5 cm


.



Satu lagi film yang disadur dari novel gue tonton, yup sebuah film yang diangkat dari novel karya Donny Dhirgantoro, ‘5cm’. Sebenernya ini novel lama, sekitar tahun 2005 keluarnya, tapi gue baru sempet baca beberapa bulan yang lalu *telat yeeee*. Pas baca, menurut gue ‘5 cm’ merupakan novel yang sangat menarik. Penokohan yang kuat, quotes yang tersaji sepanjang novel, suntikan semangat dan rasa cinta tanah air yang begitu besar, keyakinan dan tekad yang bulat dalam meraih mimpi, sesekali diselingi dengan lawakan yang ga garing, itu beberapa hal yang gue tangkep dari novel ini. Pokoknya layak baca deh novel ini.

Ketika gue tau kalo novel ini mau difilmkan, jujur gue sangat menantikannya. Penasaran aja gimana kalo kelima tokoh ini divisualisasikan. Akhirnya tadi malem (181212) kesampean juga buat nonton. Gue nonton sama si Neng di Plaza Depok, kan ceritanya mau TORENGHEM (nonTOn baRENG HEMat, *maksa). Cuma 15 rebu meeen harga tiketnya, lumayanlah buat alternatif nonton disaat mendekati akhir bulan begini.

Oiya buat yang belum pernah baca novelnya dan juga belum nonton filmnya, berikut sinopsisnya mengenai ‘5 cm’:
17 Agustus di puncak tertinggi Jawa, 5 sahabat 2 cinta, sebuah mimpi mengubah segalanya”

Genta (Fedi Nuril), Arial (Denny Sumargo), Zafran (Herjunot Ali), Riani (Raline Shah) dan Ian (Igor Saykoji) adalah lima remaja yang telah menjalin persahabatan belasan tahun lamanya. Suatu hari mereka berlima merasa “jenuh” dengan persahabatan mereka dan akhirnya kelimanya memutuskan untuk berpisah, tidak saling berkomunikasi satu sama lain selama tiga bulan lamanya.

Selama tiga bulan berpisah penuh kerinduan, banyak yang terjadi dalam kehidupan mereka berlima, sesuatu yang mengubah diri mereka masing-masing untuk  lebih baik dalam menjalani kehidupan. Setelah tiga bulan berselang mereka berlimapun bertemu kembali dan merayakan pertemuan mereka dengan sebuah perjalanan penuh impian dan tantangan. Sebuah perjalanan hati demi  mengibarkan sang saka merah putih di puncak tertinggi Jawa pada tanggal 17 Agustus. Sebuah perjalanan penuh perjuangan yang membuat mereka semakin mencintai Indonesia.

Sebuah perjuangan atas impian, perjalanan hati yang merubah hidup mereka untuk selamanya.

Terus gimana filmnya kalo dibandingin sama novelnya? Tetep itu pertanyaannya kalo ada novel yang difilmkan. Menurut gue sih seperti yang udah-udah, film ‘5 cm’ yang berdurasi sekitar 2 jam (‘5cm’ aja bisa 2 jam, gimana kalo film ‘1 km’ yaaa?) ini ga sebagus novelnya. Apa pasal? Ada tokoh yang dihilangkan dari novel aslinya, hmmm entahlah itu siapa namanya, lupa gue, hehe.. Pokoknya cowok yang ketika ending menikah dengan Arinda (CYKEMDA), cowok yang mereka kenal ketika naik JIP dari Stasiun Malang menuju Ranupani. Tiba-tiba difilm ga ada, beneran nyariin loh gue tokoh ini, soalnya dengan ketiadaan tokoh ini maka ada beberapa scene yang berubah atau malah dihilangkan.

Ketiadaan tokoh CYKEMDA, membuat ending berubah, jadinya Arinda ama Genta. Hmmm kesannya jadi kaya tukeran gitu dengan Juple dan Riani, bukan swinging sex juga sih (apa coba?), tapi tetep aje menurut gue ini aneh sih jadinya. Scene yang ditiadakan antara lain firasat yang menunjukkan kalo Ian bakal meninggal, misalnya ketika Ian melihat makam dan kebetulan temennya CYKEMDA yang meninggal di Mahameru adalah Andrian (bukan gue pastinya) sama dengan nama lengkapnya Ian. Menurut gue sih scene yang hilang ini bisa menambah keyakinan penonton kalo Ian beneran meninggal ketika tertimpa longsoran batu.

Hal lain yang gue soroti dari film ini juga adalah ketika kecepatan suara melebihi kecepatan cahaya, entah yaa, mungkin karena gue nonton di bioskop murah juga, jadinya kadang ada scene dimana gambarnya kaya delay gitu. Suara duluan yang gue denger baru gerak bibirnya, agak mengganggu sih sebenernya. Terus untuk penokohan masing-masing karakter udah cukup kuat, yang paling kena menurut gue adalah Juple. Pas dengan yang gue bayangkan, yaaah walopun ga ada satu scene pun adegan dimana Juple memperdengarkan suaranya. Tapi gue juga ngerasa ada suatu kekakuan dari masing-masing tokoh, ga ngerti soal dunia per-akting-an sih sebenernya gue, tapi gue ngerasa gimana gitu sama akting tokoh-tokohnya, kecuali Juple deng. Bahkan nih yaaa snapshoot gambar masyarakat aja gue ngerasa ada kekakuan, *sok ngerti yee gue. Kekakuan yang sangat pas menurut gue cuma ketika Arial canggung ketika bertemu Indi pas lagi nge-gym.

Ada beberapa scene yang menurut gue agak maksa. Misalnya pas di Ranukumbolo, ketika mereka lagi ber-api unggun-ria terus ada dialog “Lebih baik di sini, rumah kita sendiri”, setelah itu diliatin langit yang penuh bintang. Waiiiiiiiittt!! Hmm kayaknya gue familiar dengan langit itu. Oh iya gue inget!! Itu kan langit yang di Planetarium, bener gak? Terus satu lagi, pas Ian ngejar kereta, haaaaaa bener-bener gak makesense. Mungkin kesannya biar dramatis kali yee, tapi buat orang yang sering naik kereta? Hmmmm mending ga usah ada deh scene itu. Satu lagi, pendopo yang ada di rumah Arial itu, oh may may, itu pendopo apa pelaminan? Heboh bener!! Taman beserta lampu-lampunya juga udah kaya pesta kebun.

Buset dah gue udah berasa kaya kritikus film aje, hehe kan kaya yang pernah gue bilang, komentar itu kerjaan yang paling enak, padahal mah kalo disuruh bikin kaga mampu. Oiya yang seru dari film ini adalah, humor-humor yang disajikan ga garing dan ga maksa, ga berlebihan juga. Terus lagu-lagunya Nidji yang menemani sepanjang film juga pas menurut gue. Oiya ada adegan yang iconic banget, yaah semacam mengepakan sayapnya Titanic, pas si Juple sama Arinda ngeluarin sebagian badannya dari pintu kereta, mantep tuh buat ditiru.

So, kesimpulannya adalah buat yang belum nonton silahkan nonton biar ga penasaran dan kalo kebetulan udah baca silahkan turunkan ekspektasi Anda terhadap film ini. Biar ga terlalu kecewa dan ga terlalu ngebanding-bandingin antara film dan novelnya.

Oiya ada satu film lagi yang sedang gue tunggu, disadur dari novel juga. HABIBIE & AINUN, hohohoho segera turunkan ekspektasi biar nikmat nonton filmnya.

3 Responses to “5 cm”

  1. This comment has been removed by the author.
  2. damn, si ndun ngeblog pas di kompie gw belum close, mau gak mau kebaca deh nih postingan baru tentang 5 cm. yang nyebelin gw jadi makin penasaran sama tulisan dia tentang film ini,akhirnya baca ampe akhir n dia bener2 di spoil isinya, siaaal :p.

    di detos emang gt, jo. maklum lah murmer kelas mahasiswa, gw malah curiga jgn2 dia pinjem proyektor BEM UI hahaha. tapi buat seru2an okelah tuh tempat.


  3. Ndan.. Ndun.. Nadan.. Ndun.. Hush, orang kantor dilarang nyebut NAMA itu!!

    Lah ngapin deh lu baca nih tulisan? Kaga nyuruh kan gue? *Yesss jebakan gue berhasil*

    Gue nonton di Plaza Depok Tjuyyy bukan di Detos.