PangeRandom: #6 Dodol Betawi


.

Masih tentang kepulangan gue ke Belendung kemaren, jadi selain buat nganter pesenan uang receh, gue ke Belendung juga dalam rangka ngambil pesenan temen kantor gue. Temen kantor gue mesen makanan yang pernah gue bawa ke kantor, setelah nyicipin doi langsung tergila-gila. Makanan itu adalah dodol, tepatnya dodol Betawi.

Ketika gue mantenan, keluarga gue ngasih seserahan dan salah satunya adalah dodol Betawi. Gak disangka, dodol ini sangat digemari keluarganya si Neng termasuk si Nengnya sendiri. Temennya si Neng, Doni, yang sempet nyobain juga langsung ketagihan. Akhirnya ketika bulan lalu gue balik ke Belendung, gue bilanglah ke Enyak gue buat bawain dodol Betawi. Ketika itu gue dibawain seloyang dodol seberat 4 Kg, banyak yang pasti. Gak sampe seminggu langsung ludes loh! Dodolnya sempet gue bawa ke kantor dan semua yang nyoba pada doyan, akhirnya mereka nitip deh kalo gue balik ke Belendung lagi.

Ini dodol kemasan 4 Kg

Menurut gue sih, dodol Betawi ini emang paling juara rasanya dalam dunia per-dodol-an. Pokoknya paling enak deh diantara dodol yang lainnya, hmmm mungkin tergantung siapa yang bikin juga kali yaaa.

Ini kemasan yang 1 Kg

Gue inget banget waktu jaman gue kecil, setiap mau lebaran, orang sekampung gue pada gotong-royong bikin dodol Betawi ini. Kalo yang belum tau, bikin dodol Betawi ini membutuhkan waktu dan tenaga yang ekstra. Meeeeeen selama 7 – 8 jam tuh dodol mesti terus diaduk, udah gitu sekali bikin gak sedikit pulak! Kalo yang gak biasa mah bisa copot kali lengannya, *lebee*. Biasanya dulu itu kalo mau bikin dodol, orang sekampung yang mana sodaraan semua pada patungan buat beli bahan-bahannya. Nah nanti bahan-bahannya itu dikumpulin di satu tempat, kaum ibu yang bertugas bikin adonan semuanya yang kemudian ditaro di kuali yang segede gaban. Setelah adonan jadi, baru deh kaum bapak yang bertugas mengaduk secara bergantian selama 7 – 8 jam nonstop! Kalo udah jadi, tuh dodol bakal dibagi-bagi ke semua warga yang nyumbang, porsinya sesuai berapa besar sumbangannya. Bener-bener kerjasama deh, gotong-royong dan rasa kekeluargaannya terus terjaga. Oiya istilah bikin dodol Betawi di kampung gue itu disebut Ngaduk.

Nih gambaran serunya ngaduk dodol



Saat ini di kampung gue, Belendung, yang bikin dodol ini udah mulai jarang, bahkan bisa dibilang udah hampir punah. Gue juga merasa kehilangan momen-momen itu, terus juga kangen gimana serunya makan dodol buatan keluarga sendiri. Untungnya saat ini masih ada beberapa pengrajin dodol Betawi yang masih bertahan. Jadi biar kata suasananya udah gak bisa dirasain lagi, paling gak rasa dodol Betawi yang maknyus itu masih bisa gue nikmati. Ada yang mau?