30 Ulasan Mantenan Pangeran, Ulasan 3: Cerita Midodareni


.


Untuk kesekian kalinya gue kelewatan kantor, yup gue turun dari metromini 200 meter setelah kantor gue. Karena apa? Gue keasikan baca bukunya Ika Natassa sampe-sampe gak ngeh kalo kantor gue udah kelewatan. Saat ini gue emang lagi maraton baca novelnya Ika Natassa, si Neng yang ngerekomendasiin, katanya bagus buat pembelajaran dalam mempersiapkan pernikahan dan mengarungi kehidupan setelahnya.


Buku pertamanya adalah A Verry Yuppy Wedding. Buku ini menurut gue bagus banget buat yang lagi mempersiapkan pernikahan, biar tau gimana cobaan yang akan datang ketika menjelang hari pernikahan, terutama dalam hal psikologis dan mental. Buku kedua yang nyambung dengan buku keempat, Divortiare dan Twivortiare bagus banget untuk pembelajaran kita dalam membangun rumah tangga. Gue sama si Neng adalah (bisa dibilang) pasangan muda yang mana egonya masih tinggi dan sulit mengendalikan emosi, jadi bisa tau gimana intrik yang terjadi dalam kehidupan rumah tangga pasangan muda, apa aja yg mesti dihindari dan bagaimana cara menanggulanginya. Saat ini gue lagi baca buku yang ketiga, Antalogi Rasa, gak ada hubungannya dengan kehidupan rumah tangga sih, tapi gue suka aja sama novelnya Ika Natassa yang satu ini karena gue bisa melihat segalanya dari sudut pandang setiap tokohnya.

Hohoho itu sekilas tentang novel-novelnya Ika Natassa yang bagus buat pembelajaran dalam mempersiapkan pernikahan dan mengarungi kehidupan setelahnya. Okeh sekarang balik lagi ke judul postingan ini, gue mau cerita acara midodareni yang diadain 3 minggu yang lalu.

Setelah nerbitin postingan terakhir di proyek 30 Hari Pemuja Manten, gue langsung balik ke rumah buat bersiap menjalani prosesi Midodareni di rumah si Neng di Depok. Buat gue dan keluarga yang orang Betawi tulen, sangat asing dengan acara midodareni ini. Gue juga bingung ngejelasinnya gimana ke keluarga gue, yah simpelnya gue bilang aje kalo nganter seserahan diselingi dengan rangkaian adat khas Jawa.

Berangkat dari rumah sekitar jam 4 sore, diawali dengan drama Enyak gue yang cuma pengen pake kemeja dan celana bahan biasa. Kontan gue dan adek gue, Maulana, ngomel ke Enyak gue. Lagian acara resmi kaya gini doi malah pengen pake pakean casual, si Babeh yang biasanya males pake pakean resmi aje mau pake kemeja batik lengan panjang. Enyak gue bilang kalo pakean resminya udah gak ada yang muat, emang sih setelah Lebaran tahun lalu bobot tubuh si Enyak naik drastis. Akhirnya gue rela deh bukain jaitan di bagian depan dan belakang bajunya si Enyak yang lebih resmi, setelah jaitan selesai dibuka, si Enyak make dan muat, sayangnya doi gak suka karena jadi jelek gitu. Kemudian salah seorang Ncing gue dateng buat minjemin baju, tetep dengan sedikit dibuka jaitannya juga. Haaa syukurlah, akhirnya kami bisa berangkat juga walopun si Enyak masih kurang sreg dengan baju yang dipake.

Daaaaaaaannnnn tau apa yang terjadi kemudian? Tiba-tiba Enyak gue minta buat mobilnya berhenti tepat di depan rumah kakaknya si Enyak. Doi ternyata mau pinjem baju!! Hooo untungnya dapet, baju gamis yang jauh lebih layak dibanding kemeja casualnya. Alhamdulillah baju yang keempat ini Enyak gue sreg, begitu juga gue dan yang lainnya.

Total keluarga gue yang dateng ke rumah si Neng ada 13 orang termasuk kedua adek gue, oiya ada satu orang temen gue juga yang nebeng, doi temen deket gue dan si Neng di MBUI yang kebetulan rumahnya deket rumah gue dan juga doi adalah salah satu pager ayu buat mantenan gue, Rifda namanya. Keluarga gue tadinya banyak yang mau ikut, tapi karena berangkatnya Jum’at sore akhirnya pada gak jadi, belum pulang kerja soalnya. Selain itu, yang membuat pada gak jadi ikut adalah karena gue cuma menyediakan dua kamar di Wisma Tani buat keluarga besar gue, jadi sebagian memilih untuk datang keesokan harinya aja pas akad. Takutnya kalo maksain dateng, baliknya sampe Tangerang udah larut dan besok paginya malah gak kebangun, karena jam 5 pagi mesti udah chaw lagi. Emang mending pada dateng pas akad sih, acara inti yang paling penting dari semua rangkaian acara.

Perjalanan dari Tangerang menuju Depok lama nian, gile banget deh pokoknya!! Maklum, Jum’at sore dimana semua orang berlomba-lomba pulang cepet karena besoknya udah weekend, walhasil macet all the way.. Oiya gue ke rumah si Neng naik minibus Isuzu Elf, pada tau kan ya mobil berkapasitas 16 orang? Penumpangnya emang kurang dari kapasitas seharusnya, tapi tetep aje sempit banget loh, soale banyak seserahan yang gue bawa. Total seserahan yang gue bawa ada 24 bingkisan, awalnya sih cuma mau bawa sedikit aje, tapi entah gimana ceritanya pas hari H banyak sodara yang dateng pada bawa kue buat tambahan seserahan yang bakal dikasih ke si Neng. Enyak gue juga nambahin dua buah kain buat seserahan, kain yang akhirnya disulap menyerupai bentuk buaya. Yah syukurlah kalo gitu, jadi gue gak perlu beli roti buaya lagi karena sudah diwakili dengan sepasang buaya yang dibuat dari kain panjang bermotif batik.


Sampe di rumah si Neng, gue langsung minta beberapa temen gue yang udah ada di sana buat bantuin bawain seserahan, karena emang jumlahnya jauh lebih banyak dibandingkan dengan orang yang ikut. Sampe rumah si Neng, gue sekeluarga langsung disambut dengan keluarga besar si Neng, sebagian gue udah mengenalnya sebagian lagi gue masih sangat asing, yang belakangan gue ketahui kalo mereka adalah adek-adek dari Yangkungnya si Neng. Wew Amazing!! Mereka, kakek-kakek dan nenek-nenek yang (sepertinya) belum pernah gue temui, mau berkumpul buat acara gue dan si Neng.

Enyak gue yang kerudung merah dengan baju hasil pinjeman dari Ncang gue  (kerudung coklat)

Bokap gue nih

Nah yang ini gue. *kenapa jadi perkenalan keluarga gini ya?*



Yangti (kedua dr kiri), Yangkung (ketiga dari kiri) dan adek-adek Yangkungnya si Neng

Selama acara berlangsung, gue gak boleh masuk ke rumahnya si Neng dan ketika acara ramah-tamah gue juga gak boleh ikutan makan, cuma boleh minum aer putih. Oh malangnya, duduk di teras dan memandang semua orang sedang beramah-tamah sambil makan sesuka jiwa. Sebenernya itu semua bisa gue tahan sih, yang paling ngenes adalah gue dan si Neng ga boleh ketemu!! Gue di teras dan si Neng diumpetin dikamarnya.. Oh God, ini ya rasanya, cuma terpisah jarak beberapa meter tapi kami gak boleh ketemu. Nasib… Nasib…. Dan gue mikir, "ini adatnya gak bisa direvisi ya?" *Ditoyor segambreng orang Jawa*

  

Hooo jadi ini yang dilakuin, sementara gue  nelangsa di teras
  
Ada yang gak boleh masuk

  
keliatan gak betapa nelangsanya gue?

Acara berlangsung lancar. Sambutan dan perkenalan dari kedua belah pihak yang diselingi dengan lawakan (kayaknya wajib banget yee lawakan ini ada), terus Enyak Babehnya si Neng masuk ke kamar pengantin *pengen ikut* buat menanyakan apakah beneran si Neng bersedia buat gue persunting. Kalo sampe si Neng bilang “gak mau”, pasti gue langsung lari, gak lah gak kabur dari rumahnya si Neng, tapi gue lari ke dalam kamar penganten buat nanya langsung (sambil ngancam pake pisau). Alhamdulillahnya si Neng bersedia buat gue persunting. Acara dilanjutkan dengan penyerahan seserahan (sebelumnya ditaro di teras), pembacaan Catur Weda, terus ramah tamah dan makan (yak ini yg bikin gue mupeng). Seteleh selesai ramah-tamah, acara dilanjutkan dengan penyerahan Kancing Gelung dari orang tua si Neng ke gue. Eh btw pada tau kan Kancing gelung itu apa? Pokoknya isinya itu pakaian dan aksesoris yang akan dipakai pengantin pria pada saat akad nikah. Acara ditutup dengan penyerahan angsul-angsul dari keluarga si Neng ke keluarga gue. Gue juga dikasih nasi bungkus buat gue makan di penginapan, hooo Alhamdulillah, tau aje kalo gue udah laper berat.

Sambutan
Adek gue, Yudha yang gak mau lepas dari si Enyak



Penyerahan Seserahan





Pembacaan dan Penyerahan Catur Weda





Ramah Tamah dan Santap Malam

Yang di teras boleh kali nimbrung

Penyerahan Kancing Gelung









Dari foto yang atas kelihatannya ceria banget yeee, padahal mah lagi nahan laper.


Penyerahan Angsul-Angsul





Pulaaaaaaang!!!




Girang dapet nasi bungkus








Neng dan Keluarga  





Another Shoots


si Neng bareng sahabatnya yang sering gue sebut-sebut, Mila

Ini dekor beberapa spot rumahnya si Neng, termasuk kamar manten yang ga sempet gue jamah

Sebagian seserahan yang akan gue ceritain tersendiri

Oiya di parkiran rumah si Neng masih terpajang sasana siraman lengkap dengan hiasannya, tempat buat prosesi siraman si Neng sore harinya. Haaaa andai gue boleh dateng pas acara siraman... *gak sabar gitu gue buat ketemu si Neng.





Hooooo kelar sudah satu rangkaian acara, gak sabar buat keesokan harinya.

Setelah acara selesai gue langsung ke Wisma Tani. Gue menyewa 2 kamar di sana, buat keluarga gue dan satu keluarga kakaknya si Enyak, Emak Haji, yang besok paginya bertugas bawa Pisang Sanggan untuk upacara panggih dan suaminya yang nyerahin gue ke keluarga si Neng pas akad. Gue menyewakan mereka kamar biar kalo, buruknya, rombongan dari rumah gue telat dateng, akad nikah bisa berlangsung sesuai jadwal. Tapiiiiiiiiiiiiiiii pas sehari sebelum keberangkatan, Enyak gue bilang kalo yang bakal nginep bukan cuma keluarga Emak Haji aje, tapi juga ditambah 3 orang Ncang gue. Ibu-ibu yang udah berusia di atas 50 th. Kata si Enyak sih biarin aje mereka nginep, biar bisa ikutan Midodareni dan Akad juga, buat ngerame-ramein katanya. Yaaaah yasudahlah, gue manut aje. Jadinya ada 9 orang yang nginep di dua kamar yang gue sewa, 5 orang perempuan dan 4 orang laki-laki. Gue awalnya gak mau ada tambahan yang nginep karena gak enak kalo sampe umpel-umpelan di dalem kamar, tapi ternyata mereka fine-fine aja, dan merasa kamarnya terlalu besar buat 5 orang. “Ini mah 10 orang masih lega” ujar salah seorang Ncang gue. Okeh kalo begitu, lain kali kalo ada acara keluarga besar aje cukup sewa 1 kamar buat 20 orang *sadis*.

Sampe di Wisma Tani kami, gue dan keluarga besar gue, langsung beberes dan bersih-bersih. Tadinya gue sengaja ngelama-lamain tidur sambil nunggu si Neng dateng, biar bisa ngintip ketika si Neng dateng. Yah lumayan kan gue bisa melepaskan sedikit rasa rindu. Sayangnya si Neng ga juga dateng sampe akhirnya gue terlelap…