Krida Budaya in Concert: Ngantuk di Awal, Menggelegar di Akhir


.

Hohoho gak berasa udah mau Ramadhan aja, Alhamdulillah masih diberikan kesempatan untuk bernafas sampai sekarang.

Ngomong-ngomong soal Ramdahan, tetiba ada serentetan pagelaran yang wajib gue saksikan. Rentetan itu di mulai dari kemaren malem (270613), Krida Budaya in Concert. Pagelaran ini diadakan oleh Liga Tari Mahasiswa Universias Indonesi Krida Budaya (sebut saja Litar UI) dalam rangka gelar pamit untuk misi kebudayaan yang akan mereka ikuti Juli nanti di Hungaria, Rumania dan Serbia. Pagelarannya sendiri diadakan di Graha Bakti Budaya Taman Ismail Marzuki, as always.

Gue dapet info mengenai acara ini dari twitan salah seorang temen. Gue yang emang suka dengan Litar UI langsung aje ngajak si Neng buat nonton, pasti maulah doi mah, kami memang sama-sama penggemar pagelaran soalnya. Langsung cari info tiket, Alhamdulillah tiketnya cukup terjangkau, 50 ribu – 100 ribu saja. Gue sempet nawarin ke mertua dan adek ipar (yang juga doyan nonton pagelaran), tapi mereka bilang gak bisa, yowis gue beli hanya 2 tiket saja.

Tiket


Sebenernya gue dan si Neng gak ada hubungan apa-apa sama Litar, tapi entah kenapa setiap mereka gelar pamit kami sangat bergairah untuk nonton. Sebenernya di UI ada beberapa grup tari tradisional, yang gue tau ada 3 lagi sih yang masing-masing mewakili fakultas, gue juga beberapa kali sempet nonton penampilan mereka. Menurut gue, dari kesemuanya Litar UI lah yang paling layak tonton. Litar UI unggul dari segi basic dan teknik menari, konsep dan jenis tarian juga mereka jauh di atas yang lain. Bukan berarti yang lain gak bagus, tapi Litar UI emang yang paling bagus. *no offense*

Kemaren gue sengaja gak bawa motor ke kantor lantaran tetiba adek dan Enyaknye si Neng mau ikutan nonton juga plus Babehnya si Neng juga kebetulan lagi ngajar di ISTN Cikini, jadi yaaaaah berarti pulangnya gue dan si Neng ada barengan. Pas kemaren siang, tiba-tiba si Neng bilang kalo badannya anget dan kepalanya pusing. Si Neng akhirnya pulang cepet dari kantor dan langsung ke rumah Yangkung di Percetakan Negara buat istirahat, sengaja ke sana biar deket kalo mau ke TIM.

Buku Acara

Setelah pulang kantor gue nebeng temen sampe stasiun Kalibata lanjut naek kereta ke Cikini abis itu jalan kaki ke TIM. Di tengah jalan gue dapet kabar dari si Neng kalo doi masih gak enak badan dan gak memungkinkan untuk nonton, yaaaaah… Langsung males gitu gue karena gak bisa nonton bareng si Neng. Berhubung tiket udah dibeli, jadi yaudahlah yaaa. Ternyata eh ternyata, Enyaknye si Neng belum beli tiket dan tiket gak bisa beli on the spot, jadi tiket buat si Neng dipake Enyaknye si Neng. Jiaaaaah, malah nonton sebelah-sebelahan sama Enyak mertua.

Acara baru mulai jam 8 lewat 10, sepertinya sih ngaret dari waktu yang ditentukan. Satu yang jadi sorotan gue adalah….. penontonnya dikit banget!! Kurang woro-woro apa gimana ya? Sayang banget, kursi kosong bertebaran di mana-mana.

Acara dimulai dengan sambutan dari segambreng orang, ada 5 atau 6 orang gitu *mulai ngantuk*. Kelar sambutan super panjang, acara dilanjutkan dengan pemutaran video. Satu lagi kritikan gue, layarnya super kecil, jadi penonton gak nangkep apa pesan dari video yang ditayangin, termasuk juga tulisan-tulisan yang bermunculan *makin ngantuk*. Kelar video, mulai deh tarian pertama *akhirnya*. Tari penyambutan dari Palembang, Selik Tubu. Bagus dan mewah, pakaiannya juga semarak, cuma emang kurang menggebrak aja jadi ngantuknya masih berasa. Sebelum tarian kedua dimulai, ditayangin video lagi, wawancara dengan seseorang  mengenai asal-usul tarian yang mau ditampilkan, lagi-lagi gak jelas apa yang dibicarakan *ngantuk memuncak*. Ternyata tari yang mau ditampilkan adalah tari Beliant Lawangan asal Kalimantan. Tariannya bernuansa mistis gitu, dengan musik yang juga mistis dan gerakan yang lambat maka sukseslah gue tertidur. Beneran loooh gue tidur. Sebenernya dua tarian di awal ini sama sekali gak buruk, cuma mungkin efek acara yang ngaret, sambutan segambreng dan video yang gak jelas membuat gue kalah melawan kantuk *sayang sekali*.

Lagi enak-enak tidur, tetiba gue dikejutkan dengan tabuhan alat perkusi yang menggebrak. Hoooo Rampak Doi, 5 orang pemain musik naik ke panggung dan secara atraktif memainkan alat masing-masing. Langsung seger deh gue. Di setiap gelar pamit Litar UI, pasti selalu ada acara ini, sepertinya untuk memberi jeda waktu bagi para penari untuk ganti baju. Soalnya dari sekian banyak tarian yang ditampilkan, penarinya itu-itu aje. Kebayang yeee gimana hebohnya di belakang panggung, udah baju yang dipake juga gak simple, banyak printilan ribet dari kepala sampe kaki. Manteplah pokoknya buat time managementnya.

Mulai dari Rampak Doi sampe akhir acara gue gak tidur lagi, mata gue segerrr seketika, tertawa dan takjub sampe akhir acara. Oiya di tengah-tengah acara ada selingan adegan yang kocak, jadi ada tokoh bernama Amoy dan 4 “Aunty”nya yang masing-masing punya karakter berbeda. Kelakuan dan dialog yang mereka lontarkan beneran kocak. Oiya Amoy ini diperankan sama Tanti, kalo gue gak salah, di gelar pamit tahun 2011 nih orang main musik dan jadi tokoh yang kocak juga. Mantep banget nih orang, dengan ukuran tubuh yang ‘beda’ dari penari kebanyakan, doi sangat lincah dan mantap dalam menari.

Ada dua tarian dari suku gue, Betawi, yang ditampilkan, hohoho *sukuisme*. Burung Hong dan Selendang Dendang. Seperti biasa, tarian Betawi itu meriah dengan baju aneka warna dan goyang pinggul yang aduhai, hehe. Terus juga ada satu tarian dari 4 orang auntynya Amoy, kayaknya mereka itu alumni Litar UI yang khusus tampil buat menyemarakkan gelar pamit ini.

Salah satu tarian yang diambil dari tempat gue duduk

Tarian dari Betawi kelar, lanjut tarian dari Sumatra, Zapin Ramadhan, yang juga gak kalah menarik. Terus abis itu permainan musik Manuk Dadali yang juga digunakan untuk memberi jeda waktu bagi para penari untuk ganti baju sebelum tarian pamungkas.

Tarian pamungkas dari pagelaran ini adalah Nalak Padi asal Sumatra Barat. Pernah liat tarian di mana penarinya menjinjing bakul di atas kepala dan dijaga keseimbangannya dengan menggunakan kain panjang? Pokoknya menarik deh tariannya. Tarian ini menceritakan tentang wanita Minangkabau setelah memasak dan menyajikan piring sebelum mereka makan. Jadi pas di tengah tarian, penarinya menyusun piring membentuk lingkaran terus mereka berjalan keliling nginjek piring-piringnya. Mantap!!

Ini dia yang gue maksud

Btw, ini bukan penampilan Litar yang kemaren, gue ambil dari Youtube

Nah, jalan ngelingker nginjek-ngeinjek piring.


Pokoknya Litar UI emang mantep!! Teknik tarian dan basic skill tiap orangnya oke, individual movementnya juga bagus, tarian rapi dan timingnya mantep!! Selamat ya buat kalian, semoga lancar misi budayanya di Eropa Timur sana..

2 Responses to “Krida Budaya in Concert: Ngantuk di Awal, Menggelegar di Akhir”

  1. Unknown says:

    Hai kak aku vichi liga tari 2010.

    Senang sekali rasanya baca cerita kakak mengenai konser kita 2 tahun kemarin.
    Sekedar informasi, kami akan mengadakan konser lagi di tahun ini pada bulan mei, berikut informasinya:

    "Karena salah satu nikmat terbesar dalam seni adalah berbagi; berbagi keindahan, pesan, dan kebahagiaan."

    Liga Tari Mahasiswa Universitas Indonesia Krida Budaya mempersembahkan

    PANGGUNG KRIDA LOKA
    "Menari Membudaya Indonesiaku"

    Pertunjukan tari dan musik tradisional Indonesia dengan dukungan audiovisual yang dikemas secara spektakuler.

    Penata Artistik: Tom Ibnur
    Asisten Penata Artistik: Elivia Mirzarani
    Penata Musik: Anusirwan
    Asisten Penata Musik: Sukarsa

    Kolaborasi dengan Adra Karim (Musisi Jazz), Niniek L. Karim, dan Drs. AG. Sudibyo, M.Si.

    Tempat:
    Soehanna Hall, The Energy Building
    SCBD, Sudirman, Jakarta.
    22 - 24 Mei 2015
    *Jumat, 22 Mei 2015
    20.00 - 21.30 WIB

    *Sabtu, 23 Mei 2015 13.30 - 15.00 / 16.30 - 18.00 / 20.00 - 21.30

    *Minggu, 24 Mei 2015 13.30 - 15.00 / 16.30 - 18.00 / 20.00 - 21.30

    Undangan-donasi:
    VVIP : min Rp. 750.000
    VIP : min Rp 500.000
    Kelas 1 : min Rp 250.000
    Kelas 2 : min Rp 100.000

    Pemesanan undangan:
    Sherly : 082233111020/527E9559
    Ulfah : 085810490941/7D283BE7

    Jadilah SAKSI karya kami bagi bangsa Indonesia dan DUNIA dalam Krida Loka 2015
    Salam Budaya!

    Info lebih lanjut:
    Twitter/instagram: @kridabudaya
    Website: www.kridabudaya.com/kridaloka
    FB Fanspage: Liga Tari Mahasiswa UI Krida Budaya

    Berharap mas bisa menonton konser kami kembali.
    Terima kasih. Salam,
    vichi

  2. Andrian says:

    Wah menarik banget pasti acaranya, tapi sayang banget akhir Mei saya udah jadi suami SIAGA, istri menjelang lahiran soalnya..

    Sukses ya acaranya, semoga bisa nonton pertunjukkan Litar di lain waktu.