia, namanya PT Jakarta Kyoai Medical Center yang letaknya di lantai 6 Wisma Keiai, gak jauh dari halte busway Dukuh Atas (seberangnya gedung Indocement). Jadwal tesnya bisa kapan aja, yang pasti sebelum 9 Juni dan mesti reservasi dulu 3 hari sebelumnya. Gue juga disuruh bawa passport asli beserta copynya dan juga ngisi Medical History Questionnaire yang mereka kirim. Terus apa aja yang diperiksa buat tes kesehatannya? Nih list yang dikasih sama mereka:
  1. Chest PA (Chest X-ray)
  2. Hepatitis B surface antigen (HBs Ag)
  3. Hepatitis C virus antibody
  4. Syphilis test (VDRL or RPR)
  5. HIV antibody
  6. Blood hemoglobin
  7. Alanine transaminase (ALT)
  8. Fasting plasma glucose
  9. Blood pressure

Gue ambil jadwal hari Senin, 5 Juni 2017, sengaja milih jam 8 pagi biar segera balik kantor. Sekitar jam 9 gue udah kelar, tapi berhubung malemnya gue sahur jam 2 jadilah gue mesti nunggu sampe jam 12 buat diambil darahnya, mesti 10 jam puasa dulu soalnya. Kedua kalinya nih gue tes kesehatan pas bulan puasa, sebelumnya malah gue disuruh balik lagi setelah buka puasa buat diambil darah juga. Selama nunggu 3 jam itu, gue ketemu calon penerima beasiswa KOICA lainnya, Fitri dari Kementerian Dalam Negeri. Doi penerima beasiswa buat di Sungkyunkwan University (SKKU), salah satu yang mau gue ambil dulu, tapi berhubung fokusnya ke pemerintah daerah jadi mundurlah gue. Fitri ini juga cuma sendiri yang keterima buat SKKU, senasiblah kami. Ngobrol panjang lebar dan tak lupa tuker2an nomer telepon.

Untung bagus ye ruang tunggunya, jadi nunggu 3 jam gak kerasa.

Banyak orang bilang sih kalo udah tes kesehatan mah udah hampir dipastikan diterima, tapi yah gue gak mau takabur juga lah, karena yah gue sendiri juga kan gak tau gimana kondisi kesehatan gue. Gue juga dapet cerita kalo tahun lalu ada yang gak lolos pas tes kesehatan, entah apa yang bermasalah dari kesehatannya. Abis tes kesehatan yah gue pasrah ajalah. Pengumumannya masih tanggal 3 Juli, hari pertama masuk kantor setelah liburan lebaran. Jadi fokus puasa dan ibadah dululah, doa yang kenceng juga pastinyaaaaaaa.