.P.E.R.A.N.


.


Pernah mengenal seseorang dalam dua tempat yang berbeda dengan peran yang berbeda dan penempatan diri yang berbeda? *belibet yee* Gue pernah. Gue kenal sama temen di sebuah organisasi, sebut saja nama orang itu Duri (bosen dengan mawar). Umurnya sih cukup terpaut jauh sama gue, meskipun demikian kami cukup klop. Duri dengan umurnya yang bisa dibilang mateng tapi mempunyai visual yang (nampaknya) ga ada mateng –matengnya, sedangkan gue kebalikannya, di umur gue yang early 20 ini visual gue udah…. Hmm ga usah disebut deh *curhat*. Selama 4 tahun lebih gue kenal Duri di organisasi itu, yang gue tangkep adalah Duri sebagai sosok yang periang, temen gue berhahahihi, temen lawak gue, temen beryayayeyey ria, tempat gue curhat masalah kegetiran hidup tapi tetep dibalut dengan lawakan. Pokoknya cukup menyenangkanlah. Oiya satu lagi, Duri juga demen begaol sama anak2 yang umurnya jauh di bawah doi, kurang tau sih apa motifnya, yah anggap saja sebagai ajian buat nambah lama masa mudanya, *ati-ati aja pas sadar, taunya udah jadi nenek* ehehe.. pisss…..
Karena sering bertukar cerita, gue jadi tau bagaimana perangai Duri di kantornya. Bussyyyeeeennnggg jauuuhhh beda, pokoknya 540 derajat deh bedanya. Btw, doi kerja sebagai chief editor disebuah penerbitan yang foKus ke buku-buku yang berat, pokoknya kaga ada tuh buku-buku komedi ataupun teenlit dalam kamus mereka, “Kepulauan Nusantara” dan “Toba Nasae” salah dua model buku yang diterbitin. Balik lagi ke perangai, Duri sebagai kepala maka doi juga bersikap bagaimana layaknya seorang kepala, wuiihhh sangar meeennn. Bos aje bisa dilawan, apalagi gue *siapa gue?* Duri juga sering cerita kalo doi sering banget marahin anak magang dikantornya, ditol*l2inlah pokoknya. Mecat orang apalagi, udah kaya sarapan bulanan kayaknya, hhe… Duri juga pernah bilang kalo doi sering banget nyorat-nyoret plus ngelempar tesis maupun disertasi orang2 karena (kasarnya) gak layak diterbitin, songong banget dah padahal doi aja belum pernah ngerasain bikinnya.
Sampe disini gue bersyukur karena gue mengenal Duri di organisasi itu, coba aja kalo gue mengenal Duri di kantor tempat doi kerja. Wuiiidiiihh, bisa tetep cekakakcekikik gak ya? Hmmm, mungkin aja doi ngomel terus gue pancing biar ga jadi. Haha kaga kebayanglah kalo gue kenal Duri dengan sosok yang beda dengan yang saat ini gue kenal. 
Selain Duri ada satu lagi orang yang gue kenal yang kasusnya sama kaya Duri, sebut saja doi Esena. Gue kenal di organisasi di mana gue mengenal Duri. Esena yang gue kenal adalah Esena yang *susah deskripsiinnya*, hmm pokoknya doi berbaur dengan semua, baik hati, tidak sombong, gemar menabung dan taat berlalu-lintas (bener kan ya mbak Esena?), hhe.. Gue jengjeng banget (apa coba?), pas ada temen gue yang junior doi dikampus cerita tentang gimana sosok Esena di kampus.. Super uwooww lah, Esena orang yang sangat disegani dan dihormati, bahkan sama juniornya yang beda satu angkatan. Ketika gue berkenalan dengan seseorang yang ternyata adalah junior Esena di SMA, tambah tercengang gue, betapa uwownya sosok Esena di SMAnya, bahkan sampe sekarang ketika udah lebih dari 6 tahun doi meninggalkannya. Di organisasi terbesar di kampus, doi juga merupakan someone yang sangat berpengaruh, paling ga itu yang gue denger dari temen gue yang juga anggota organisasi itu. Esena sering ngasih materi buat calon anggota organisasi tersebut, bahkan doi juga termasuk tim fit n proper test buat calon ketua dan wakil ketuanya (yang ini kalo gak salah, hhe).
Nah yang gue amaze adalah gimana Esena bisa menempatkan diri ketika doi berada di organisasi dimana gue mengenalnya. Esena seolah-olah melupakan semua peran doi di luar. Gue rasa kalo gue dan temen-temen organisasi gue yang notabene jauh di bawah doi dalam tingkat kesenioran mengenalnya di tempat lain pasti bakal rada sungkan buat bergaul sama Esena, yah paling ga gak akan seintim saat ini. Oiya gue sempet menyinggung masalah ini sih ke Esena langsung, menurutnya ia memang menempatkan dirinya sesuai peran dimana dia berada *triing*, bener banget peran lebih tepatnya peran sosial, yah kaya yang diajarin dalam ilmu Sosiologi. Dari yang pernah gue pelajari, dapat disimpulkan bahwa setiap orang punya banyak peran dalam hidupnya dan orang tersebut harus menempatkan dirinya sesuai peran dimana dia berada. Menurut gue Duri dan Esena adalah salah dua contoh yang oke banget menempatkan dirinya sesuai peran di mana dia berada.

*Info (yang semoga) penting: sebenernya nih tulisan udah lama banget pengen gue tulis, tapi baru saat ini kesampean. Oiya satu lagi, kantor gue sekarang ngeblokir situs blogger jadi gabisa lagi deh ngepost dari kantor, padahal kalo ga diblokir mungkin aje bakal sering ngepost, hhe……..

2 Responses to “.P.E.R.A.N.”

  1. Tweetless. Kenapa gw DURI?! Gw senusuk itukah? Dan si cwe anak seribu organisasi itu dapat nama telenovela yang lebih manis: Esena.. semacam Esmeralda atau Estaurina. Ah ga relaaa!

  2. haha nusuk banget pan lu orangnya wah, liat aja tuh temen lu yang hpnya lu bajak terus lu suruh beli bb baru..hadeuuhh... Duri.. duri...