Battery Dance Company: Dancing to Connect


.



Wew ga terasa yee, udah dua minggu aje gue menyelami rimba “dunia nyata” ini, hmm belum ada yang spesial sih. Yah namanya juga anak baru, belum ada kerjaan juga komputer, jadilah dua minggu kemaren gue hanya belajar, belajar dan belajar.. Oiya ternyata jobdesc gue berubah, yang tadinya payroll sekarang jadi nanganin SOP (Standard Operating Procedure) dan internal memo sama bantuin GA (General Afair) juga sih, soalnya staf GA-nya belum ada. Intinya kerjaan gue saat ini masih terus mempelajari SOP-SOP dari perusahaan lain, baik itu perusahaan perkebunan maupun yang non perkebunan, juga ngurus SOP yang lagi dalam proses serta sesekali bantuin temen sebelah kabin yang lagi disibukkan dengan project ERP (Entreprise Resource Planning).
Di tengah ketiadakerjaan (ngasal) gue di kantor, Senin malam kemaren (10 Okt) gue sama si Neng dan keluarganya nonton pertunjukan Battery Dance Company di Teater Besar Taman Ismail Marjuki. Enyaknye si Neng dapet tiket gratis gitu, jadilah gue diajak nonton bareng, asoynyee... Pertunjukan ini kayaknya merupakan serangkaian acara yang diusung US Embassy, soalnya di sebelah TIM yang tak lain dan tak bukan adalah IKJ (Institut Kesenian Jakarta), juga lagi ada acara dari US Embassy, namanya Carl Arts bentuknya workhshop animasi gitu.
Awalnya gue kira Battery Dance Company, semacam pertunjukan tari yg diiringi live music battery percussion, atau nari sambil maen music, tapi ga ternyata. Pertunjukan ini full dengan tarian, yaiyalah ya namanya juga Battery Dance Company bukan Battery Band Company. Ada 5 penari yang kesemuanya juga merupakan koreografer, yaitu: Sean Scantlebury, Bafana Solomon Matea, Carmen Nicole Smith, Mira Bai Cook, dan Robin Cantrell. Mereka semua penari handal nampaknya, soalnya keliatan banget dari kualitas semua tarian yang mereka bawakan. Sebenernya sih pertunjukan ini cukup menarik, mungkin belum familiar aja kali yee di mata gue, maklum masih lokal abis idup gue, hehe.. Ada satu tarian yang menurut gue paling menariknya, yang nari 4 orang (minus Robin kalo ga salah) terus musiknya bikin sendiri. Jadi ada sebuah alat yang bisa ngerekam suara setiap orang. Misalnya, seorang penari nyebut dungdungdem..dungdungdem.. ntar tuh alat terus ngulang bunyi itu, terus penari lainnya bilang syubidup pap..syubidup pap.. pokoknya begitu terus sampe menghasilkan bunyi akapela yang cukup apik. Selain itu juga tariannya dibawakan dengan gaya komedi teatrikal (tambah ngasal), haha pokoknya gesture badan sama mimik muka penarinya ngundang banget buat ketawa..
 Kalo gue boleh jujur, entah kenapa gue jauh lebih tertarik pas liat konser pelepasan Liga Tari UI maupun Kencana Pradipa Psikologi UI. Buat gue tarian tradisional Indonesia jauh lebih menarik buat dinikmati, selain ragamnya yang banyak, tariannya juga ngebuat mata enggan beranjak.
Satu yang paling yahuud dari pertunjukan ini adalah gue duduk dijajaran bangku (yang bisa dibilang) VIP, hoho jadi inget waktu nonton Musikal Laskar Pelangi, di mana gue duduk di lt. 2 pojok belakang kanan dan selalu menatap penuh keinginan untuk bisa duduk di bangku jajaran depan. Rasanya lebih negla aja, muka penarinya lebih keliatan dan jelas.
Ngomong-ngomong by the way nih yaa (di luar konteks), tanggal 24 Oktober 2011 konon kabarnya gue mau orientasi di kebun, 10 hari di Kutai Timur, hohoho dan akan ada project juga di sana, jadi sampe Desember gue bakal sering bolak-balik ke sana. Hohoy lumayan refreshing dari pada ngendon sembari numpang duduk doang di Head Office…  Hmm paling ga ada tambahan satu pulau gue jambangi, hohoho Borneo…  Hallo kawan-kawin yang udah duluan ke Borneo, gue nyusul nih…