Biasa, Tidak Biasa (oleh-oleh dari Borneo)


.

Hohoi setelah hampir sebulan Pangeran Belendung menghilang, kini saatnya gue balik lagi. *berasa ada yang menanti*. Yup sebulanan kemaren kegiatan gue adalah: berkelana selama 2 minggu di belantara Hutan Kaltim dan sisanya riweuh nyusun laporan Asset kebun, terus juga ada beberapa acara kantor dimana gue (terpaksa) nimbrung dalam kepanitiannya sama beberapa kerjaan yang....., Hoaaeemmm lah pokoknya kehidupan gue 2 minggu terakhir di kantor..

Oiya gue sempet janji buat nyeritain gimana pengembaraan gue di Borneo. Nih bakal gue ceritain rangkuman dari dua perjalanan gue (Oktober dan Desember). Oke sebelumnya gue jabarin dulu sedikit gambaran tentang kantor tempat gue kerja (selanjutnya sebut KTGK) dan keadaan kebunnya. KTGK berkantor pusat di daerah Warung Buncit, Kantor perwakilannya ada di daerah Sangatta (Kutai Timur) yang berjarak sekitar 8 jam perjalanan darat (PD) dari Balikpapan atau sekitar 4 jam PD dari Samarinda. KTGK sampe saat ini punya kebun kelapa sawit yang terdiri dari 3 PT (A, B, dan C), ketiganya tersebar di sekitaran Kutai Timur. A berjarak sekitar 2 jam PD dari Sangatta, B berjarak sekitar 4-5 jam PD dari Sangatta dan C terletak sekitar 8-9 jam PD dari Sangatta. Jadi kebayangkan gimana BAHAGIAnya gue kalo mesti ke kebun C? yah sekitar 20 jam (termasuk dr rumah ke Bandara) aja gitu pan*at gue bermasygul-ria sama kursi, khawatirnya nih lama-lama asset yang cukup berharga dari tubuh gue bisa terkikis habis, OH NOOO!!!

Pengennya sih gue cerita detil semua yang gue alami di sana, tapiiii ah ntar jadi ga menarik karena yang baca keburu bosen. Jadi saat ini gue mau cerita hal-hal yang gak biasa ada di kota tapi sangat biasa ada di kebun dan sebaliknya, yah semoga aja menarik ya. Okeh gue mulai ya penjabarannya:

    
  1. Kalo di jalanan Jakarta kita sering nemuin tikus atau ga uler yang mati ketabrak atau kelindes kendaraan di tengah jalan, tapi dikebun beda!! Gue menemukan babi hutan tergeletak dengan indahnya di pinggir jalan, babi hutan loh bukannya babi berwarna pink yang banyak digemari remaja wanita. Ngeliatnya rada2 spooky gimanaaaaa gitu.
    Kebayangkan gimana kalo ngeliat beginian di Jakarta..
  2. 
  3. Masih ada hubungannya sama binatang. Kalo diperkotaan biasanya kita suka ngeliat banyak binatang berkeliaran di pinggir jalan, yah paling kucing, ayam atau paling banter juga kambing, nah kalo di kebun? Gue pernah nemuin anak harimau melenggang layaknya peserta America's Next Top Model dipinggir jalan saat perjalanan dari Sangatta ke kebun B,  Huaannnjiiirrr serem aje yeee, ditambah gelap pula karena emang udah tengah malem. Gue ngeliatnya rada ngeri campur amaze juga sih, takjub aje, berasa lagi Safari malam.
  4. Jalanan kota pan biasanya lurus-lurus aja, dalam artian ga bergelombang, yah sekalipun bergelombang paling itu di jalan layang atau ga underpass. Buat di kebun mungkin hal ini menjadi hal yang sangat langka, pasalnya jalanan di sana huwiiih banget dah. Berasa Off-road saban sari gue. Itu tanjakan dan turunan dimana2, berkelak-kelok dan ditambah sensasi pinggir kanan-kiri jurang. Satu lagi yang bikin seru adalah jalanannya yang rata-rata merupakan tanah merah yang sangat lempung kalo kena air, walhasil kalo ujan turun kaga bisa kemana2 dah. Kalo maksain jalan terus, yang ada bakal kejebak dilumpur dan mesti ditarik pake Zonder (semacam traktor raksasa).
    Mobil yang kejebak lumpur
    Kebun tampak dari atas, keliatan pan jalan yang berkelok?
  5. Lantaran jalanannya yang ga biasa, jadi kendaraan yang biasa dipake juga harus luar biasa. Yup moda transportasi yang paling pas digunakan disana selain alat-alat berat adalah Ford Ranger double cabin, Ford Fortuner atau ga Mitsubishi Triton double cabin.. Mobil yang kalo kata temen gue, seandainya dipake di Jakarta, si pengendaranya akan terlihat jauh lebih tampan.
    Salah satu mobil yang bisa dioperasikan
    Nih mobil yang katanya bisa bikin tampan pengendaranya
  6. Karena berada di tengah hutan, maka otomatis yang namanya sinyal itu bakal susah banget didapet. Biasanya sinyal ada disekitar jendela, walhasil semua orang akan naro hpnya di kaca nako jendela dan kalo mau nelpon pun mesti pake headset, karena kalo geser sedikit aje sinyalnya bakal ilang.
  7. betapa susahnya berkomunikasi
  8. Rumah mewah di kota mah udah biasa, tapi kalo dikebun? Kaga ada mungkin jawabnya.. Tapi jangan salah, di kebun A ada sebuah bangunan megah nan mewah yang dapet julukan "Berlian di tengah hutan". Bangunan ini nama sesungguhnya "Mess Manajemen", penginapan buat para bos besar kalo lagi ke kebun.
    Beneran ada di tengah kebun loh!!
    Nih Gazebonya yang ga kalah mantep
  9. Air bersih? susaaahhh meeennn di sana!! Pokoknya siap2 aje mandi dengan air cofee mix, yup air yang kaga ada bening-beningnya..
  10. Oiya buat nyamuk, entah mengapa gue ga nemu sama sekali diketiga kebun padahal di belantara utan looh. Nyamuk emang ga ada, tapii yah tapiiiiiii yang namanya serangga banyak bener. Bujug dah masa di dalem kamar ada tawon berseliweran juga serangga2 laennya.
Hmm kayaknya itu aja kali yee yang bisa gue ceritain saat ini. Nih biar ada gambaran lebih, gue kasih beberapa foto yang (semoga) menarik.


Sungai yang mesti diseberangi kalo mau ke kebun C dari kebun B, nyebrangnye lewat jembatan kayu yang ada disebelah kanan yang sebagian badannya terendem aer. Konon kabarnya nih sungai ada buanya loohh.

Ini yang namanya Zonder

Ini penampang pabrik kelapa sawit yang ada di tengah kebun
Sisi lain kebun
Bosen naik dalem kabin, nyobain di bak terbuka seru juga nih!!





 

2 Responses to “Biasa, Tidak Biasa (oleh-oleh dari Borneo)”

  1. numpang share link buat bini gw, informatif beud ah. foto-fotonya unik.

  2. Monggo maaaaaaaang... silahkeun diceritakan lah ke bini lu tentang DAHSYATNYA kebun kita..