Betawi bukannya "CEPER"


.


Emang udah begitu aturannya pan ya, kalo kita lahir tuh udah ditentuin lahir di mana, siapa orang tuanya, kapan lahirnya termasuk juga apa sukunya. Yah begitu juga gue, pas lahir gue udah tinggal nerima dan ngejalanin semuanye. Tangerang, 8 Juni 1989 jam setengah 8 pagi dari rahim enyak gue yang aseli Betawi tulen sama kaya si babeh. Yup Betawi, itulah suku yang dikasih olehNya buat gue.
Lahir dan tumbuh di lingkungan dengan tingkat ke-Betawi-an yang kadarnya luar biasa tulen membuat gue juga jadi ikutan tulen Betawinya. Tapi anehnya nih ya, meskipun gue aseli Betawi, gue baru tau kalo suku gue Betawi setelah gue kelas 5/6 SD atau bahkan pas gue SMP (lupa pastinya, hhe), itu juga karena gue belajar tentang suku-suku dan mengidentifikasi bahwa ciri-ciri Betawi adalah yang paling pas buat gue sekelurahan *parah banget yee?*. Kaga ngarti juga gue kenapa bisa begitu, baik enyak babeh, keluarga besar maupun orang sekelurahan, kaga pernah ada yang bilang “kita ini orang Betawi”, mereka selalu bilang “kita kan orang Ceper (nama wilayah rumah gue, Batu Ceper)”. Entah karena ketidaktahuan yang melatarinya atau kaga demen dibilang orang Betawi dan membuat suku baru, yaitu suku “CEPER”. Yah apapun itu, yang jelas kini gue tau kalo gue, enyak babeh gue, keluarga besar dan orang sekelurahan gue adalah suku Betawi. Saat ini gue juga berusaha ngasih tau ke adek, sepupu, keponakan atau siapapun itu yang masih belia “Kita orang Betawi yang tinggal di sekitar Batu Ceper”. Yah kaga mau aja kalo mereka kaya gue, yang baru tau sukunya sendiri setelah mereka belajar di sekolah. *miris*
Ngomong-ngomong soal Betawi, ada beberapa stereotype yang agak gue ga suka. Pertama adalah masalah pendidikan. Udah jadi rahasia umum, kalo buat orang Betawi pendidikan bukanlah hal yang utama dan gue mengamini itu karena gue sendiri merasakannya. Kurang ngeh gimana awalnya bisa sampe kaya gini, yang jelas berdasarkan pengamatan gue pribadi, buat orang Betawi yang mau sekolah sampe tingkat Perguruan Tinggi itu luar biasa jarang. Kebanyakan alesan utamanya adalah masalah biaya dan yang lainnya adalah nerusin usaha orang tua jadi ga usah sekolah, bahkan ada yang lebih parah, gak mau ngelanjutin sekolah karena ngerasa leluhurnya udah tajir 7 turunan (semoga aja doi bukan turunan ke-8). Sepupu gue juga hampir semuanya selepas SMA langsung pada kerja di pabrik, bahkan ada juga yang saking ngebet pengen nyari duit, sekelarnya SMP langsung kerja, padahal enyak-babehnya pengen banget nyekolahin sampe SMA. Hoalaaah, haemm banget yaa.. Mungkin gue juga bisa aja kaya mereka, untungnya dari kecil gue orangnya pengen diliat, dalam artian gue pengen orang-orang tau kalo ada gue di dunia (busyyeeeng ekstrim banget ya?). Haha pokoknya dari kecil gue pengen dipandang sama dengan anak-anak komplek PAP II (komplek perumahan buat karyawan PT Angkasa Pura II yang letaknya nempel sama kampung gue), jadi meskipun gue orang kampung gue kaga mau mereka ngeliat gue sebelah mata, terlebih sebagai babu mereka, karena emang banyak tetangga gue yang jadi kuli cuci mereka. Menurut gue itu semua bisa gue capai lewat pendidikan, yah beruntungnya gue punya orang tua yang juga nurut-nurut aje ama yang gue pengen. Mau gue sekolah sampe setinggi apapun hayoo aja mereka mah, masalah ada duit atau ga mah itu urusan belakangan. Intinya kalo ada keyakinan pasti ada jalan.
Hal lainnya adalah orang Betawi sebagian besar (semoga beneran gak semuanya) “Jago Kandang”. Gue rasa hal inilah yang bikin kalo orang Betawi itu tinggalnya pasti ngumpul semua di satu wilayah, pokoknya semua sodara tinggal di lingkungan yang sama. Keluarga gue juga begitu, enyak babeh gue berasal dari satu kelurahan, encang-encing gue yang laen juga tinggal kaga jauh dari rumah gue, yah paling banter juga beda kecamatan. Gue juga kadang rada ngiri sama orang Padang sama Jawa begitu juga suku-suku lainnya di Indonesia yang kayaknya orang-orangnya tersebar merata di seantero negeri. Hadeuuh pada betah banget ya? Padahal gue sendiri mah pengen banget ngerasain daerah luar, idup dengan suasana yang beda, melanglang buana kemanaaaa gitu.. Oiya gue rasa karena kebanyakan orang betawi idupnya yah di situ-situ aja dan dengan orang yang itu-itu aja jadi pikirannya agak sedikit tertutup, rada susah juga dimasukin hal yang fundamental secara langsung. Roman-romannya sih karena udah merasa nyaman dengan yang udah ada, jadi kaga mau dimasukin hal baru. Misalnya aja kasus penolakan pembangunan Gereja disekitar lingkungan rumah gue pas taun 80-an (menurut cerita babeh), terus juga penolakan pembangunan sekolah keagamaan yang bukan sekolah Islam pas gue SMP (kalo ga salah). Waktu pas ada kasus di Bekasi, dimana pembangunan gereja ditolak oleh sekelompok orang, gue sih udah mafhum aja karena gue udah ngerasain kenapa hal ini bisa terjadi. Hmmm sederet hal lain yang juga agak ga gue suka adalah stereotype yang mengatakan bahwa orang Betawi itu males, tukang mintain duit juga tukang utang, dan sekali lagi gue mengamininya..hmmhhhh……….
Dibalik itu semua ada satu yang sangat gue suka, yaitu kekeluargaannya. Huoo kalo udah ngomongin kekeluargaan mah udah paling mantep dah, erat luar biasa. Gileee itu mah udah kaga ada duanya, kalo menurut gue. Bener-bener dah itu yang namanya saling membantu dan tolong-menolong ga usah disangsikan lagi, kalo ada orang kawinan atau ada kematian itu yang paling jelas keliatan. Orang Betawi juga terkenal akan keloyalannya dan menjamu tamu dengan baik, wuiihh pokoknya kalo ada tamu yang mau dateng  pasti rumah jadi lebih tertata, yang ga ada juga di ada-adain, haha…
Huee semoga kedepannya semua stereotype yang agak kurang enak bisa segera pudar, banyak yang sekolah tinggi, punya pikiran lebih terbuka, ga cuma jago kandang, juga rajin dan ga suka ngutang. Oiya buat semua temen-temen sesame Betawi, nyok sama-sama kita bikin suku kita lebih oke lagi, hhe..
*note: nih tulisan berdasarkan pandangan gue pribadi dari pengalaman idup gue yang emang belom lama, jadi mungkin banget terjadi kesalahan. Kalo semisalnya ada yang salah, bolehlah sekiranya koreksi saya.. hoho…

One Response to “Betawi bukannya "CEPER"”

  1. nah, roman-romannya lo akan jadi salah satu Doel yang akan muncul di muka bumi ini Nd. great,, gw akan coba menjadi Doel lainnya..

    (komen blog, menyusul)

    Pebi Sukamdani (24), Karyawan Trans7, Betawi