Hanimun Bali: Rafting dan Pagelaran (1)

Mumpung ada hasrat, mari cerita tentang hanimun gue sama si Neng, tapi kali ini gue cerita hanimun pertama yang gue lakuin akhir Maret lalu, tepat sehari setelah gue mempersunting si Neng. Sebenernya udah agak basi sih, udah banyak yang lupa juga detilnya, bahkan si Neng udah sempet nulis sebagiannya di sini, tapi tak apalah gue tetep mau pamer berbagi.

Seperti yang udah ditulis si Neng, setelah resepsi dilangsungkan siangnya, gue langsung “menculik” si Neng malemnya. Hoho di rumah si Neng masih rame sama sodaranya, jadi ga akan khusuk malem pertamanya *ngebet*.  Pokoknya setelah selesai beberes, gue langsung pesen taksi buat kabur dari rumah. Kemana kaburnya? Hoho tenang aje, gue udah ngebooking Hotel Pop di deket Bandara seharga 400 ribu-an. Sempet yee gue ngebooking sementara beberapa hari sebelumnya lagi heboh-hebohnya urusan mantenan? Hohoho yang ini gampang aje, ada temen deket gue yang gak bisa dateng pas mantenan gue karena doi mesti ke Solo buat urusan keluarga, maka jadilah gue meng”hukum” doi dengan ngebookingin hotel *picik*, untungnya temen gue iye-iye aje.

Tempat sarapan pagi di Hotel Pop Bandara Soetta, oiya sarapannya dapet nasi uduk sama kopi dan teh.

Hooo malem pertama berduaan doang di hotel itu rasanya… *oke skip bagian ini*, terus paginya *yang ini skip juga deh*. Check out dari hotel setelah shalat Zuhur, terus ke bandara naek angkot Bandara bernama Satya Ardhia, bayar 4 ribu aje udah bisa keliling Bandara dari Rawa Bokor. Gue sama si Neng turun di terminal 2 buat numpang makan. Oiya kami akan naik Air Asia di terminal 3, berhubung gak ada tempat makan oke di sana jadilah terminal 2 kami singgahi. Dari terminal 2 kami naik shuttle bus yang menghubungkan antar terminal di Bandara Soetta, pas naek “loh kok terminal 3nya dilewatin? Lah lah malah ke terminal 1. Edodoe kenapa balik lagi ke terminal 2?”. Ternyata eh ternyata, shuttle bus Bandara itu gak semuanya keliling 3 terminal tapi ada juga yang cuma melayani rute terminal 1 dan 2 aje. Catet yeee, pokoknya liat-liat dulu sebelum naik!!

Ngomong-ngomong, perjalanan kali ini adalah untuk pertama kalinya gue naik pesawat dengan biaya sendiri loooh. Sebelum-sebelumnya kan gratisan terus, entah itu dibayarin kampus, kantor , pemerintah ataupun menang kuis. Rasanya beda banget, rasa bayar!! Tiket CGK-DPS PP buat gue sama si Neng dapet dari promonya AirAsia, sekitar Rp 1.050.000-an, lumayan murah lah ya.

Sampe Bali sekitar jam 4-an, gue sama si Neng langsung nyari Taksi buat menuju hotel. Oiya kami booking hotel Pop di Jl. Teuku Umar Denpasar, harganya 288 ribu per malem, jauh lebih murah dari hotel Pop yang deket bandara Soetta. Btw, akhirnya gue menyadari kalo perjalanan gue kali ini disponsori oleh hotel Pop, mulai di Jakarta sampe di Bali tetep hotel Pop pilihannya *nyodorin proposal sponsorship*. Hotel Pop ini merupakan budget hotel, anaknya hotel Harris kayaknya. Walopun murah, tapi nyaman banget kamarnya, interiornya trendy dan bikin seger.

Seger ye hotelnya.

Lobby tempat gue dan si Neng numpang ngenet

Nih interior kamarnya yang fangkeh dan trendy:

Biar kata gue hanimun ke Bali yang terkenal dengan pantai dan puranya, selama di sana gue dan si Neng sama sekali gak menyentuh pura dan pantai, beneran deh!! Kayaknya tema hanimunnya “Rafting dan Pagelaran”, soalnya selama di sana gue hanya rafting dan nonton berbagai pagelaran.

Buat rafting gue beli voucher di Living Social, harganya 175 ribu buat paket seharga 500 ribu, hoho. Tempat raftingnya di Sungai Ayung, daerah Abiansemal. Jauuuhhhhh tempatnye, tapi tenang aje di Bali penunjuk arahnya cukup jelas. Gue aje yang buta sama sekali jalanan Bali bisa sampe di sana hanya dengan mengandalkan penunjuk jalan dan nanya-nanya ke orang.

Pertama kalinya loh ini buat gue dan si Neng, seru raftingnya!! Sebenernya gak terlalu greget sih, tapi buat pengalaman pertama mah okelah. Waktu itu gue rafting bareng pasangan bulan madu juga yang berasal dari Korea *jauh* dan ditemani seorang guide. Kegiatan ini gue lakuin di hari kedua gue di Bali.

Di tengah track rafting, mampir dulu di warung es kelapa

Ini perahu yang berisi gue, si Neng, pasangan asal Korea dan guide

Kalo pagelaran, total ada 3 pagelaran yang gue dan si Neng tonton. Pertama adalah Kuta Theater Bali, pertunjukkan ini gue tonton di hari pertama. Setelah sampe hotel langsung beberes dan istirahat bentar, abis Magribh baru caw ke daerah Kuta. Letak Kuta Theater ini ada di Jl. Kartika Plaza 8X, Kuta Center, gak jauh dari Waterboom Bali. Kuta Theater ini menampilkan pertunjukkan sulap dengan adegan teatrikal dan diselingi dengan sendratari khas Bali. Tiketnya sendiri seharga 85 ribu, gue beli di Living Social cuma 37 ribu aja dong, hehe.

Ruang tunggu Kuta Theater

Waktu gue nonton itu barengan dengan rombongan tur dari Malaysia, jadi lumayan rame. Buat theaternya sendiri gak terlalu gede, masih gedean juga studio 21. Penampilannya? Hmmm seru sih tapi gak spekta menurut gue, tapi worth it kok kalo dibandingkan dengan harga tiketnya yang cuma 37 ribu aja.

Tiket masuk

Salah satu adegan

Pertunjukkan berikutnya adalah Bali Agung Show di Bali Safari & Marine Park, Gianyar. Gue emang sengaja menyempatkan diri ke Bali Safari & Marine Park, biar bisa nonton pertunjukkan ini. Harga tiket masuknya gue lupa berapa, kayaknya antara 150-200 ribu deh. Gue pesen tiketnya di kantor Perwakilan Bali Safari & Marine Park di Kuta Center, tepat di samping Kuta Theater. Waktu itu ga sengaja juga gue nemunya, berhubung mau ke sana yaudah mampir.

Salah satu spot di Bali Safari & Marine Park

Tiket yang gue beli itu gak hanya buat Bali Agung Show aja, tapi udah termasuk:
  1. Tiket masuk
  2. Safari Journey Trip: keliling Taman Safari dengan kendaraan khas Taman Safari ditemani oleh seorang guide.
  3. Fresh Water Aquarium: Aquarium ikan air tawar, model-model di Seaworld, Ancol.
  4. Animal Educational Show: Pertunjukkan aneka satwa, ini lucu banget dan pinter-pinter satwanya.
  5. Elephant Educational Show: Pertunjukkan teatrikal gajah, ini juga seru!!

Bali Agung Show sendiri berlangsung selama 1 jam dari pukul 14.30 – 15.30 WITA, pagelaran ini menceritakan tentang legenda Jayapangus, seorang raja Bali abad ke-12. Teater tempat pertunjukkannya luar biasa gedaa!! Muat 1200 orang meeennn, panggung megah dan pemainnya sekitar 150 orang. Bener-bener pertunjukkan kolosal yang menawan deh, berkelas internasional lah pokoknya.

Megah yee panggungnya

Kostum mantep, properti niat!!

Setelah dari Bali Safari & Marine Park niatnya gue sama si Neng mau ke Garuda Wisnu Kencana (GWK) buat nonton pertunjukkan tari Kecak, tapi karena udah capek akhirnya lebih milih bikin anak istirahat di hotel deh. GWK akhirnya gue datengin keesokan harinya, hari terakhir gue di Bali. Di GWK gue dan si Neng nonton pertunjukkan tari barong gitu, sempet foto-foto di patungnya juga sih. Gile yee si GWK kalo udah jadi bakal dahsyat banget, gede gilak!!

Udah gitu doang sih perjalanan gue di Bali pas hanimun pertama, akhir Maret lalu, sedikit aje tempat yang dikunjungi biar waktu buat “nganu”nya lebih banyak, hehe..

Cerita lain selama di Bali gue tulis di postingan berikutnya ye.

One Response to “Hanimun Bali: Rafting dan Pagelaran (1)”

1. Anonymous says:

Now that you know the secrets of what to wear for white water rafting in Bali, you’re all set to embark on a thrilling adventure like no other. Prioritize safety and comfort with the right attire, and remember to opt for lightweight, quick-drying fabrics that allow you to move freely.

Before you pack your bags and dive headlong into the adventure, let’s explore the best time to visit Ubud for rafting and make sure you have the most unforgettable experience possible.

In this comprehensive guide, we will explore the different levels of white water rafting experiences in Bali, highlighting some of the best river places for each level.