Budaya Pernikahan


.


Sebagai pemanasan dari proyek “Pangeran Jadi Manten”, gue mau ngebedah tentang budaya dalam resepsi pernikahan dari yang sejak pitik gue kenal hingga sekarang ketika gue berniat menjadi induk. Inget yee yang mau gue bahas adalah budaya, Be U De A Ye A, sekali lagi B.U.D.A.Y.A. jadi beda yeee sama adat istiadat. Karena yang mau gue bahas emang kebiasaan di resepsi pernikahan, bukan prosesi adat dalam pernikahan.

Gue yang sejak lahir netep di Negeri Belendung tau beberapa kebiasaan pas resepsi di sekitar Belendung, nah pas gue udah rada gede, tepatnya ketika gue mengembara di Depok dan mulai dapet undangan buat kondangan ke nikahan temen atau ngintil si Neng ke nikahan temennya  atau bahkan ngintil enyak babehnya si Neng ke nikahan temen-temennya sekedar buat numpang makan, bwehehehehe… *nyengir kuda*. Gue sama si Neng suka ngintil mereka soalnya kebanyakan temennya adalah kalangan yang…… yaah pokoknya yang kalo nikahin anaknya suka nyedian makanan yang mantap dan jarang gue temuin di tempat laen deh. *Penjahat Kawinan*. Okeh balik lagi ke topic, jadi setelah gue mulai kondangan sana-sini barulah gue menemukan budaya dalam resepsi yang luar biasa beda. Nih berikut gue jabarin beberapa perbedaan yang gue temuin:

1. Venue
Hampir semua orang yang nikahan di sekitaran Belendung selalu ngadain nikahannya di rumah, praktis sampe kuliah pun gue ga pernah yang namanya kondangan di gedung ataupun di aula masjid *kasian*. Pas akhir-akhir masa kuliah barulah gue mencicipi indahnya kondangan di gedung.

2. Catering
Catering pernikahan hampir ga dipake sama sekali di Belendung, pasalnya kalo ada yang hajatan yang masak itu orang sekampung. Sumpah dah itu kalo ada yang mau hajatan, rumah si empunya hajat udah rame disatroni enyak-enyak sejak H-7 hari, kegiatan yang dilakuin mulai dari nampih beras (buangin gabah atau kerikil kecil yang ada di beras), ngiris-ngiris bawang pastinya sambil diselingi dengan rumpian ala enyak-enyak. Sejak H-2 hingga hari H bakal ada 3 orang juru masak yang emang didatangkan khusus, 3 orang ini terdiri dari: tukang kue (doi yang ngoordinir buat bikin segala jenis kue), tukang kukus (yang ini kerjaannya pure ngurus masalah nasi dengan berbagai macam jenisnya) dan yang terakhir adalah tukang sayur (gue kaga ngarti kenapa yang satu ini disebut tukang sayur, padahal doi juga yang ngurus semua lauk pauk). Ketiga tukang ini bakal dikasih uang lelah yang (setau gue) ga gede-gede banget, sisanya yang tak lain dan tak bukan adalah enyak-enyak penggembira bekerja secara sukarela. Hal ini yang kayaknya sangat berpengaruh besar dengan super sedikitntya budget yang mesti dikeluarin buat hajatan.
Kalo di daerah yang rada perkotaan, apa yang menjadi kebiasaan di Belendung tentu ga bisa diaplikasikan. Untuk urusan resepsi, biasanya mereka menggunakan jasa catering. Jadi sang pemangku hajat ga usah pusing mikirin acara masak-memasak, semua diserahkan ke pihak catering. Inilah sebabnya budget pernikahan jadi membengkak.

3. Hadiah
Hadiah bagi pengantin biasanya berupa barang ataupun uang. Kalo sekarang kayaknya kebanyakan duit deh, bahkan ada yang jelas-jelas nulis diundangannya cuma nerima duit aje, kaga nerima yang laen. Oiya gue juga pernah nemuin diresepsi temen gue, mereka ga nerima hadiah dalam bentuk apapun. Jadi tamu cuma dateng, salaman, makan lanjut pulang. Semua yang mau ngasih uang, kado maupun bunga ditolak. *MANTAP YEEE*

4. Uang kondangan
Uang kondangan dari tamu biasanya dimasukin ke kotak angpau, tapi jangan salah ada juga yang ngasih langsung ke pengantennya, semacam salam temple. Kebayang kan gimana ribetnya mesti nanggepin segitu banyaknya amplop dari para undangan. Gak percaya yang kaya beginian ada? Coba deh sekali-kali kondangan ke wilayah Belendung.

5. Hasil uang kondangan larinya ke mana?
Kebanyakan sih uang hasil kondangan para undangan itu buat penganten atau ga dibagi rata ke orang tua dan penganten. Nah kalo di Belendung, baik pengantin maupun orang tua (yang menyelenggarakan) semua dapet sesuai dengan tamunya. Jadi setiap tamu bakal ngasih uang kondangan kepada siapa dia diundang. Kalo yang ngundang pengantin pria yah ngasihnya ke pengantin pria, kalo yang ngundang orang tua perempuan yah ngasihnya ke orang tua perempuan, gitulah pokoknya. *rebek bin ribet*

6. Durasi
Durasi resepsi kebanyakan sih 2 jam aje, yang kaya begini karena menyesuaikan jam sewa gedung. Waktu yang lazim digunakan antara jam 11.00 s/d 13.00 atau 19.00 s/d 21.00. Selain yang 2 jam banyak juga yang pakai durasi 4 jam, kalo di Belendung bahkan sampe 12 jam mulai dari jam 09.00 s/d 21.00. Kebayangkan betapa BAHAGIANYA duduk di pelaminan selama itu, kebahagiaan pengantin perempuan bakal bertambah kalo doi pake sunting minang, huoohuooo langsung ke tukang urut abis resepsi.

Hmm mungkin masih banyak lagi budaya-budaya laen yang belum gue tulis, tapi berhubung udah jam pulang kantor udah dulu dah. Nantikan artikel lain di  label “Pangeran Jadi Manten”, salam manten!!