RDP (PT. Rajna Dasa Prasanna-Marketing Research Office), dimana pundi2 duit gue temuin……


.

Di penghujung 2008 nan cerah, tapi tak secerah kehidupan gue #curcol. Mahasiswa kere yang butuh duit ini secara tidak sengaja diajak seorang teman buat ikutan training di kantor tantenya. Di dorong dengan keinginan luhur untuk hidup layak dan dengan insting masalah perduit-an yang kuat mau ajalah gue diajak. Ga peduli deh itu kantor apaan, pokoknya selama berbau duit gue mah hayoo aja…
Sampe di kantor yang letaknya di Pejaten (dr terminal Ps. Minggu naek angkot 61 turun di 7eleven, RDP di sampingnya) kita langsung di training, tentang profile kantor -yg akhirnya gue ketahui namanya RDP, singkatan dari Ratih Dewanto Purba (klo ga salah)- , core kerjaan kantor dan macem2nya.. pokoknya nih kantor bergerak dalam bidang marketing riset. Jadi kalo misalnya ada suatu perusahaan tertentu mau ngeluarin produk baru, mau ganti kemasan produk, mau bikin suatu kegiatan atau mau evaluasi tentang produk yg dibuat/kegiatan yang dilaksanain perusahaan tersebut minta RDP buat neliti sekarang maunya pasar itu kaya gimana atau gimana tanggepan pasar.. Pokoknya gitu deh,, gue juga baru tau ternyata temen2 gue yang anak FE juga pada dapet mata kuliah Riset Pemasaran…
Kerjaan utama gue di sini sebagai Interviewer dan Recruiter buat FGD kadang ngentry data juga sih, pokoknya yang paling utama dari itu semua adalah gue harus selalu nyari orang sesuai dengan karakteristik yang di minta. Kalo di itung2 sampe sekarang berarti kurang lebih gue udah 2 taun bersemayam di nih kantor,, banyak banget yang udah gue dapet. Yang paling berasa sih duit, lumayan banget yang gue dapet, biasanya 100 -150 rb per responden, bahkan gue pernah dapet 300rb per responden, maknyoss banget gat uh!!? Jumlah responden yang gue dapet juga ga banyak sih, yah paling 8-15 orang.
Gue dipanggil ke kantor setiap ada proyek aja, kadang 2bulan sekali, kadang sebulan sekali bahkan terkadang 3 proyek langsung dalam sebulan. Biasanya setiap proyek ada dua macem, yang pertama itu kuesioner. Klebihan kuesioner itu jatah responden jauh lebih banyak, ngerjain lebih nyantai, tapi jangka waktunya jauh lebih lama otomatis duit yang turun pun jauh lebih lama, terus juga mesti bolak-balik kantor karena sering banget ada koreksi. Yang kedua itu FGD, klo ini enaknya waktu pelaksanaannya lebih pendek, terus pelaksanaannya di Tamnak Thai Resto Menteng, lumayanlah makan di restoran gratis dan juga bisa sekalian jalan2 ke taman menteng. Yang bikin ribet klo FGD itu kita mesti anter jemput dan nungguin responden, jadi kalo ada acara di luar ya relakan saja. Belum lagi susahnya nyari responden yang mau diajak ke suatu tempat buat diajak diskusi. Kesulitan keduanya itu klo udah di suruh nyari responden yang aneh bin ajaib, yah macemnya masyarakat golongan C dan D (menengah kebawah) yang pernah ikut Brand Activation sebuah produk, gue aja baru denger brand activation dari nih kiantor..
Yang gue suka dari nih kantor adalah dia sangat memaintain responden, setiap proyek reward yang dikasih ke resp kaga maen2.. buat kuesioner aja misalnya responden gue dapet seperangkat alat kecantikan sama duit 150 rb, pernah juga bingkisan yang isinya termos (100rbuan) sama payung dan tas, waktu itu malah picnic set buat enyak2. Klo FGD biasanya di kasih duit, range-nya 100-350 rb ditambah produk sponsor dan makan di restoran.. yah ga heran kalo seringkali orang2 yang udah gue jadiin responden minta lagi dijadiin responden. Lumayan banget ga terlalu ngeluarin apa2 tapi dapet banyak gitu, hhe……
Sekarang gue lagi skripsi, tapi gak rela aja gue buat ninggalin nih kerjaan malah niatnya kalo nanti gue dapet kerjaan tetap gue mau setia di kantor ini. Yah selain dapetnya lumayan, kerjaan di kantor juga ga terlalu banyak menguras waktu. Buktinya selama ini gue bisa tetep kuliah dengan lancar dan latihan Marching band dengan lancar juga. Akhir Januari kemaren gue baru aja nyelesaiin proyek yang lumayan gede, gede banget malah. Terus minggu kedua Februari ini gue dipanggil lagi buat proyek FGD yang juga lumayan dan cuma 3 hari doang waktunya.. Alhamdulillah banget deh, semoga walopun gue tetep ikutan riset, Skripsi gue juga berjalan lancar dan bisa lulus semester ini.. Aminn ya 4JJI……..
Oiya buat semua yang punya perusahaan terus mau bikin riset, minta aja jasa kantor gue. Katanya sih kantor gue ini murah banget dibanding kantor riset laennya. *promosi*, yowislah kalo gitu sekarang gue mau nyari lagi responden buat proyek kali ini…haha..