Orang Kampung Kuliah?? bisaaa kok!!


.

Pagi ini adeknya Bokap gue nanyain tentang pendaftaran SIMAK, katanya sepupu gue yang adalah anaknya mau masuk UI. Huoo semoga diterima biar ada penerus gue di UI ini.


Hmm udah mulai lagi ya pendaftaran mahasiswa baru, jadi inget masa2 itu. Apalagi pas gue dinyatakan lolos SPMB untuk jurusan Administrasi Negara UI, girang luar biasa dah pokoknya… Tapi kegirangan gue ga berlangsung lama karena setelah gue tau biaya pendidikan yang harus gue bayarin, kalo gak salah totalnya Rp 13.625.000,- duit dari mana coba segitu banyaknya? Langsung gue terduduk lemes, membayangkan impian gue buat kuliah di UI bakal sirna… Kayaknya hal ini juga dialami banyak orang deh. Hahay buat yang bernasib sama kaya gue, tenang aja kalian pasti bisa kok. Gue aja bisa nih survive sampe mau lulus kuliah kaya sekarang.

Satu yang pasti adalah niat, keyakinan, nekat dan usaha. Kalo itu semua udah terpatri dalam diri kita pasti ada jalan deh.. waktu itu dengan keyakinan tingkat dewa gue nyari info tentang keringanan biaya kuliah di UI, alhamdulillah dapet info. Gue pun kaga malu buat ngurus macem2 surat, termasuk juga ngurus surat keterangan gak mampu dari RT, RW sampe Kelurahan. Di awal masuk ini gue dapet keringanan sampe tinggal Rp 3.625.000,- abis itu gue juga dapet tawaran beasiswa, yah gue sih kaga pernah nolak. Gue urus aja semua persyaratan yang diminta, ngikutin semua proses seleksi. Alhamdulillah gue lolos dan dapet potongan Rp 2.625.000,- dan yang paling wow adalah biaya kuliah gue ditanggung selama 8 semester serta dikasih uang buku Rp 500.000,- setahun. Sampe di sini gue merasa sangat bersyukur dan mau berterima kasih buat Eka Tjipta Foundation yang udah dengan baiknya mau membiayai gue sampe kuliah gue kelar.

Sebenernya setelah dapet tuh beasiswa masih ada satu lagi masalah yang muncul, dari sisa Rp 1.000.000,- yang harus gue bayar, gue disuruh bayar Rp 700.000 maks 2 hari setelah pengumuman itu. Gue pun keblingsatan buat minta tuh duit ke ortu, daaannnn ortu kaga ada duit sama sekali. Jengjeng!! Hadeuuhh guepun bingung, smpe batas akhir gue masih belum nemu tuh duit. Gila aje gue ga jadi kul di UI Cuma karena duit 700 rb, yang ada dipikiran gue saat itu adalah “gue pasti bias nemu duit 700rb”. Beruntungnya gue pada saat itu, tiba-tiba ada temen satu jurusan gue yang juga temen OBM (Orientasi Belajar Mahasiswa) minjemin gue duit.. UWOW banget dah!! Orang yang baru gue kenal kurang dari 2 minggu tiba2 minjemin duit segitu banyaknya dan dia yang menawarkan bukan gue yang minta.. Tengs ya buat Ika Pratiwi yang pada saat itu kaya Malaikat yang dikirim Allah SWT.. Semoga kebaikanmu dibalas dengan yang lebih lagi, amiinn YRA..

Intinya yang mau gue tekenin di sini adalah, buat temen2 yang tidak berasal dari keluarga berkelebihan ga usah takut buat bermimpi bisa kuliah di Perguruan Tinggi impian kalian.. Pokoknya asal ada niat, keyakinan, kenekatan, dan usaha pasti ada jalan deh.. Buktiin aje kalo orang kampung dan ga mampu2 banget juga bisa kuliah.

Trust me, it works….