Rabu
minggu lalu (090512), hari ke-3 dinas, gue dikejutkan dengan berita sore yang
gue tonton. Sebuah pesawat hilang kontak saat terbang!! Belakangan diketahui
kalo Pesawat Sukhoi Super Jet 100 asal Rusia yang lagi demo terbang, kecelakaan
di Gunung Salak, Jawa Barat. Berhubung gue lagi mengasingkan diri di belantara
Kaltim jadi rada-rada kurang informasi mengenai kecelakaan ini, sekalinya
nonton tipi, yang diberitain tentang reporter dan kameramen Trans TV, yang ikut
jadi korban. Dalam berita itu diceritain tentang keseharian mereka, terus
keluarganya diwawancarai juga. Yang bikin gue jadi glek adalah ketika pacarnya (alm) Ismi (Reporter Trans TV)
diwawancarai. Nama pacarnya tak lain dan tak bukan adalah ANDRIAN, glek, jadi
ikutan sedih gue. Gue juga turut berduka buat semua keluarga korban yang
ditinggalkan.
Ngomong-ngomong
tentang pesawat gue jadi inget kejadian ketika gue berangkat ke Kaltim pada
hari Senin, 7 Mei 2012. Seperti biasa, setiap dinas gue selalu menggunakan
maskapai penerbangan SINGA UDARA, soalnya kantor tempat gue kerja udah kerja
sama dengan maskapai ini. Nomer penerbangannya JT 752, terbang dari Jakarta
pukul 07.50 WIB tiba di Balikpapan pukul 10.55 WITA. Awalnya sih semua berjalan
lancar, pesawat pun ontime. Masalah muncul ketika boarding, gue yang dapet seat
36 E (kaya ukuran apa gitu ya?, hehe) tanpa tedeng aling-aling menuju kursi
yang terletak di belakang. Naro bagasi di kabin terus duduk, PLAK CROOTTTTTTT, wew bunyi apaan tuh?
Bukan ini pasti bukan bisul di pan*at gue yang pecah. Pas gue liat ke bawah
bangku, Oh meeennnnnn ada sebidang karpet yang digenangi sama muntah dong,
yiaakksss!! Rupanya pas gue mau duduk, tanpa sengaja gue nginjek kantong kresek item yang berisi muntah, entah
muntah siapa, yang jelas bukan muntah kucing yang ada di rumah gue, bukan pula
gumoh bayinya Roy & Yasti, loh?!
Ngeliat
kubangan muntah gue langsung pusing plus mual, pokoknya berasa kaya ibu yang
lagi hamil muda deh. Langsung ninggalin tempat duduk dan manggil pramugara yang
kebetulan ada dideket kursi gue. Gue yang emang ga bisa marah secara
meluap-luap cuma protes alias komplain ke doi sambil ngasih liat kubangan
muntah yang bikin males buat dipandang lama-lama. Gue ngungsi ke kursi laen yang
kosong, daaannnn kubangan itu ditutup gitu aja dong pake tisu toilet.
“Woy
abang pramugara yang badannya lebih tinggi dari gue, itu tisu bukan vacuum
cleaner kaleee bukan juga alat sulap yang kalo diangkat tisunya tuh muntah
langsung ilang.”
Makin
lama pesawat makin penuh, tempat gue ngungsi sudah terisi, jadilah gue balik
lagi ke tempat gue. Gue duduk ngangkang aje gitu, muka gue juga udah kaya
cucian baru kering, kusut penuh lipetan. Samping kanan gue bapak muda yang
lebih tambun dari gue, samping kiri seorang bapak berkewarganegaraan Jepang.
Mereka berdua terus ngedumel, yang kanan gue ngerti dumelannya, nah yang kiri
gue berasa nonton pelem Jepang kaga pake subtitle.
Bener-bener sempurna deh situasi saat itu, Perfect!!
Gak
lama kemudian akhirnya dateng seorang cleaning
service yang mau ngebersihin tuh muntah. Gue diminta disuruh ke area
belakang pesawat, deket toilet. Jo!! Masih ada 2 kursi kosong di belakang dan
gue tetep dibiarkan duduk ngangkang, oh teganya engkau wahai abang pramugara.
Setelah dibersihkan gue pun disuruh duduk di tempat semula, dan gue tetep duduk
dengan NGANGKANG!!
Selama
kejadian itu berlangsung, yang terus berseliweran di kepala gue adalah gimana
caranya nulis surat pembaca yang dimuat di harian Kompas. Pokoknya gue napsu banget
dah pengen tulisan gue dimuat di Kompas, kalo artikel berat2 pan kayaknya gue
ga mampu buat nulisnya, nah kali aje kalo surat pembaca bisa dimuat, hahaha *banci
publisitas*.. Gue juga pernah dapet cerita dari seorang seorang teman, sebut
saja CMDA (bukan CDMA). Jadi temennya CMDA pernah komplain tentang pelayanan
sebuah resto Sushi yang sangat terkenal, intinya pelayanannya buruk lah, merasa
didiskriminasi gitu. Doi nulis diberbagai media, salah satunya di kaskus. Gak
lama setelah nulis, doi dicari loh sama petinggi dari resto Sushi itu. Diajak
ketemuan, mereka minta map dan temennya CMDA dikasih member card plus voucher makan gratis dong. Hoooo, siapa yang ga
ngiler coba? Gue langsung ngebayangin setelah gue nulis tentang komplainan gue,
terus gue dicari sama Manajemen Singa Udara dan akhirnya mereka minta maap dan
ngasih gue voucher gratis terbang ke mana saja, oh bahagianya!! Lamunan gue
dibuyarkan dengan satu nama, PRITA. Haha ga lucu aja kan kalo nantinya ada
gerakan “Koin untuk Andrian”, sebagai dukungan karena gue dituntut sama Singa
Udara Cs.
Terlepas
dari itu semua, sebenernya ada sebuah pertanyaan besar yang terus bergelayutan.
Emangnya ga ada general cleaning ya
sebelum pesawat dinaiki oleh penumpang Singa Udara? Kok bisa-bisanya ada
plastik berisi jackpot ketika boarding? Soalnya ada sepupu jauh yang
juga tetangga gue, yang kerjanya bersihin dalem pesawat ketika pesawat kelar
nurunin penumpangnya. Doi kerja di maskapai lambang negara kita. Harusnya Singa
Udara juga ada dong yaaa, masa Singa kalah sama Burung…
Jadi
intinya apakah gue harus mempublish komplain
gue secara membabi-buta? Yah pilihannya cuma dua, terbang gratis atau “Koin
untuk Andrian”.
ati2, "koin untuk andrian" bisa berujung jd "batal kewong" loh
lumayan itu neng, koinnya buat modal kawin, hehehe....