PangeRandom: #13 Keluarga Ibu Atau Keluarga Bapak?


.

Ada gak di antara kalian yang deket dengan keluarga baik dari pihak ibu maupun dari pihak bapak? Pasti ada aja sih, cuma gue yakin jaraaaaaaang banget. Selama ini sih yang gue temui, kecendrungannya pasti seorang anak itu deket dengan keluarga salah satu pihak aja, kebanyakan sih keluarga dari pihak Ibu. Hal ini juga berlaku bagi gue dan si Neng.

Kenapa tiba-tiba gue ngomongin beginian? Jadi pas gue ke Belendung kemaren, ada satu kejadian yang bikin gue terus mikir. Ncing Titin (adeknya si Enyak yang udah sering gue ceritain) kan mau pulang kampung ke Cianjur (sedikit info, Ncing gue ini anak bontot, doi satu-satunya dalam silsilah keluarga Enyak gue yang nikah sama orang di luar Betawi. Waktu doi nikah, Engkong gue udah meninggal, jadi doi gak masalah nikah sama orang yang kampungnya jauh *kasian ye Enyak gue dan saudaranya yang lain? Wajib nikah sama orang Betawi di sekitar Belendung*). Balik ke cerita Ncing Titin, jadi pas doi mau pulang kampung di hari kedua lebaran, anaknya gak ada yang mau ikut. Anaknya yang pertama gak mau ikut karena gak rela ketinggalan maen sama temen-temennya. Anak kedua Ncing Titin ikutan kakaknya, juga gak mau ikutan. Nah anaknya yang ketiga yang baru berusia 5 tahun juga ikutan kedua kakaknya. Melihat ini semua, kontan suaminya Ncing Titin ngamuk, intinya doi kecewa karena anaknya gak ada yang mau diajak ke kampung halamannya di Cianjur. Abis deh tuh anak pertama dan keduanya diomelin, nah anak terakhir karena masih kecil jadi dipaksa buat ikut.

Gimana dengan gue? Kayaknya gue melakukan hal yang lebih parah dibandingin sama anak-anaknya Ncing Titin deh. Gue dari bayi sampe kelas 2 SD dibesarkan di lingkungan keluarga Enyak gue. Waktu itu keluarga gue masih numpang tinggal di rumah Engkong gue dari pihak si Enyak. Nah pas kelas 2 SD, keluarga gue pindah. Pokoknya waktu itu Babeh gue udah punya rumah sendiri di lingkungan keluarga si Babeh. Gue ikutan pindah waktu itu, tapiiiiii hal itu gak bertahan lama. Gak sampe 2 bulan, gue udah tereak ga betah, gue minta balik ke rumah yang lama. Gak tau kenapa, gue gak betah dan gak sreg aje tinggal di lingkungan keluarga Babeh gue. Akhirnya Enyak Babeh gue merelakan gue untuk tinggal bersama Nyai (nenek) dan Ncing Titin. Gue tinggal bersama mereka sampe gue lulus SMA. Kasian ya Enyak Babeh gue, anaknya gak mau tinggal bersama karena gak betah dengan lingkungan sekitar. Beneran deh dulu gue gak mikir sejauh itu, pokoknya gue ga betah jadi gue tetep mau tinggal di lingkungan keluarga enyak gue, titik. *Egois*

Nah kemaren si Neng nakut-nakutin gue dengan berujar:
“Hayoooo loh Abang, nanti anaknya kayak anaknya Ncing Titin yang gak mau diajak ke kampung bapaknya. Ntar anak Abang juga gak mau diajak ke Belendung loooh!”

Oh demm, gue langsung panik seketika, apalagi kalo inget yang udah gue lakuin ke Babeh gue. Haaaa semoga karmanya gak berlaku!! Aiiiiihmateeee.... Kagak kebayang gue kalo sampe anak gue nanti kagak mau kalo gue ajak ke Belendung. Baik-baik ya Nak, jangan kau ikuti jejak Bapakmu ini..