I'm not "Si Doel" anymore


.

Hoaammm lama juga yee gue ga ngepost.. Latarnya adalah setelah kelar dengan hecticnya skripsi, gue disibukan dengan satu hal yang sampe saat ini masih gue anggap menyenangkan: nyari kerja...

Ga pake istirahat atau liburan lagi seperti kebanyakan temen gue, gue langsung tancep gas buat nyari kerja dan segera dapet kerja yang oke setelah urusan perskripsian selesai. Maksudnya sih gue kaga mau kaya Si Doel yang kelamaan nganggur setelah kelar kuliah. Padahal mah nih ya dulu waktu SMA gue mengidolakan Si Doel, gue jadiin doi sebagai acuan, karena doi yang bikin gue tambah yakin kalo seorang betawi juga bisa kuliah, ga cuma bisa jualin tanah warisan babeh ataupun ngkong...

Ngomong2 soal nyari kerja, selama kurang lebih sebulan setengah kebelakang gue disibukkan dengan panggilan interview kerja sana-sini. Pernah dalam satu minggu, gue tes kerja full dari Senin sampai Sabtu dan Hari Minggunya gue ke Jobfair IPB, bahkan pernah juga dalam sehari gue bentrok 3 tes kerja *laku nih yee, ihhiiiyyyy*. Selama masa pengembaraan itu gue udah bisa dibilang sangat akrab dengan berbagai bentuk psikotes, mulai dari deret angkat, numerikal, logika verbal, wartegg (ngelengkapin 8 gambar), pauli dan kreapelin (deret angka yang menyenangkan di atas kertas segede gaban), gambar pohon, gambar manusia utuh, wawancara psikolog, wawancara hrd, sampe wawancara konsultan sekalipun.

Sebenernya di awal pengembaraan, gue udah diterima di sebuah perusahaan yg bergerak dalam bidang saham, gue jadi Coorporat Advisor, udah sempet ikut training dua hari tapi gue langsung caw karena ga suka gue sama kerjaannya. Gue nantinya bakal mengelola duit nasabah, ada aplikasinya namanya metatrade, terus jual beli emas dan komoditi yang lainnya, belakangan gue tau kalo nih perusahaan dikenal juga dengan perusahaan futures. Satu yang bikin males adalah ga ada basic salary, kerjanya cuma nungguin pergerakan jual beli mas.. Yaudahlah ya, mending lanjutin pengembaraan ajee....

Terus di pengembaraan selanjutnya gue sempet hampir masuk salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit nasional yang kebunnya ada di Kutai Timur, Kalimantan Timur dan head officenya ada di Warung Buncit, Jakarta Selatan. Awalnya gue udah sangat sreg dengan nih perusahaan, selain jobdescnya yang gue suka, gue bakal stay di Jakarta dan dalam sebulan minimal sekali gue akan ada perjalanan dinas ke Kaltim *maknyoss kan*. Satu lagi yang bikin gue makin yakin klo ini adalah perusahaan yang tepat adalah karena letak kantornya yang berdekatan dengan kantor di mana selama ini gue jadi freelancer.. Lumayan kan walopun udah kerja tetep gue masih bisa freelance *maruk* hehe... Gue pun mengikuti semua tahap tesnya, mulai dari psikotes I, II, III, wawancara user, medical check-up sampe wawancara direksi. Alhamdulillah gue lolos semua tahap, sampe akhirnya gue ketemu HRD buat nego gaji. Nah disinilah baru gue sadari kalo gue belum berjodoh sama nih perusahaan, salary yang ditawarin belum sesuai dengan yang gue ingin kan.. hmmm sayangnya....

Pengembaraan gue pun berlanjut, alhamdulillah dari pengembaraan panjang itu saat ini gue udah sign kontrak ODP (Operation Development Program) BCA Finance yang programnya akan dimulai 17 Oktober 2011. Sambil menunggu mulainya nih program, gue juga sedang menjalani proses seleksi PPS (Program Pengembangan Staf) BRI. Alhamdulillah gue lolos hingga tahap wawancara akhir, semoga gue bisa lolos sampe bisa beneran gabung di BRI....