Singa Udara: Terbang Gratis atau “Koin Untuk Andrian”


.


Rabu minggu lalu (090512), hari ke-3 dinas, gue dikejutkan dengan berita sore yang gue tonton. Sebuah pesawat hilang kontak saat terbang!! Belakangan diketahui kalo Pesawat Sukhoi Super Jet 100 asal Rusia yang lagi demo terbang, kecelakaan di Gunung Salak, Jawa Barat. Berhubung gue lagi mengasingkan diri di belantara Kaltim jadi rada-rada kurang informasi mengenai kecelakaan ini, sekalinya nonton tipi, yang diberitain tentang reporter dan kameramen Trans TV, yang ikut jadi korban. Dalam berita itu diceritain tentang keseharian mereka, terus keluarganya diwawancarai juga. Yang bikin gue jadi glek adalah ketika pacarnya (alm) Ismi (Reporter Trans TV) diwawancarai. Nama pacarnya tak lain dan tak bukan adalah ANDRIAN, glek, jadi ikutan sedih gue. Gue juga turut berduka buat semua keluarga korban yang ditinggalkan.

Ngomong-ngomong tentang pesawat gue jadi inget kejadian ketika gue berangkat ke Kaltim pada hari Senin, 7 Mei 2012. Seperti biasa, setiap dinas gue selalu menggunakan maskapai penerbangan SINGA UDARA, soalnya kantor tempat gue kerja udah kerja sama dengan maskapai ini. Nomer penerbangannya JT 752, terbang dari Jakarta pukul 07.50 WIB tiba di Balikpapan pukul 10.55 WITA. Awalnya sih semua berjalan lancar, pesawat pun ontime. Masalah muncul ketika boarding, gue yang dapet seat 36 E (kaya ukuran apa gitu ya?, hehe) tanpa tedeng aling-aling menuju kursi yang terletak di belakang. Naro bagasi di kabin terus duduk, PLAK CROOTTTTTTT, wew bunyi apaan tuh? Bukan ini pasti bukan bisul di pan*at gue yang pecah. Pas gue liat ke bawah bangku, Oh meeennnnnn ada sebidang karpet yang digenangi sama muntah dong, yiaakksss!! Rupanya pas gue mau duduk, tanpa sengaja gue nginjek kantong kresek item yang berisi muntah, entah muntah siapa, yang jelas bukan muntah kucing yang ada di rumah gue, bukan pula gumoh bayinya Roy & Yasti, loh?!

Ngeliat kubangan muntah gue langsung pusing plus mual, pokoknya berasa kaya ibu yang lagi hamil muda deh. Langsung ninggalin tempat duduk dan manggil pramugara yang kebetulan ada dideket kursi gue. Gue yang emang ga bisa marah secara meluap-luap cuma protes alias komplain ke doi sambil ngasih liat kubangan muntah yang bikin males buat dipandang lama-lama. Gue ngungsi ke kursi laen yang kosong, daaannnn kubangan itu ditutup gitu aja dong pake tisu toilet.

“Woy abang pramugara yang badannya lebih tinggi dari gue, itu tisu bukan vacuum cleaner kaleee bukan juga alat sulap yang kalo diangkat tisunya tuh muntah langsung ilang.”

Makin lama pesawat makin penuh, tempat gue ngungsi sudah terisi, jadilah gue balik lagi ke tempat gue. Gue duduk ngangkang aje gitu, muka gue juga udah kaya cucian baru kering, kusut penuh lipetan. Samping kanan gue bapak muda yang lebih tambun dari gue, samping kiri seorang bapak berkewarganegaraan Jepang. Mereka berdua terus ngedumel, yang kanan gue ngerti dumelannya, nah yang kiri gue berasa nonton pelem Jepang kaga pake subtitle. Bener-bener sempurna deh situasi saat itu, Perfect!!

Gak lama kemudian akhirnya dateng seorang cleaning service yang mau ngebersihin tuh muntah. Gue diminta disuruh ke area belakang pesawat, deket toilet. Jo!! Masih ada 2 kursi kosong di belakang dan gue tetep dibiarkan duduk ngangkang, oh teganya engkau wahai abang pramugara. Setelah dibersihkan gue pun disuruh duduk di tempat semula, dan gue tetep duduk dengan NGANGKANG!!

Selama kejadian itu berlangsung, yang terus berseliweran di kepala gue adalah gimana caranya nulis surat pembaca yang dimuat di harian Kompas. Pokoknya gue napsu banget dah pengen tulisan gue dimuat di Kompas, kalo artikel berat2 pan kayaknya gue ga mampu buat nulisnya, nah kali aje kalo surat pembaca bisa dimuat, hahaha *banci publisitas*.. Gue juga pernah dapet cerita dari seorang seorang teman, sebut saja CMDA (bukan CDMA). Jadi temennya CMDA pernah komplain tentang pelayanan sebuah resto Sushi yang sangat terkenal, intinya pelayanannya buruk lah, merasa didiskriminasi gitu. Doi nulis diberbagai media, salah satunya di kaskus. Gak lama setelah nulis, doi dicari loh sama petinggi dari resto Sushi itu. Diajak ketemuan, mereka minta map dan temennya CMDA dikasih member card plus voucher makan gratis dong. Hoooo, siapa yang ga ngiler coba? Gue langsung ngebayangin setelah gue nulis tentang komplainan gue, terus gue dicari sama Manajemen Singa Udara dan akhirnya mereka minta maap dan ngasih gue voucher gratis terbang ke mana saja, oh bahagianya!! Lamunan gue dibuyarkan dengan satu nama, PRITA. Haha ga lucu aja kan kalo nantinya ada gerakan “Koin untuk Andrian”, sebagai dukungan karena gue dituntut sama Singa Udara Cs.

Terlepas dari itu semua, sebenernya ada sebuah pertanyaan besar yang terus bergelayutan. Emangnya ga ada general cleaning ya sebelum pesawat dinaiki oleh penumpang Singa Udara? Kok bisa-bisanya ada plastik berisi jackpot ketika boarding? Soalnya ada sepupu jauh yang juga tetangga gue, yang kerjanya bersihin dalem pesawat ketika pesawat kelar nurunin penumpangnya. Doi kerja di maskapai lambang negara kita. Harusnya Singa Udara juga ada dong yaaa, masa Singa kalah sama Burung…

Jadi intinya apakah gue harus mempublish komplain gue secara membabi-buta? Yah pilihannya cuma dua, terbang gratis atau “Koin untuk Andrian”.

2 Responses to “Singa Udara: Terbang Gratis atau “Koin Untuk Andrian””

  1. ati2, "koin untuk andrian" bisa berujung jd "batal kewong" loh

  2. lumayan itu neng, koinnya buat modal kawin, hehehe....