Oleh-oleh dari Borneo Part II: Mendadak Trainer Outbond


.


Hmm berhubung salah seorang temen kantor, yang tak lain dan tak bukan adalah Ariyanto Wong atau yang tidak dikenal dengan Wong Fe Hung, nagih mulu untuk gue nulis diblog ini sesuatu yang memuat namanya atau gambarnya, maka jadilah gue nulis post-an ini.. Hihihi kaga deng, gue emang udah lama pengen nulis tentang perjalanan dinas gue ke kebun pas awal Maret lalu.

Jadi seperti yang udah gue tulis di sini, agenda perjalanan dinas gue kali ini adalah untuk mengadakan Outbond Training untuk semua karyawan staff di lokasi perkebunan. Persiapan untuk acara ini super duper singkat, usulan dari Direktur Agronomi itu seminggu sebelumnya dan persiapan mulai dikerjain H-4, hoho gilee banget dah. Kalo waktu masih kuliah buat ngerjain satu acara itu mesti lama persiapannya dan dengan jumlah panitia yang ga sedikit, nah ini udah waktunya sedikit, jumlah panitia yang nyiapin di kantor pusat juga cuma dikit, 5 orang saja, itu juga yang 2 orang (gue salah satunya) baru bisa bantu h-2 acara. Perbedaan lainnya dengan ngadain acara di kampus dengan di kantor adalah masalah dana. Kalo acara kampus pasti dana merupakan salah satu hal yang bikin pusing, nah di kantor beda, dana sudah tersedia, jadi ngerjain dengan tempo waktu sesingkat-singkatnya dan dengan jumlah tim yang sedikit juga ga masalah.

Hmmm dari pada gue panjang lebar cerita terus pada males bacanya, mending gue tampilin foto-fotonya aje kali yaa biar lebih menarik. Nih berikut foto sesuai urutan waktu:

Hari ke-1 (8 Maret 2012): Jakarta - Balikpapan - Sangatta - Kebun (total perjalanan 12 jam)

Check in dengan bawaan sealaihim gambreng, over bagasi 60 kg meeennnnn, padahal jatah kami berlima udah 100  kg.

(kanan-kiri) gue (OD + GA), Dika (Krani / Adm Recruitment & Training), Ardi  (Payroll) Geng Keroco Mumet yang mendadak jadi trainer outbond, ada satu lagi yaitu Thian (Library) yang menghilang entah kemana pas turun dari pesawat.
Norak di Sepinggan

Nah ini dia (paling kanan) Om Wong Fe Hung, yang mengarbit kami semua jadi trainer.Yang tengah itu Bu Novi , kalo doi mah bukan Geng Keroco Mumet.
Perjalanan Balikpapan - Sangatta 7 - 8 Jam, jadi makan dulu kali yeee. 
Hari ke-2, (9 Maret 2012) Briefing - Survey lokasi - Short Cut Seminar

Keroco Mumet briefing sebelum survey lokasi



Setelah Keroco Mumet survey, eh geng non keroco minta survey ulang, jadilah kami mesti  nge-brief  mereka dulu

Briefing non Keroco Mumet

Berikut gambaran arena outbond yang sangat seru (menurut gue), di kota kaga ada Jek yang kaya begini!!








Kelar survey balik ke kamar terus siap-siap buat Short Cut Seminar. Oiya jadi Outbondnya dilaksanain 2 hari. Hari pertama berisi materi semacam seminar dan sharing dengan Om Bos CEO nah hari kedua baru deh Outbond sesungguhnya.

Nih Bangunan nan megah (Mess Hotel) di tengah kebun yang jadi tempat buat seminar
Among Tamu (Campuran Keroco Mumet dan Non Keroco Mumet), btw selain yang paling kiri (Ardi) semua orang di atas sempet gue sebut-sebut bahkan gue tulis secara khusus loh di post-postan gue sebelumnya, oopppssss!!
Kendaraan bikin ganteng yang ngangkut semua staff perkebunan ke lokasi Outbond

Wong Fe Hung sang Trainer sejati yang menjerumuskan geng Keroco Mumet buat ikutan jadi trainer. Ini doi jadi mc sekaligus memamerkan batik bolanya. Doi bilang sih belum ada yang make kalo di kebun, yaa iya laaahhh...

Pemberi materi pertama, Pak Wiryawan, Direktur Agronomi yang punya ide buat bikin acara ini
Om CEO yang ikut ngasih materi
Ini namanya Pak Latif, Manajer Pabrik yang menjelma jadi motivator, keren lho doi bawain materinya.

Berikut Suasana Seminar




Peserta seminar yang (kayaknya) udah ga sabar buat outbond keesokan harinya. Oiya mereka berasal dari seluruh lokasi perkebunan Group Perusahaan tempat gue kerja. Btw lokasinya semua berjauhan, ada yang sampe 4 jam perjalanan darat dan mereka dipertemukan di acara ini.


Hari ke-3 (10 Maret 2012): Outbond!!!

Begaye sebelum ber-outbond-ria, ini di salah satu site perkebunan. Jadi mereka ga tidur di mess hotel, sama kaya gue yang tidurnya di mess karyawan site perkebunan yang terdekat dengan mess hotel (Tepian Langsat Estate, Danau Padang Estate atau Sungai Mangkupa Estate


Pasukan non Keroco lagi briefing sebelum acara, mereka yang bakal nilai semua peserta. Jadi kalau ada yang bagus akan dapet satu buah voucher. Vouchernya ini buat dituker dengan hadiah ketika acara berakhir.

Olahraga sebelum mulai


Asik bener Om Wong goyangnye..

Semua peserta dibagi kedalam 9 kelompok, masing-masing 9 orang. Nama kelompok yang digunakan bagian dari pohon sawit, macam kentosan dan jangkos.


Outbond pun dimulai. Pemandangan yang tersaji itu Pabrik Kelapa Sawit yang gagah berada di tengah kebun sawit

Setiap kelompok ngiderin area perkebunan di sekitar mess hotel, ada 6 pos yang harus dilalui.

Trust Me, percaya ya temennya...

Down The Ravine, bener-bener nurunin jurang loh sambil bawa balon dua biji. Buanyaaaakkk banget yang jatoh di game ini.

Jembatan Sirotol Mustaqim, hayoo posisinya diurutkan berdasarkan banyaknya jumlah bulu kaki....

Spider Web, gaboleh Salome yeee...



Titanic, ayooo semuanya mesti nginjek ban!!
Behind The Floor, dibalik yee karpetnya. Btw, langitnya bagus yaaa?

Keren ya lapis tiga gitu, huwew banget yang jadi pondasi..
Siang Outbond, malemnya lanjut hiburan dan pembagian hadiah.
[Lagi] Om Wong yang jadi MC, gapapalah gue pajang foto close-up doi yang banyak. Itung-itung terima kasih udah nyeburin gue dan Keroco Mumet lainnya buat ikutan jadi trainer

Games berkreasi dengan balon, mantep loh doi (Pak Sigit, baju merah) langsung kepikiran buat bikin ular kobra dalam waktu singkat.

Asiknyooo udah seneng-seneng dapet DVD pula

Pengumpul voucher terbanyak, uwewww LCD TV!!

Kelar acara, yuk semuanya berdoa semoga Outbond ini dapat bermanfaat

Hari ke-4 (11 Maret 2012): aras-urus masalah administratif plus balik ke Sangatta lanjut ke Balikpapan.


Hari ke-5 (12 Maret 2012): Balikpapan - Jakarta, Huwaaa keellaaaarrrr!!!

Dini hari sampe Sepinggan langsung numpang mandi, huweeeee...


Keroco Mumet minus Ardi, doi pulang duluan sehari sebelumnya karena mesti nemenin salah seorang non Keroco, hoho untung bukan gueee, kaga bisa haha hihi sepanjang jalan kalo bareng Non Keroco mah.

 CREW

Keroco Mumet dibantu sama karyawan kebun buat ngadain acara ini, termasuk staff yang perempuan juga dijadiin panitia. Oiya di seluruh lokasi perkebunan cuma ada 3 orang staff perempuan dan 2 orang perawat, hooo jadi rebutan yee pastinya mereka


Berikut tampang-tampang staff perkebunan yang mau mengabdikan dirinya di tengah hutan Kalimantan Timur. Hohoho gue sih oggaaahhhh.....











Perjalanan dinas yang sungguh sangat menyenangkan meskipun waktunya kurang tepat. Dari baru dateng sampe acara selesai Geng Keroco Mumet jarang istirahat loh, nyiapin acara sampe lewat tengah malem dan mesti bangun sepagi-paginya buat mastiin semua perlengkapan dan kesiapan acara. Ketawa-ketiwi juga jarang, bener-bener deh kerjaaa. Capek tapi sumpah sangat menyenangkan!! Ketika pulang barulah kami haha hihi sepanjang jalan Sangatta - Balikpapan. Kaga berhenti ketawa, saling ngecengin satu sama lain..

Andai setiap dinas bisa menyenangkan kaya gini..  

















6 Responses to “Oleh-oleh dari Borneo Part II: Mendadak Trainer Outbond”

  1. gw kira judulnya mendadak dangdut. Gw ngakak ngeliat futu lu yang nyengir kuda depannya pak wong lagi sholat, gw kira itu setan yang lg menggoda iman pak wong.
    Cuma mau nambahin pesan moral buat orang yang mau ke kebun "JANGAN PERNAH MENINGGALKAN SIKAT GIGI ATAU SAMPE GA BAWA", gw ulang lagi "SIKAT GIGI GI GI GI" karena warung disana susah. gw ampe 3 hari gosok gigi pake telunjuk hieeee(cengir kuda). Gara2 ninggalin sikat gigi di kantor perwakilan. yang jarak ke kebun dah kayak dari jakarta ke garut.

    Dan di hari akhir dengan malu2 kucing akhirnya minta sama staf disana, kali aja doi punya cadangan. Dan akhirnya, penemuan sikat gigi "dikasih Chef Rakhmat" adalah merupakan ANUGERAH TERINDAH bahkan bisa dibilang MUKJIZAT, uang pun tidak bisa menggantikan sebuah sikat gigi dikala itu (secara ga da warung. ada c tapi konon kata orang sono, jam bukanya semau gw, kadang buka kadang enggak. Jadi cukuplah "Tragedi Sikat Gigi Berdarah" itu hanya gw yang merasakan, biar menjadi titik tolak sejarah buat anak cucu kita nanti, halahhhh lebay.

    Gw suka close statemen nya yang nyambung bgt sama foto terakhir yang lagi lompat indah, ajieeeeb!! keep writing, JO!

  2. Eh siaul, senyum paling sumringah gitu dikira setan, itu iblis jahanam kaleee...

    Lah dia curhat masalah sikat gigi.. Inget banget gue betapa gigilu berlumuran mentega di 3 hari itu, iyyuuuhhhhhh........

  3. asem, pantes ja di tiap poto lu cengir kuda mulu,plus cengir 5 jari, pamer gigi pepsodent gituh???

  4. haha gue pamer gigi tanpa lumuran mentega kali Thi..

  5. mantab mas bro... jadi keinget masa out bond. sering2 aja bkin acara ky gni tp request donk.. jgn siang bolong.. panas bgt!!! tangan ampe belang dan udah hampir sebulan belum putih juga...soalny lupa pake SUNBLOCK.xixixixi.

  6. Hooo siapakah gerangan masbro Purwokerto ini??

    Bwahahaha tangan belang melanda semuanya kayaknya, nih tangan ayeh juga masih kaya zebra sampe sekarang.. Emang mau kalo outbondnya diadain lewat tengah malam? *spooky*

    Hooh semoga akan ada lagi acara 'senang-senang' berikutnya..