Jadi ceritanya menjelang Ramadhan kemaren tiba-tiba aja banyak pagelaran yang
sangat menarik. Mungkin karena lagi musim liburan anak sekolah, terus juga
ngejar sebelum Ramadhan dan sebelum harga BBM naik *yang ini gak deng*. Kebetulan gue
emang hobi nonton pagelaran,
jadilah gue bikin list “Rentetan
Pagelaran Wajib Tonton Sebelum Ramadhan”. Ada 4 pagelaran yang masuk list
ini, Alhamdulillah semuanya sempet gue tonton, Alhamdulillahnya lagi 2
diantaranya gue dapetin tiketnya gratis karena menang kuis dan kebetulan 2
pagelaran tersebut harga tiketnya lebih mahal dari 2 pagelaran lainnya, WHAT A LUCKY LAKI.
Pagelaran pertama Krida
Budaya in Concert udah gue
ulas di sini, pagelaran kedua ada Ariah yang udah gue ulas juga di sini, terus
yang ketiga adalah Drama Musikal Timun Mas yang ulasannya ada di mari. Nah yang
terakhir adalah Madah Bahana
in Concert: Kerjaku, Kerjamu, Kerja Kita (lantaran kepanjangan, berikutnya
gue sebut MBIC2 aje yee) yang akan gue bahas sekarang. Hayo mana suaranya yang
udah nunggu ulasan dari gue? *Berasa ada yang nungguin*.
Buat yang belum tau, MBIC2 ini merupakan pagelaran yang
dibuat oleh Marching Band Madah Bahana Universitas Indonesia (MBUI). Mulai
tahun lalu MBUI ini membuat sebuah gebrakan di dunia Marching Band, mereka
menyajikan Marching Band dengan rasa baru. MBIC yang pertama digelar awal tahun
2012 dengan tajuk “Simfoni Kenangan, Sebuah Perjalanan” yang udah pernah gue
ulas di sini.
Berbekal dari masukan yang didapat pada pagelaran pertama,
MBIC2 kini menyajikan tontonan yang dapat dimengerti oleh semua kalangan.
Sangat jauh dari unsur “lokal” dan gak ada lagi komentar “Konser (khusus) untuk
alumni”, ehtapi sebenernya ada sih ke”lokal”an di salah satu adegan, adegan setelah tawuran ketika ada seorang
anak laki (Galih) dikejar sama 2 orang mas-mas (Budi dan Dito) yang membawa
sandal jepit. Cuma sedikit doang sih, jadi gak masalah buat penonton selain
anak MBUI. Oiya ngomong-ngomong soal adegan lokal tadi, setelah acara gue dan
beberapa alumni MBUI yang lebih senior membahas adegan itu. Ternyata ada dua pemahaman loh
mengenai adegan ini. Pertama adalah sekelompok orang
yang mengasosiasikan adegan itu dengan ritual kalo di MBUI masuk
masanya TC, dengan dua dewa ritual tersebut (Budi dan Dito) sebagai ikon plus
anak cowok yang dikejar ditambah sandal jepit, hohoho kalo anak cowok MBUI yang
pernah jadi korbannya pasti ngerti lah yaa, gue termasuk di dalamnya, lebih
dari 3 kali gue kena, *kasian*. Awalnya gue kira semua orang akan mendapat
pemahaman yang sama, ternyata salah deng gue. Ada sebagian alumni yang lebih
senior dari gue tentunya, mengasosiasikan adegan itu dengan kejadian yang pernah ada di
MBUI pada masa sebelum gue masuk. Gak usah gue jelasin detil kali ye, pokoknya
ada hubungannya dengan lempar-lemparan pas latihan, harusnya yang lebih senior
dari gue ngerti lah yaa.
MBIC2 kali ini digelar di Gedung Kesenian Jakarta (GKJ),
Pasar Baru. Gue udah beberapa kali liat pagelaran di GKJ. Terakhir gue ke sana
waktu pagelaran Gandrung Eng Tay dari Dedy Lutan Dance Company. Untuk sebuah
pagelaran, menurut gue GKJ punya kelebihan dan kekurangan. GKJ akustiknya bagus
banget! Tanpa perlu menggunakan microphone, suara pemain di panggung akan
terdengar sampe ke penonton di kursi paling belakang. GKJ juga terletak di
daerah yang sangat strategis dan dilalui berbagai macam angkutan umum.
Sedangkan kekurangannya adalah GKJ punya panggung yang sangat kecil, hmmm
menurut gue buat MBIC dengan pemain yang segambreng kalo ditempatkan di GKJ
agak kurang bebas bergerak, pasti sang konseptor dan tim mesti mikir keras
gimana caranya bisa memanfaatkan ruang yang seiprit dengan pemain yang
segambreng secara maksimal. Cukup berhasil sih menurut gue, sepanjang acara
panggung gak terlihat sumpek dan riweuh. Cuma pastinya akan lebih maksimal kalo
di panggung yang lebih luas, apalagi untuk adegan-adegan yang mengharuskan para
pemain display seperti di adegan konstruksi dan adegan tukang parkir. Selain itu, daya
tampung GKJ juga gak banyak, terutama di balkon, sempit! Terus area di luar
ruang pagelaran juga sempit, tempat ngumpul orang-orang sesudah pagelaran jadi
penuh sesak, berasa naek kereta ekonomi di jam pulang kerja. Hmmm tapi tenang
aje, semua itu gak mengurangi kenikmatan menyaksikan pagelaran kok. Gue juga
sadar, pastinya susah banget untuk mendapatkan tempat buat pagelaran di
Jakarta, apalagi persiapan pagelaran ini kurang dari 6 bulan.
Adegan yang bisa lebih maksimal kalo panggungnya lebih gede |
Adegan parkir ini juga |
Pagelaran dimulai sekitar jam 8 malem (btw, sebelumnya juga
ada pagelaran yang digelar jam setengah 3 sore), dibuka dengan announcer yang mengucapkan selamat
datang dan membacakan beberapa peraturan selama acara dalam 4 bahasa, yaitu:
Bahasa Indonesia, Bahasa Bali, Bahasa Jawa dan Bahasa Batak. Menurut gue ini
hal yang sangat menarik sebagai pembuka, apalagi kalo dibandingkan dengan
rentetan sambutan yang jatohnya jadi pengantar tidur buat penonton macam gue,
hehe.
Sesuai judulnya, benang merah dari pagelaran ini adalah
beberapa profesi yang meramaikan kehidupan di Indonesia. Gak ada tokoh sentral
dalam pagelaran ini, setiap adegan memiliki tokoh utama masing-masing. Beberapa
tokoh yang menurut gue oke dan gak lepas dari ingatan adalah seorang bapak yang
anaknya mengalami kecelakaan kerja, mahasiswa yang gak juga lulus beserta bapak
dan dosennya serta suami istri yang punya warung kopi. Mereka merupakan salah
satu komponen penguat pagelaran ini.
Dari segi musik, *berhubung gue juga (sangat) ga ngerti
musik jadi maap-maap aje ya kalo gak bener pendapat gue ini*, permainan musik
paling oke adalah adegan kantor, wajar aje yee apalagi kalo diliat dari
pemainnya. Ada juga permainan musik yang sangat menarik, ketika para pemain
berbicara lewat tiupan dan pukulan. Adegan seorang bapak yang sedang berbicara
dengan dokter dan perawatnya, serta adegan ribut
antara majikan dan pembantu terus si majikan ditenangin sama suaminya. Ini
keren banget!! Salut buat arrangernya,
pokoknya selamat deh karena kami memahami dialog yang kalian ciptakan. Ada juga
musik yang sangat mendukung adegan, yaitu It’s
a Hard Knock Life di adegan
parkir dan lagu Bengawan Solo di adegan salon. It’s a Hard Knock Life pernah dibawain pas GPMB 2008,
lagunya sangat menggambarkan keriuhan parkiran yang padat. Lagu Bengawan Solo
yang sempet dibawain pas mantenan gue juga sangat mendukung suasanan nyamannya
salon, lagunya bertambah syahdu karena diiringi oleh petikan gitarnya Ivan dari
Payung Teduh. Di luar itu, musiknya biasa aja bahkan mungkin di beberapa tempat
masih kurang, Satu Nusa Satu Bangsa di awal pagelaran salah satunya.
Bengawan Solo yang syahdu |
Berbicara lewat tiupan dan pukulan.
Hmmm gue perlu nyampein juga kali ya pendapat salah seorang
alumni MBUI tentang MBIC2. Doi merasa MBIC pertama lebih oke, sepertinya doi
melihat dari segi permainan anak-anaknya. Doi juga mengomentari penamaan “in
Concert” yang seharusnya jauh lebih “wah” dalam segi permainan musik, karena
konser marching band seharusnya juga kuat dari segi permainan musik,
menurutnya. Sepertinya doi lebih tertarik dengan permainan musik dibanding
dengan kompleksitas yang ada selama pagelaran. Buat masukan aja sih.
Indobeatbox yang mengiringi adegan tawuran |
Eric Awuy, OB yang mahir niup terumpet |
Yudhistira dengan musik laboratoriumnya |
Om-om pamer kemahiran dengan gadget |
Ngomongin soal adegan, ada 2 adegan yang sangat gue gemari
dan sampe sekarang masih terngiang, yaitu adegan konsultasi dokter dan warung
kopi. Menurut gue konsultasi dokter merupakan adegan yang dibuat dengan sangat
cerdas, gimana alunan nada dapat membuat sebuah percakapan. Sangat tergambar
jelas gimana cemas dan khawatirnya seorang bapak yang anaknya baru saja
menjalani operasi. Terus buat adegan warung kopi karena ini adalah adegan yang
sangat segar, seolah-olah inilah adegan yang merangkum semua adegan. Sekali
lagi gue iri sama Pebi, haha doi jadi bintang di pagelaran ini lagi, tapi emang
doi berbakat sih buat ngelawak. Gue merasa doilah yang membuat adegan ini
menjadi hidup. Beneran ye Peb, orang Betawi emang diciptakan untuk ngelawak,
*toss dululah kita!*.
Konsultasi dengan tiupan |
Warung kopi yang bikin segerrrr |
Ada adegan favorit, ada juga dong adegan ter-enggak banget, hehe. Maap banget-banget ya kalo gue harus ngomong ini, adegan di pasar bisa banget loh diskip langsung ke adegan pembantu. Hmmm gak tau, gue sama si Neng dan beberapa orang yang duduk di depan gue (ini temen-temennya si Neng juga sih) ngerasa kalo adegan ini adalah adegan yang paling “krik.. krik..”. Mungkin gue terkesan tidak menghargai, tapi jujur kalo ini adalah sebuah karya film, mending adegan itu diedit dan dibuang aje *jahat*. Terus ada juga adegan yang menurut gue agak kurang nyambung, sebenernya bagus sih tampilannya, tapi terasa agak “maksa”. Belakangan gue tau kalo adegan ini merupakan adegan yang pertama kali muncul sebelum adegan-adegan lain terpikirkan jadi wajar aje kalo keberadaannya jadi (terasa) “dipas-pasin” dengan adegan yang lain, yup adegan itu adalah adegan “Membahas Cinta”. Adegan itu terjadi ketika Rendy sedang berjuang untuk menyelesaikan skripsinya, tiba-tiba dimainkanlah soundtrack film Habibie Ainun dan munculah sepasang penari yang kemudian muncul juga beberapa penari lain. Hmmmm, mungkin guenya aja kali ya yang ndablek sampe ga nangkep maksud dari adegan itu. Ehtapi mungkin ada sedikit nyambungnya sih, ketika di adegan berikutnya dijelaskan kalo skripsinya Rendy itu tentang film Habibie Ainun *jadi sebenernya nyambung dong ya? Hehe..* Hmmm ada satu lagi, adegan yang agak kurang sreg di hati, adegan rumah sakit. Gue ngerasanya adegan tersebut terlalu riweuh untuk sebuah rumah sakit, gak seheboh itu sepertinya lalu-lalang yang terjadi. *resek yee gue*
Adegan pasar yang haemmmm.. |
Adegan Habibie - Ainun |
Adegan rumah sakit tanpa lalu-lalng yang heboh |
Ada lagi beberapa hal yang bikin pagelaran ini semakin
keren, salah satunya adalah tata cahaya. Mantep banget!! Jauh lebih baik dari
pagelaran terdahulu, sangat mendukung setiap adegan. Terus hal berikutnya
adalah tata multimedia (apaan dah?). Pokoknya semua yang tersaji di background
panggung. Smsan antara majikan dan pembantunya, skripsinya Rendy, semua-muanya keren
dan sangat memperkuat setiap adegan deh pokoknya! Hal terakhir yang juga gak
kalah pentingnya adalah properti di sepanjang pagelaran, simpel tapi semuanya
tepat guna dan ga berlebihan. Properti yang paling oke sih ada di adegan
operasi. Siluet yang dokter yang sedang operasi begitu nyata, great job! Oiya
alur keluar masuk si properti juga rapi, mantep deh buat stage manager and crew.
Adegan tawuran dengan tata cahaya yang uwow! |
Siluet operasi yang tampak begitu nyata |
Untuk hal di luar pagelaran yang menurut gue juga menarik
adalah wall of fame, tempat tamu bisa berfoto suka-suka dengan background
baliho MBIC2 yang segede gaban. Buku acaranya juga keren, terutama buat
designnya. Terus ada satu hal yang sebenernya gak terlalu penting, tapi entah
kenapa sempet gue perhatiin, id card panitia, hehe tajir yee kayaknya.
Aksi gue dan si Neng di Wall of Fame
Si Neng dan temen-temen pengurus 2008. Dan gue gak sempet foto bareng temen pengurus 2010. |
Secara keseluruhan, MBIC2 ini sangat menarik dan jauh lebih
bagus dari MBIC yang pertama. Konsep semakin kuat, eksekusi semakin bagus,
ragam tampilan yang makin beragam. TOP!!
Buku acaranya bagus!
Berikut foto beberapa adegan yang gue ambil dari sini.
Hoho banyak banget ye udah yang gue komentarin, udah berasa yang paling bener aje gue ngasih beberapa kritik. Tapi gak apa ya, kan biar para pemain dan semua orang di balik layar tau gimana tanggepan penonton akan pagelaran yang udah disajikan. Semoga ke depannya akan semakin banyak pagelaran marching band dengan rasa yang semakin baru. Dan buat MBIC2, kalian berhasil menyajikan pagelaran marching band dengan rasa yang semakin baru dan alhamdulillahnya semakin lezat!
Ndun makasih yaaa.. Ehehehe..
Oh iya adegan yg menurut lu keramean itu bukan ngegambarin keadaan di RS tapi di jalanan menuju RS. Gimana, kalo buat jalan raya masih keramean ga? :p
Sama-sama Bu Stage Manaher..
Hoooo itu jalan raya ya? Cukup sih untuk hebohnya, tapi berarti pesannya gak nyampe di gue ya? Hmmmmm...