Ariah: Si Kaya Yang Terlalu Sederhana


.


Spektakuler!!

Satu kata yang bisa menggambarkan pagelaran kolosal bertajuk Ariah akhir pekan lalu. Seperti yang gue tulis di sini, gue menang kuis dan berkesempatan nonton pagelaran ini bersama 4 orang lainnya. Sayangnya, seperti saat pagelaran Krida Budaya in Concert, si Neng masih belum pulih banget, walhasil doi gak bisa ikut, takut kenapa-kenapa juga kalo dipaksain. Sempet kepikiran buat gak jadi nonton biar bisa nemenin si Neng di rumah, tapi si Neng malah nyuruh gue buat nonton karena doi tau betapa gue menginginkannya, haaa yasudahlah gue tinggalkan si Neng di rumah *suami macam apa?*

Tiket dari menang kuis yang tertinggal di kantor pas hari H.
Setelah berkali-kali bongkar pasang siapa aja yang menggunakan tiket gue, maka jadilah gue nonton Ariah berempat di Sabtu malam (290613), kesemuanya temen MBUI angkatan tua. Sebenernya gue udah berkoar via twitter kalo ada 1 tiket sisa, tapi temen gue yang udah mau tiba-tiba ngebatalin, ada 2 orang yg kaya gini. Sempet ada yang minta juga sih tapi gak gue kenal, berhubung tuh orang manggil gue “mbak” jadi gue males ngasihnya, hehe. Oiya pas mau masuk sempet ada seorang bapak yang berniat membeli tiket gue dengan harga 10 ribu, karena tau kalo doi calo jadi gak gue jual deh, mending gue simpen aje buat kenang-kenangan. Btw, ternyata pada akhirnya buat yang lesehan itu digratiskan, siapa aje boleh masuk walopun gak punya tiket, kasian yee si calo kalo akhirnya tuh tiket gue jual.

Nih dia temen nonton bareng gue


Sampe di lokasi sekitar jam 6-an, masuk dari pintu yang deket Stasiun Gambir. Eh lagi ada pameran Monorail ternyata, mantep ada replika Monorailnya juga. Pengen ikutan masuk ke dalem replikanya juga, tapi ngantrinya naujubileh dah panjang benerrr. Kalo dari luar sih keliatannya dalem tuh Monorail kaga jauh beda sama kereta Comuter Line.



Pintu pagelaran dibuka jam setengah 7, langsung aje gue dan rombongan masuk dan ngetake-in tempat di tengah biar bagus viewnya. Huwaaaaa mantep banget yee panggungnya, bener-bener spektakuler!! Kalo udah begini sih gak mungkin kalo gak foto, hehe. Beneran bagus tuh panggung. Kalo mau digambarin, ada 3 level panggung dan di kiri kanan serta tengahnya ada bentuk segitiga menyerupai piramid. Entah kenapa, gue ngeliatnya kaya hamparan padang pasir dengan piramid di mana-mana, eh ini kalo lampunya belum nyala loh ya.



Acara di mulai sekitar jam setengah 8, openingnya mantep! Tiba-tiba ada kobaran api muncul di panggung, hangatnya berasa banget sampe di tempat gue nonton. Takjub gue juga! Lighting dan musiknya luar biasa. Di sepanjang pertunjukkan, panggung dan monas dihiasi dengan warna-warni yang berasal dari sorotan lampu. Gile banget monas jadi ada motifnya gitu. Oiya lightingnya ini juga kadang punyua arti tertentu, ada di satu scene yang lightingnya itu kaya rumah/joglo, mungkin gak banyak yang ngeh sih. Terus juga beberapa kali laightingnya menembus angkasa!!

Nah yang ini ada yang sadar gak bentuknya kaya rumah?


Menembus Angkasa


Kalo musik gak usah ditanya deh, luar biasa pokoknya!! Om Erwin Gutawa dengan apiknya memadukan orkestra dengan alat musik khas Betawi, Seru! Musik yang dimainkan juga gak asing di telinga gue yang notabene anak Betawi tulen. Misalnya aja lagu “sim sim terimarima kasim sim, simpak daun rambutan tan…” atau “Wak Wak Gung”, hoho nostalgia gitu gue.

Satu hal yang sangat gue suka adalah gimana para pemain berakting sambil bernyanyi, gileeee suaranya mantep semua!! Gue juga selalu takjub dengan dialog-dialog yang didendangkan, syahdu! Di pagelaran Ariah, menurut gue hampir semua pemeran inti bervokal prima, terutama Emak Emper, Tuan Mandor, Oey Tambah Sia dan Ariahnya sendiri. Sebenernya ada satu pemeran sih yang kurang oke vokalnya, Bang Juki, menurut gue kurang aje, gak prima kaya yang lain.

Nonton Ariah bener-bener berasa gue lagi di lingkungan rumah gue, Betawi banget, hehe. Bener-bener kentel deh Betawinya. Terharu gue, budaya asli Betawi disajikan demikian megahnya. Satu scene yang menurut gue menarik adalah ketika ada tiga orang laki yang ngelenong, banyolannya segerrrrrr. Kalo masih inget “Pepesan Kosong”, nah mirip-mirip gitu deh. Scene lain yang menurut gue menarik adalah pas Oey Tambahsia keluar, gile “wah”nya berasa banget. Oey Tambahsia keluar diiringi dengan naga raksasa berwarna emas yang menambah kesan megah, baju yang dikenakan Oey Tambahsia juga mantep. Jubah hitam panjang dengan hiasan kepala yang semarak, bayangin aje penganten pake gaun dengan buntut super panjang dan di kepalanya pake suntiangnya penganten Minang, Heboh yeee? Ternyata eh ternyata, Oey Tambahsia ini diperankan oleh Tobing, temen seangkatan sejurusan gue waktu kuliah, hohoho mantap, jadi ikut bangga gue! Tobing si pria berparas Papua bermarga Batak berperan sebagai orang Cina, keren!! Btw, udah mulai punya peran oke nih Bing, pagelaran berikutnya semoga bisa jadi pemeran utama yee. Undang-undang Bing kalo ada pagelaran lagi *semoga dibaca Tobing*.

3 Lenongman
Tobing sang Oey Tambahsia

Terus terngiang gue sama kespektakuleran pagelaran Ariah, beneran mantep. Sayangnya, ada beberapa hal yang menurut gue masih kurang. Gue gak sengaja nemu twitannya Joko Anwar tentang Ariah, dan gue mengamininya. “Pertunjukan ARIAH tadi malem megah, sayang skripnya tidak seambisius panggungnya” _Joko Anwar_ Sebelum nonton Ariah, gue sempet nanya ke 2 orang temen yang udah nonton malem sebelumnya. Keduanya punya pandangan yang sama, menurut mereka ceritanya kurang oke. 1 orang temen gue membandingkan dengan pagelaran Matah Ati dan yang lainnya membandingkan dengan Musikal Laskar Pelangi, terlalu sederhana cerita Ariah menurut mereka. Ketika gue nonton langsung, haha bener banget! Pas kelar pertunjukan yang terlintas di benak gue “Udah gitu doang ceritanya?”, hehe. Beneran ye Ariah yang kaya akan kemegahan namun terlalu sederhana dari segi cerita. Gue bukan orang yang paham banget soal seni pertunjukan sih, tapi gue juga udah beberapa kali nonton hal ini, jadi gue bisa sedikit membandingkan. Bisa dimaklumi sih sebenernya hal ini, persiapan pagelaran ini sangat singkat dan waktu untuk risetnya pun sedikit. Selain itu, waktu pagelaran yang relatif singkat, sekitar 90 menit, memang agak sulit untuk menyajikan cerita yang kompleks dan dapat diterima oleh semua orang dari berbagai kalangan, suku dan usia.

Kekurangan kedua adalah dari segi tarian. Mungkin karena Rabu malam sebelumnya gue nonton Krida Budaya in Concert, jadi gue masih terbayang gimana tarian dengan detil yang bagus. Menurut gue di pagelaran Ariah, ketika segerombolan orang menari berbarengan itu belum maksimal. Banyak timing yang gak pas, skill individunya juga gak merata. Btw, gue juga bukan orang yang mengerti banget dengan tarian loh ya, gue hanya menilai berdasarkan perbandingan dengan yang pernah gue saksikan. Mungkin emang yang gue perbandingkan gak aple to aple kali ya, secara anak-anak Liga Tari Krida Budaya UI bener-bener fokus dengan tarian jadi basic skill dan detil tarian bener-bener diperhatikan. Bukan masalah besar sih sebenernya, tapi mungkin lebih bagus lagi kalo para penari di Ariah bisa menari lebih rapi lagi. Tapi gue salut sih sama mereka, bisa nari di panggung yang miring pake lari-larian pulak, staminanya joss!!

Di luar itu semua, Ariah memang keren. Salut buat Om Jokowi yang bisa menggelar pagelaran yang sedemikian hebatnya. Warga Jakarta jadi lebih mengenal Betawi lebih dalem, rakyat biasa kaya gue juga bisa menikmati pagelaran berkelas dunia, daaaaaan Monas jadi punya fungsi lain yang lebih oke.

Nih gue kasih beberapa penampakan monas yang spektakuler yang sempet ketangkep kamera HP gue:
















Ini juaranya!!

Selamat buat semuanya ya!! Semoga akan ada lebih banyak lagi pagelaran serupa di kemudian hari.. Amiin.