MBIC2 (Kerjaku, Kerjamu, Kerja Kita): Marching Band dengan Rasa yang Semakin Baru


.

Jadi ceritanya menjelang Ramadhan kemaren tiba-tiba aja banyak pagelaran yang sangat menarik. Mungkin karena lagi musim liburan anak sekolah, terus juga ngejar sebelum Ramadhan dan sebelum harga BBM naik *yang ini gak deng*. Kebetulan gue emang hobi nonton pagelaran, jadilah gue bikin list “Rentetan Pagelaran Wajib Tonton Sebelum Ramadhan”. Ada 4 pagelaran yang masuk list ini, Alhamdulillah semuanya sempet gue tonton, Alhamdulillahnya lagi 2 diantaranya gue dapetin tiketnya gratis karena menang kuis dan kebetulan 2 pagelaran tersebut harga tiketnya lebih mahal dari 2 pagelaran lainnya, WHAT A LUCKY LAKI.

Pagelaran pertama Krida Budaya in Concert udah gue ulas di sini, pagelaran kedua ada Ariah yang udah gue ulas juga di sini, terus yang ketiga adalah Drama Musikal Timun Mas yang ulasannya ada di mari. Nah yang terakhir adalah Madah Bahana in Concert: Kerjaku, Kerjamu, Kerja Kita (lantaran kepanjangan, berikutnya gue sebut MBIC2 aje yee) yang akan gue bahas sekarang. Hayo mana suaranya yang udah nunggu ulasan dari gue? *Berasa ada yang nungguin*.

Buat yang belum tau, MBIC2 ini merupakan pagelaran yang dibuat oleh Marching Band Madah Bahana Universitas Indonesia (MBUI). Mulai tahun lalu MBUI ini membuat sebuah gebrakan di dunia Marching Band, mereka menyajikan Marching Band dengan rasa baru. MBIC yang pertama digelar awal tahun 2012 dengan tajuk “Simfoni Kenangan, Sebuah Perjalanan” yang udah pernah gue ulas di sini.

Tiket pagelaran
Berbekal dari masukan yang didapat pada pagelaran pertama, MBIC2 kini menyajikan tontonan yang dapat dimengerti oleh semua kalangan. Sangat jauh dari unsur “lokal” dan gak ada lagi komentar “Konser (khusus) untuk alumni”, ehtapi sebenernya ada sih ke”lokal”an di salah satu adegan, adegan setelah tawuran ketika ada seorang anak laki (Galih) dikejar sama 2 orang mas-mas (Budi dan Dito) yang membawa sandal jepit. Cuma sedikit doang sih, jadi gak masalah buat penonton selain anak MBUI. Oiya ngomong-ngomong soal adegan lokal tadi, setelah acara gue dan beberapa alumni MBUI yang lebih senior membahas adegan itu. Ternyata ada dua pemahaman loh mengenai adegan ini. Pertama adalah sekelompok orang yang mengasosiasikan adegan itu dengan ritual kalo di MBUI masuk masanya TC, dengan dua dewa ritual tersebut (Budi dan Dito) sebagai ikon plus anak cowok yang dikejar ditambah sandal jepit, hohoho kalo anak cowok MBUI yang pernah jadi korbannya pasti ngerti lah yaa, gue termasuk di dalamnya, lebih dari 3 kali gue kena, *kasian*. Awalnya gue kira semua orang akan mendapat pemahaman yang sama, ternyata salah deng gue. Ada sebagian alumni yang lebih senior dari gue tentunya, mengasosiasikan adegan itu dengan kejadian yang pernah ada di MBUI pada masa sebelum gue masuk. Gak usah gue jelasin detil kali ye, pokoknya ada hubungannya dengan lempar-lemparan pas latihan, harusnya yang lebih senior dari gue ngerti lah yaa.

MBIC2 kali ini digelar di Gedung Kesenian Jakarta (GKJ), Pasar Baru. Gue udah beberapa kali liat pagelaran di GKJ. Terakhir gue ke sana waktu pagelaran Gandrung Eng Tay dari Dedy Lutan Dance Company. Untuk sebuah pagelaran, menurut gue GKJ punya kelebihan dan kekurangan. GKJ akustiknya bagus banget! Tanpa perlu menggunakan microphone, suara pemain di panggung akan terdengar sampe ke penonton di kursi paling belakang. GKJ juga terletak di daerah yang sangat strategis dan dilalui berbagai macam angkutan umum. Sedangkan kekurangannya adalah GKJ punya panggung yang sangat kecil, hmmm menurut gue buat MBIC dengan pemain yang segambreng kalo ditempatkan di GKJ agak kurang bebas bergerak, pasti sang konseptor dan tim mesti mikir keras gimana caranya bisa memanfaatkan ruang yang seiprit dengan pemain yang segambreng secara maksimal. Cukup berhasil sih menurut gue, sepanjang acara panggung gak terlihat sumpek dan riweuh. Cuma pastinya akan lebih maksimal kalo di panggung yang lebih luas, apalagi untuk adegan-adegan yang mengharuskan para pemain display seperti di adegan konstruksi dan adegan tukang parkir. Selain itu, daya tampung GKJ juga gak banyak, terutama di balkon, sempit! Terus area di luar ruang pagelaran juga sempit, tempat ngumpul orang-orang sesudah pagelaran jadi penuh sesak, berasa naek kereta ekonomi di jam pulang kerja. Hmmm tapi tenang aje, semua itu gak mengurangi kenikmatan menyaksikan pagelaran kok. Gue juga sadar, pastinya susah banget untuk mendapatkan tempat buat pagelaran di Jakarta, apalagi persiapan pagelaran ini kurang dari 6 bulan.

Panggung kecil buat segambreng pemaen

Adegan yang bisa lebih maksimal kalo panggungnya lebih gede

Adegan parkir ini juga

Pagelaran dimulai sekitar jam 8 malem (btw, sebelumnya juga ada pagelaran yang digelar jam setengah 3 sore), dibuka dengan announcer yang mengucapkan selamat datang dan membacakan beberapa peraturan selama acara dalam 4 bahasa, yaitu: Bahasa Indonesia, Bahasa Bali, Bahasa Jawa dan Bahasa Batak. Menurut gue ini hal yang sangat menarik sebagai pembuka, apalagi kalo dibandingkan dengan rentetan sambutan yang jatohnya jadi pengantar tidur buat penonton macam gue, hehe.

Sesuai judulnya, benang merah dari pagelaran ini adalah beberapa profesi yang meramaikan kehidupan di Indonesia. Gak ada tokoh sentral dalam pagelaran ini, setiap adegan memiliki tokoh utama masing-masing. Beberapa tokoh yang menurut gue oke dan gak lepas dari ingatan adalah seorang bapak yang anaknya mengalami kecelakaan kerja, mahasiswa yang gak juga lulus beserta bapak dan dosennya serta suami istri yang punya warung kopi. Mereka merupakan salah satu komponen penguat pagelaran ini.

Dari segi musik, *berhubung gue juga (sangat) ga ngerti musik jadi maap-maap aje ya kalo gak bener pendapat gue ini*, permainan musik paling oke adalah adegan kantor, wajar aje yee apalagi kalo diliat dari pemainnya. Ada juga permainan musik yang sangat menarik, ketika para pemain berbicara lewat tiupan dan pukulan. Adegan seorang bapak yang sedang berbicara dengan dokter dan perawatnya, serta adegan ribut antara majikan dan pembantu terus si majikan ditenangin sama suaminya. Ini keren banget!! Salut buat arrangernya, pokoknya selamat deh karena kami memahami dialog yang kalian ciptakan. Ada juga musik yang sangat mendukung adegan, yaitu It’s a Hard Knock Life di adegan parkir dan lagu Bengawan Solo di adegan salon. It’s a Hard Knock Life pernah dibawain pas GPMB 2008, lagunya sangat menggambarkan keriuhan parkiran yang padat. Lagu Bengawan Solo yang sempet dibawain pas mantenan gue juga sangat mendukung suasanan nyamannya salon, lagunya bertambah syahdu karena diiringi oleh petikan gitarnya Ivan dari Payung Teduh. Di luar itu, musiknya biasa aja bahkan mungkin di beberapa tempat masih kurang, Satu Nusa Satu Bangsa di awal pagelaran salah satunya.

Bengawan Solo yang syahdu

Berbicara lewat tiupan dan pukulan.




Hmmm gue perlu nyampein juga kali ya pendapat salah seorang alumni MBUI tentang MBIC2. Doi merasa MBIC pertama lebih oke, sepertinya doi melihat dari segi permainan anak-anaknya. Doi juga mengomentari penamaan “in Concert” yang seharusnya jauh lebih “wah” dalam segi permainan musik, karena konser marching band seharusnya juga kuat dari segi permainan musik, menurutnya. Sepertinya doi lebih tertarik dengan permainan musik dibanding dengan kompleksitas yang ada selama pagelaran. Buat masukan aja sih.

Banyak bintang tamu yang ikut menyemarakan pagelaran ini, salah satunya Eric Awuy. Mantep banget dah, pemain terumpet sekaliber doi mau main di MBIC2 dan jadi OB, permainannya mah kaga usah ditanya, keren! Bintang tamu lainnya adalah Indobeatbox, mereka dengan dahsyatnya mengiringi adegan tawuran dengan musik yang tercipta dari mulut mereka. Ada juga Yudhistira Abjani (sesungguhnya gue ga tau doi siapa) yang memainkan musik elektrik yang berbunyi seperti suara percobaan di laboratorium. Bintang tamu lainnya adalah alumni-alumni MBUI kaya Mas Eet (Sehat Kurniawan), Om Akmal, Om Dimas dan Dias. Buat bintang tamu alumni ini gue paling seneng sama adegan “pamer gadget”nya Om Akmal, Om Dimas dan Dito. Mereka dengan canggihnya memainkan soundtracknya game Angry Birds, Super Mario Bross dan Tetris lewat fitur yang ada di ipad. Canggih dan menarik!

Indobeatbox yang mengiringi adegan tawuran


Eric Awuy, OB yang mahir niup terumpet

Yudhistira dengan musik laboratoriumnya

Om-om pamer kemahiran dengan gadget

Ngomongin soal adegan, ada 2 adegan yang sangat gue gemari dan sampe sekarang masih terngiang, yaitu adegan konsultasi dokter dan warung kopi. Menurut gue konsultasi dokter merupakan adegan yang dibuat dengan sangat cerdas, gimana alunan nada dapat membuat sebuah percakapan. Sangat tergambar jelas gimana cemas dan khawatirnya seorang bapak yang anaknya baru saja menjalani operasi. Terus buat adegan warung kopi karena ini adalah adegan yang sangat segar, seolah-olah inilah adegan yang merangkum semua adegan. Sekali lagi gue iri sama Pebi, haha doi jadi bintang di pagelaran ini lagi, tapi emang doi berbakat sih buat ngelawak. Gue merasa doilah yang membuat adegan ini menjadi hidup. Beneran ye Peb, orang Betawi emang diciptakan untuk ngelawak, *toss dululah kita!*.

Konsultasi dengan tiupan

Warung kopi yang bikin segerrrr

Ada adegan favorit, ada juga dong adegan ter-enggak banget, hehe. Maap banget-banget ya kalo gue harus ngomong ini, adegan di pasar bisa banget loh diskip langsung ke adegan pembantu. Hmmm gak tau, gue sama si Neng dan beberapa orang yang duduk di depan gue (ini temen-temennya si Neng juga sih) ngerasa kalo adegan ini adalah adegan yang paling “krik.. krik..”. Mungkin gue terkesan tidak menghargai, tapi jujur kalo ini adalah sebuah karya film, mending adegan itu diedit dan dibuang aje *jahat*. Terus ada juga adegan yang menurut gue agak kurang nyambung, sebenernya bagus sih tampilannya, tapi terasa agak “maksa”. Belakangan gue tau kalo adegan ini merupakan adegan yang pertama kali muncul sebelum adegan-adegan lain terpikirkan jadi wajar aje kalo keberadaannya jadi (terasa) “dipas-pasin” dengan adegan yang lain, yup adegan itu adalah adegan “Membahas Cinta”. Adegan itu terjadi ketika Rendy sedang berjuang untuk menyelesaikan skripsinya, tiba-tiba dimainkanlah soundtrack film Habibie Ainun dan munculah sepasang penari yang kemudian muncul juga beberapa penari lain. Hmmmm, mungkin guenya aja kali ya yang ndablek sampe ga nangkep maksud dari adegan itu. Ehtapi mungkin ada sedikit nyambungnya sih, ketika di adegan berikutnya dijelaskan kalo skripsinya Rendy itu tentang film Habibie Ainun *jadi sebenernya nyambung dong ya? Hehe..* Hmmm ada satu lagi, adegan yang agak kurang sreg di hati, adegan rumah sakit. Gue ngerasanya adegan tersebut terlalu riweuh untuk sebuah rumah sakit, gak seheboh itu sepertinya lalu-lalang yang terjadi. *resek yee gue*

Adegan pasar yang haemmmm..

Adegan Habibie - Ainun

Adegan rumah sakit tanpa lalu-lalng yang heboh

Ada lagi beberapa hal yang bikin pagelaran ini semakin keren, salah satunya adalah tata cahaya. Mantep banget!! Jauh lebih baik dari pagelaran terdahulu, sangat mendukung setiap adegan. Terus hal berikutnya adalah tata multimedia (apaan dah?). Pokoknya semua yang tersaji di background panggung. Smsan antara majikan dan pembantunya, skripsinya Rendy, semua-muanya keren dan sangat memperkuat setiap adegan deh pokoknya! Hal terakhir yang juga gak kalah pentingnya adalah properti di sepanjang pagelaran, simpel tapi semuanya tepat guna dan ga berlebihan. Properti yang paling oke sih ada di adegan operasi. Siluet yang dokter yang sedang operasi begitu nyata, great job! Oiya alur keluar masuk si properti juga rapi, mantep deh buat stage manager and crew.

Adegan tawuran dengan tata cahaya yang uwow!

Siluet operasi yang tampak begitu nyata


Untuk hal di luar pagelaran yang menurut gue juga menarik adalah wall of fame, tempat tamu bisa berfoto suka-suka dengan background baliho MBIC2 yang segede gaban. Buku acaranya juga keren, terutama buat designnya. Terus ada satu hal yang sebenernya gak terlalu penting, tapi entah kenapa sempet gue perhatiin, id card panitia, hehe tajir yee kayaknya.

Aksi gue dan si Neng di Wall of Fame





Bareng Diah dan ID Cardnya yang keren (dan mahal sepertinya)

Si Neng dan temen-temen pengurus 2008. Dan gue gak sempet foto bareng temen pengurus 2010.

Secara keseluruhan, MBIC2 ini sangat menarik dan jauh lebih bagus dari MBIC yang pertama. Konsep semakin kuat, eksekusi semakin bagus, ragam tampilan yang makin beragam. TOP!!

Buku acaranya bagus!






Berikut foto beberapa adegan yang gue ambil dari sini.

















Hoho banyak banget ye udah yang gue komentarin, udah berasa yang paling bener aje gue ngasih beberapa kritik. Tapi gak apa ya, kan biar para pemain dan semua orang di balik layar tau gimana tanggepan penonton akan pagelaran yang udah disajikan. Semoga ke depannya akan semakin banyak pagelaran marching band dengan rasa yang semakin baru. Dan buat MBIC2, kalian berhasil menyajikan pagelaran marching band dengan rasa yang semakin baru dan alhamdulillahnya semakin lezat!

2 Responses to “MBIC2 (Kerjaku, Kerjamu, Kerja Kita): Marching Band dengan Rasa yang Semakin Baru”

  1. Shanti says:

    Ndun makasih yaaa.. Ehehehe..

    Oh iya adegan yg menurut lu keramean itu bukan ngegambarin keadaan di RS tapi di jalanan menuju RS. Gimana, kalo buat jalan raya masih keramean ga? :p

  2. Sama-sama Bu Stage Manaher..

    Hoooo itu jalan raya ya? Cukup sih untuk hebohnya, tapi berarti pesannya gak nyampe di gue ya? Hmmmmm...