THE RAID: Redemption (BALITA DILARANG MASUK!!)


.


Lanjut dari postingan sebelumnya. Gue sukses dengan selamat sentosa sampe Depok jam 7 malem, soalnya setelah turun dari metro mini gue ga naik angkot, tapi naek kereta beneran. Yap setelah maen kereta-keretaan, kali ini gue beneran naek kereta yang (Alhamdulillah) ga mogok. Iya beneran ga mogok, tapiiiiiii widiiwwww penuh sesak!! Udah kaya daging kornet sekilo yang dipaksa masuk kaleng ukuran 100gr.
Puas jadi daging kornet, gue langsung ngibrit nemuin si Neng yang udah nunggu di resto “Bahan Bakar Gembira” di Margo City Depok. Wew ternyata nih resto udah pindah dari tempat sebelumnya yang ada di samping resto Pizza “Berbagi Bersama” dan sekarang jadi ada di belakang toko roti punyanya om Rudy Hadisuwarno yang bisa berbicara. Lebih cozy dan luas sih tempatnya, ada yang outdoor pula. Tapii yang tetep gak berubah adalah pelayanannya. Lamaaaaaaaa Gan!! hmm apa karena nih resto konsepnya go green ya? Jadi setiap ada yang mesen, kokinya mesti metik dulu semua sayuran dari kebun organiknya, atau mungkin ditanem dulu jadi rada lama ngelayaninnya? Who knows? Lantaran jam hampir menunjukan pukul 19.45 WIB (gue mesen dari 19.07), jadilah gue minta bungkus tuh makanan dan memasukannya dengan rapih ke dalem tas karena takut disita om penjaga bioskop. Akhirnya gue dan si Neng berhasil masuk dengan dua bungkus makanan di tas *maap yee om penjaga, kami nakal*.
Yup sekarang gue mau ngabahas pelem yang gue tonton. The RAID: Redemption a.k.a Serbuan Maut. Tapi sebelum itu nih gue kasih sinopsis yang gue dapet dari sini:
 
Sekelompok tim SWAT yang tiba di sebuah blok apartemen kumuh dengan misi menangkap pemiliknya – seorang raja bandar narkotik bernama Tama. Blok ini tidak pernah digerebek atau pun tersentuh oleh Polisi sebelumnya. Sebagai tempat yang tidak dijangkau oleh pihak berwajib, gedung tersebut menjadi tempat berlindung para pembunuh, anggota geng, pemerkosa, dan pencuri yang mencari tempat tinggal aman. Mulai bertindak di pagi buta, kelompok SWAT diam-diam merambah ke dalam gedung dan mengendalikan setiap lantai yang mereka naiki dengan mantap. Tetapi ketika mereka terlihat oleh pengintai, penyerangan mereka terbongkar. Dari penthouse suite-nya, Tama memerintahkan untuk mengunci gedung apartemen dengan memadamkan lampu dan menutup semua jalan keluar. Terjebak di lantai 6 tanpa komunikasi dan diserang oleh penghuni apartemen yang diperintahkan oleh Tama, tim SWAT harus berjuang melewati setiap lantai dan setiap ruangan untuk menyelesaikan misi mereka dan bertahan hidup.
Secara garis besar menurut gue nih pelem bagus (banget) ditambah lagi tema cerita yang ga biasa buat pelem Indonesia. Adegan-adegan yang ditampilkan juga mantep, pokoknya berasa nonton pelem luar. Penggarapannya juga alus dan semua properti yang ada sesuai porsinya dan penempatannya pas, yah pokoknya ga tiba-tiba ada aktor yang naik elang atau berantem sama siluman uler terus ngeluarin cahaya kaya di kartun Saintseiya.
Aktor utama yang main di pelem ini sama kaya di Merantau, Iko Uwais (yang menurut gue mirip Dimas Seto) dan Yayan Ruhian (yang ini mirip Ki Joko Bodo). Nih orang bedua mantep bener bela dirinya, terutama silatnya yang khas Indonesia banget. Oiya biar kata yang maen di The Raid sama kaya di Merantau, tapi gue tetep seneng dengan keduanya. Pasalnya ada pelem Indonesia yang laen, yaitu Epel em in lop dan AAC (bukan Ayat-Ayat Cinta tapi Apa A******Cinta) yang keduanya memainkan pemeran utama yang sama (SS dan SR), gue jadi berasa nonton pelem yang sama, kaya pengulangan, de javu atau apalah itu yang bikin rada kurang menarik.
Iko Uwais vs Dimas Seto
Yayan Ruhian vs Ki Joko Bodo
Special effect dari pelem ini juga luar biasa mantep, adegan berantem, tembak-tembakan dan maen kucing-kucingan semuanya dibuat secara apik. Hampir di sepanjang pelem kita disajikan dengan adegan yang bikin tereak “iiihhh…”, mata makin melotot, mulut nganga, hidung kembang-kempis dan jantung disko, yah sebelas 12 lah sama pelem Die Hard. Oiya buat warning aja, bagi semua yang membenci pelem Final Destination, Saw, Rumah Dara atau sebangsanya disarankan buat ga nonton nih pelem. Soalnya pas kemaren gue ngajak si Neng yang notabene kaya yang gue sebutin di atas, sepanjang pelem kerjaannya tutup mata, tidur, ngadep samping pokoknya berusaha mengalihkan perhatian dari layar bioskop. Merana lah pokoknya...
Yang menurut gue kurang dari pelem ini adalah ada beberapa percakapan yang kecepatannya hampir sama kaya kecepatan cairan yang keluar dari idung pas bersin, wuiihh bukan maen cepetnya. Entah ya kuping gue yang belum diupgrade atau gimana, gue sih ga nangkep jelas pembicaraannya. Terus juga nih pelem agak sedikit rasis, hmm ga tau juga sih, mungkin guenya aja ngeliatnya dari sisi negatif. Abis dalam nih pelem gue ngeliatnya seolah-olah ada stereotype kalo penjahat itu dari suku tertentu, entah ya ini emang disengaja atau gimana, gue sih ngeliatnya gitu..
Daniel vs Joe Taslim
Kalo bisa milih tempat duduk usahain jangan disamping segerombolan cewek yang dalam tahap menuju kematengan, sumpah mereka ga bakal bisa berenti tereak deh di sepanjang pelem. Komen-komennya juga bikin hoaaeeemmm, kaga khusuk nonton jadinya. Gimana mo khusuk coba, misalnya aja pas adegan Joe Taslim (yang mirip Daniel Mananta, *kenapa muka semua pemerannya pasaran ya?*) mau dibunuh sama Yayan Ruhian, mereka langsung tereaakk 
“aawwww.. yah.. yah.. si gantengnya jangan dibunuh dong” 
yang lain nyautin 
“plisshh..plisshh jangan dibunuh yang ganteng itu”. 
Pas udah kebunuh 
“yaaaaaaaahhhh si gantengnya mati”
Atau pas adegan Iko Uwais lagi memapah temennya terus ngetok-ngetok pintu buat numpang ngumpet, sebelah gue langsung tereak:
“pak buka pak.. cepet buka.. aaahhh” *berasa dikonciin pintu lantaran pulang kemaleman* 
ato setiap adegan berkelahi mereka sontak burgumam:
 “ooohh”,  “aaaahhh”, “ ow”, “heee eeeeehhhh” pokoknya kaya ibu-ibu yang mo lahiran atau kadang mirip juga orang yang lagi nongkrong di jamban. Yaaahhh pokoknya cukup mengganggulah.
Lantaran kekerasan yang ditampilkan di sepanjang pelem, jadi pastinya nih pelem emang khusus buat DEWASA, sekali lagi ya D.E.W.A.S.A. * De E We A eS A*pokoknya anak-anak apalagi balita DILARANG nonton nih pelem!!! Tapi apa yang terjadi kawan? Di tengah pelem tiba-tiba ada suara balita berceloteh
Balita kaga boleh nih ngeliat beginian
“itu kan kulkas, kok bisa meledak?”.
Eh bussseeettttt dah!! Kagak salah apa ada balita juga yang nonton? Oii abang atau mpok yang lagi ngajak anaknya tamasya, jangaann di sini lah. Pan kaga lucu kalo ntar pas sampe rumah nih anak mecahin bolham terus ditusuk ke leher kakak atau temennya atau juga iseng masukin tabung gas ke dalem kulkas. Hadeuuhhh.. hadeuuhhh…
Intinya nih pelem BAGUS, Super Duper Recomended lah pokoknya. Tapi inget ya jangan bawa balita kalo nonton nih pelem, Sumfaah kaga bagus buat perkembangan jempolnya!!







2 Responses to “THE RAID: Redemption (BALITA DILARANG MASUK!!)”

  1. Wwkwk, ngakak gw bacanya. asem, hampir gw baca, spoiler bgt lu ah, gw kan belum nonton. yaelah nonton begituan doank. Pura-pura takut ATAU modus lu (dua-duanya pilihan negatif, gw saran lu pilih "atau" saja) hihi, kalo lu nonton malah hadep2an gt sama si eneng, itu emang lunya ja yang pengen, biar keliatan romantis (ROkok, MAkaN, graTIS = anak kosan beud) kayaknya dah pas, cuma backsound ja kali yah yang mestinya lagu romantis malah "gw bunuh lu, sikaaaat).
    yang teriak-teriak temen mangkal lu jg kale di TL, jgn2 lu ikut menyemarakkan, ikut rusuh. adu boo cucok deh

  2. yaelah gue kaga cerita alur ceritanya juga kali Jo..

    lah itu wanita yang menuju kematangan yang tereak2 luar biasa bukannya lu ya Jo?