Modus Anomali: Gak Disangka Bukan Ga Bisa Ditebak!!


.


Huwew sejak Senin kemaren (300412) gue kembali terhubung dengan MAYA, setelah sebelumnya hubungan kami sempet terputus (baca di sini). Sampe di sini gue mau say thanks buat Masbro Andrian Smith (namanya kembaran sama gue, tapi tampang super jauh beda, doi turunan londo gue betawi tulen. *okeh ga usah dibahas*) atau yang biasa dipanggil Pak Smith, doi yang dengan baik hati menyatukan hubungan gue dengan maya lagi. Setelah terputus dengan maya, kalo mau ngepost blog gue suka numpang ke temen kantor laen yang emang punya akses, tapi kini gue bisa ngepost dari kompi gue sendiri, yippiiyyy!! Heyeheyhey jadi kalo dateng kepagian, gue bisa nulis dan bisa langsung ngepost tanpa numpang-numpang lagi. Sekali lagi tengs berat lah buat Om Smith, btw selamat ya Om untuk kelahiran putra pertamanya, Keanu, semoga menjadi penyejuk buat keluarga ya Om.
Awalanya kompi gue rada susah dihubungkan kembali dengan dunia persilatan per-internet-an, tapi berkat kemahiran Om Smith akhirnya berhasil juga, dan berhasilnya ba’da Magribh wich means jam 6 lewat. Meeennnn gue ada janji buat nonton pelem Modus Anomali jam 7 malem, lalala kalang kabut lah gue. Nontonnya gak jauh sih, di Pejaten Village, tapiiii akses kesananya itu loh, Bruuurrrrr macet luar biasa apalagi jam-jam pulang kantor. Alhasil gue dan seorang temen kantor (gak mau nyebut siapa, udah kebanyakan disebut juga nih orang di postan sebelumnya) langsung ngibrit, setengah 7 dari kantor menuju Penvil dan MACETT!! Kelar macet, gue dihadapkan dengan kenyataan bahwa temen gue ga bawa STNK, yayayayaya cari parkiran di luar Penvil. *misuh-misuh*. Dapet parkiran kami langsung sa’i menuju bioskop, beli tiket, dan begitu masuk adegan yang lagi ada di layar adalah John Evans (Rio Dewanto) lagi sa’i juga!! Jiaaahhh, lagi in banget kayaknya aktivitas ber-sa’i-ria..
Sekarang gue mau ngebahas tentang pelem Modus Anomali, jadi buat yang belum nonton dan berniat akan nonton stop aja bacanya di sini, spoiler,  dan silahkan baca post-an gue yang laen, ehehehehe… Nih gue kasih sinopsisnya yang gue ambil dari sini:

Seorang laki-laki yang sedang berlibur dengan istri dan kedua anak mereka di sebuah kabin di hutan, dikejutkan dengan kedatangan seorang tamu yang tak mereka undang. Sebelum menyadari apa yang terjadi, laki-laki itu mendapati dirinya terpisah dari keluarganya. Ketika menemukan beberapa jam alarm yang tersebar di hutan itu. Dia harus berpacu dengan waktu jika ingin bertemu dengan keluarganya kembali. Sementara itu, di hutan juga sedang berlibur satu keluarga lain, yang mungkin berkaitan dengan keanehan yang sedang ia alami. 

Salah satu pelem Indonesia yang gak biasa menurut gue, yup Modus Anomali menyajikan cita rasa yang berbeda dalam ranah perpeleman Indonesia. Dari awal hingga pertengahan pelem penonton dipaksa buat mikir "kenapa begini? kenapa begitu?", "sebenernya dia siapa?". Intinya banyak misteri bertebaran sampe pertengahan pelem, setelah itu barulah kemudian sedikit demi sedikit misteri mulai terungkap, langsung deh bergumam "hooo gitu toh". Setelah satu per satu misteri terkuak, penonton dihadapkan lagi dengan misteri baru yang bikin pengen bilang "ini apa lagi?"  "kok jadi gini?". Pokoknya nih pelem bikin penonton mikir, sampe diakhir pelem pun semua misteri ga diungkap secara gamblang. Mungkin kalo penonton yang kurang peka, bakal ga bisa mengungkap semua misteri yang tersaji.


Pelem ini termasuk pelem yang menganut twisted ending, yah bisa dibilang endingnya ga disangka-sangka. Ga disangka-sangka loh yaaa, bukan ga bisa ditebak, pasalnya gue udah bisa nebak ending nih pelem termasuk ngebongkar misteri yang ada sejak misteri kedua digulirkan kembali (John Evans nelpon anaknya kemudian ketemu keluarga yang mau berlibur) *songong*. Gue ngerasa pernah nonton pelem dengan kasus yang persis sama, bahkan sampe ke misteri yang digulirkan juga persis sama, DAAAANNNNN gue notonnya di tipi Indonesia DAAANNNN LAGI gue lupa pelem apa. Entah ya gue yang salah inget atau gimana, yang jelas gue ngerasa kasus dan misteri dalam pelem ini udah pernah gue temuin yang serupa (tapi tak sama) sebelumnya, hmm ato mungkin itu gue temuin dimimpi gue dan ternyata terwujud pas nonton pelem ini kaya kejadian di sini *Ngelindur*


Pelem ini full English, konon kabarnya sih ini pelem pertama Indonesia yang menggunakan Bahasa Inggris secara penuh di semua dialognya. Mungkin dari awal pembuatannya nih pelem mau dibikin go international kali yeee, jadi strateginya yah salah satunya dengan membuat semua dialognya dengan Bahasa Inggris. Tapi tenang aje buat yang alergi dengan Bahasa Inggris, pelem ini sepi dialog kok, eh tapi beneran dialognya sangat amat jarang di sepanjang pelem, kenapa ya? Hmmm mungkin supaya penonton fokus mikir tentang misteri dan gak keganggu dengan dialog-dialog yang kurang penting.


Pelafalan dialog dalam pelem ini sangat bagus menurut gue, luwes gitu dalam urusan ber-Inggris-ria, gak kaku lah pokoknya. Yang menurut gue pelafalannya agak gimaannaaaa gitu yah si John Evans, gak tau kenapa gue kok ngerasa kaya didubbing, sebenernya cocok sih dengan karakter aslinya dalam pelem itu, tapi tetep aje gue ngerasa rada gimaanaaaaa gitu *kaga jelas yee gue?*


Hmmm segitu aje kali yee hasil penerawangan gue terhadap nih pelem. Tapi jujur ini pelem bagus, beneran dah recomended pelem banget ini. Saran gue bagi yang belum nonton, pantengin bener-bener selama pelem berlangsung, jangan sampe pas kelar nonton yang terucap adalah "loh kok misterinya ga diungkap?"