Pacaran atau Ta'aruf?


.


Hmm langkah awal sebelum melangkah menuju pernikahan adalah cari dulu pasangannya, sumpah it’s a must. Pokoknya jangan sampe udah nyiapin segala macem perintilan buat pernikahan tapi calon pasangan aje belum nemu, *okeh kayaknya yang ini hampir gak mungkin terjadi*.

Untuk menemukan pasangan yang siap untuk dinikahkan ada beberapa cara. Pertama adalah dijodohkan, yep semacam Siti Nurbaya, walaupun udah gak jaman lagi tapi kayaknya masih ada sampe sekarang. Kedua adalah pacaran, ini cara yang paling konvensional dan banyak dipake orang, termasuk gue. Cara lain adalah Ta’aruf, artinya sebenernya perkenalan sih tapi yang sangat sesuai dengan syari’at Islam. Ada juga sih cara yang lebih mujarab (atau emang udah hopeless karena gak nemu-nemu, ooppsss!), ikutan kontak jodoh, nah bener banget KONTAK JODOH, cara ini juga lumayan ampuh buat dapetin pasangan hidup, masih banyak loh biro jodoh yang buka, di koran-koran juga banyak yang nyediain kolom kontak jodoh *ketauan sering nyatronin beginian*. Dipostan kali ini yang sebenernya pengen gue bahas adalah tentang pacaran dan Ta’aruf, tapi kenapa jadi kepanjangan pembukaannya gini ya? Yaudin dari pada berpanjang-panjang ria, langsung aja gue sudahi postan kali ini. Kebenaran dan kesempurnaan hanya milik Allah, kesalahan dan kekhilafan adalah milik saya. Sampai jumpa lagi di Dor.. lah? Lah? Kenapa jadi ngelantur? *blushing*

Jadi kenapa tiba-tiba gue pengen nulis tentang pacaran dan Ta’aruf, karena hari minggu kemaren gue dateng ke rumah Kakek-Neneknya si Neng, di situ ada juga Om dan Tantenya si Neng yang dateng. Nah pada kesempatan itu ternyata ada sepupunya si Neng (selanjutnya panggil doi SsN) yang mengutarakan keinginannya untuk melakukan Ta’aruf ke calon istrinya dan menikah dalam waktu dekat. Sebenernya keluarga si Neng ga masalah dengan keinginan SsN untuk nikah segera, tetapi yang ga bisa keluarganya terima adalah ketika SsN minta orang tuanya ujug-ujug dateng ke rumah si cewek untuk ngelamar. Keluarga besar si Neng pengen kenal dulu dengan calon yang diajukan baru kemudian ngelamar. Terjadilah perdebatan yang sengit diantara mereka. Awalnya sih gue tetep ada diruangan itu, sok2an baca buku padahal nyimak pembicaraan mereka juga *gak sopan*. Tapi lama-lama kenapa nama gue dan si Neng ikutan disebut-sebut, edodoe ternyata lagi membandingkan sistem pacaran dan Ta’aruf,, huweee jadi kaga enak.

Hmmm kalo dilihat dari sisi agama, mungkin sistem Ta’aruf yang paling sesuai dengan syari’at Islam. Oiya buat yang buta apa itu Ta’aruf, berikut gue kasih gambaran yang gue dapet dari temen gue yang cukup ngerti tentang Ta’aruf. Biasanya seseorang yang ingin melaksanakan Ta’aruf itu dapet rekomendasi calon pasangan dari Murabbi (guru ngaji) bisa juga dari temen atau saudara. Nah nanti kedua belah pihak saling ngirim foto, kalau oke lanjut ke ngirim CV bukaaannn bukan buat ngelamar kerja, tapi CV alias Curiculum Vitae ini dipake sebagai salah satu penilaian dari kedua belah pihak. Kalo udah oke semuanya baru deh bawa keluarga buat Ta’aruf, ada juga sih yang langsung ngelamar. Oleh karena proses ini emang sangat sesuai syari’at Islam, jadi tidak ada proses pacaran. Pacaran dianggap haram karena bisa menimbulkan fitnah. Keduanya tidak diperkenankan berdua-duaan. Proses dari Ta’aruf sampe ke pernikahan biasanya berlangsung singkat, sekitar 3 bulan.

Sistem ini sesungguhnya sangat baik, tapi entah kenapa gue ga bisa menjalankan ini. Gue lebih memilih sistem pacaran sebagaimana orang kebanyakan. Alesan gue sih karena gue butuh mengenal betul siapa yang akan mendampingi gue sampai akhir hayat. Kalo dengan cara Ta’aruf gue rasa gue ga mampu segitu mengenalnya calon gue dalam waktu singkat, takutnya ngerasa ga cocok setelah nikah, pan ga enak juga kalo gitu. Sistem pacaran emang ga sesuai syari’at Islam dan sangat besar godaannya. Jadi kalau mau tetep pacaran yah mesti jaga diri aja, jangan sampe bener-bener jauh melenceng. Kalo menurut gue dengan pacaran kita bisa mengenal sifat calon kita secara mendalam, apalagi kalo pacarannya agak lama, jadi udah tau bener dah kelakuan dan perangai calon kita. Proses pacaran menuju pelaminan itu lama waktunya gak tentu, ada yang sangat singkat tapi ada juga yang lamaaaa, itu sih tergantung masing-masing pasangan.

Pada akhirnya yah masing-masing ajalah, jalanin aja sesuai yang kita yakini. Kalau mau Ta’aruf sangat bagus, kalo mau pacaran yah silahkan. Gak usah lah menghakimi orang yang memilih caranya sendiri dan yang paling penting jangan merasa jadi orang yang paling bener sedunia. Oiya satu lagi, kalo dari penjelasan gue ada yang salah mohon dikoreksi ya. Kalo bahasa kaskusnya CMIIW, Correct me if I’m Wrong (kepanjangan dari CMIIW baru gue tau belum lama ini loh, Sumpah)



6 Responses to “Pacaran atau Ta'aruf?”

  1. hahaha dia nya curcol, gw jd pengen curcol. jujur gw ja pacaran. tapi kita tau kok batasan masing2. Makanya gw ga berani dpt yang ga berjilbab, karena jilbab menurut gw salah satu faktor yang mengingatkan gw selalu "ini cewek baik2, jilbaban jgn lu apa2in, Yan! apalg lu rusak" gt c jerit batin gw ke guw sendiri, jadinya so far kita tau batasan, asek.

    karena pacaran jaman sekarang kan identik dengan free sex. Just share, salah satu murid gw SMA dengan bangganya bilang ke gw dan teman2nya "Istilahnya itu kayak test drive, kalo lu belum nyoba, gmn lu bs tau performa lu" ajegileee, mupeng hehehe, sabar-sabar, yan. seatahun lg lu nikah, untung gw masih punya iman. yah gt lah pergaulan sekolah internasional.

    Gw c tetap menghormati yang ngambil jurusan pacaran silahkeun, yang taaruf silahkeun, karena toh yang menjalani adalah pribadi masing2, dah pada dewasa toh, tau batasan2, dan bertanggung jawab atas pilihan jalan hidupnya. karena yang menghadapi hidup dengan pasangan kita sampe akhir hayat, kan kita.

  2. "setahun lagi lu nikah, untung gue masih punya iman" he? kaga ngarti gue maksudnya, heehehehehe...

    Curhat juga Om? jiehehehehe..

    Pokoknya inget selalu batasan-batasan ya kalo kita ga mengambil jalur yang sesuai Syari'ah..

  3. @vigals88 says:

    Just wanna share guys >> Situs2 yang ekye dapet seputar pernikahan yang sebelumnya pernah ekye link di blog aye (http://catatanputripelangi.blogspot.com/2012/03/mengenal-cinta-mu.html), Cekidot:
    1. http://qurandansunnah.wordpress.com/2009/05/29/pernikahan-menurut-islam-dari-mengenal-calon-sampai-proses-akad-nikah/
    2. http://al-quran.bahagia.us/_q.php?_q=sihab&dft=&dfa=&dfi=&dfq=&u2=&ui=1&nba=11,

    Semoga bermanfaat lahir batin ^^

  4. wew mbak ViGals thx yaaa buat link2 yang dikasih, sangat menambah ilmu dan wawasan...

  5. Haha.. gue juga baru tau nih ndun kepanjangan CMIIW dari blog lo.. makasih *salah komen :D

  6. Hadoohhh Agus gue kira lu mau komen apeh, taunya..

    Hahahaha samaan ya kita baru tau, gue juga udah mencari sejak lama misteri dari CMIIW..