Betawi, sekolah tinggi?


.

“Orang Betawi sekolah tinggi? Orang Betawi biasanya cuma jago megang meteran!”

Itu yang diucapkan pertama kali oleh salah seorang bos di kantor, pas gue pamitan mau ninggalin kantor dalam waktu yang agak lama.

Sedih sih, tapi yaaaah emang begitu kenyataannya.

Eh, btw, pada ngerti kan maksud pernyataan di atas? Intinya, menurut beliau, orang Betawi itu jaraaaaang banget yang sekolah tinggi. Nah maksudnya megang meteran itu, meteran buat ngukur tanah, jadi orang Betawi itu kerjaannya jualin tanah warisan, sekolah gak penting, kan masih banyak tanah warisan yang bisa dijual. Tapi ini emang bener siiiiiiih, di keluarga besar gue juga begitu. Sayangnya, sekarang tanah warisan udah pada abis, tinggal deh keturunan yang sekarang pada keblangsak, taraf hidup belum naik tapi udah gak ada lagi yang bisa dijual.

Enyak babeh gue sendiri emang dari awal gak punya tanah yang bisa dijual. Babeh gue dapet warisan sebidang tanah yang sekarang ditempatin keluarga gue, jadi yaaaah gue udah gak bisa meneruskan trdisi itu, untungnya. Sebenernya sekalipun warisan tanah gue banyak jugak gak bakal gue jual sih, sekarang harga tanah cepet banget naeknyaaaaa, jadi mending dieman-eman.

Oke balik ke pernyataan bos gue di atas, kenapa bos gue ngomong begitu? Itu karena gue ijin mau ninggalin kantor buat lanjut S2 di Seoul!! Yippiiieee..... Yup, itulah alesan kenapa saat ini gue tinggal di Seoul. Gaya beut!!

Saat ini gue lanjut sekolah di Seoul National University (SNU), pecinta Korea pasti pada tau doooooong SNU? Sejujurnya, ketika daftar, gue gak tau loh SNU itu kampus macam apa, dodol ye? Tapi beneran, gue sama sekali clueless tentang SNU. Terus kenapa akhirnya gue pilih SNU? Itu karena dari sekian universitas yang ditawarkan, cuma SNU yang menawarkan program studi yang paling cocok buat gue. Oiya, program studi yang gue ambil adalah Master of Public Management and Public Sector Reforms, berat yak? Gelar yang akan gue dapetin nanti adalah MPA, Master of Public Administration. Program studinya sangat cocok dengan kerjaan gue saat ini terus juga inline sama jurusan gue pas S1 dulu, Administrasi Negara (sekarang dikenal dengan Administrasi Publik). Jadi nanti kalo mau jadi Profesor, gue tinggal lanjut PhD di Public Administration juga, aamiiin ya Allah.

Ini kalo di UI namanya Gerbatama

Gue baru tau SNU itu kampus seperti apa, pas lagi masa-masa proses seleksi, setelah temen gue nanya SNU rangking berapa dunia? Laaaaah gue mana peduli, tapi karena ditanya begitu, akhirnya gue nyari tau, daaaaaan woooooow. Kalo berdasarkan QS World University Rangkings, di 2017 ini SNU peringkat 36 dunia!!! Huwooooooo banget kaaaan? Ini beneran gue gak sadar awalnya, hehe. Temen gue yang pernah kuliah di Korea, pas gue konsul masalah kehidupan di sini, doi bilang SNU itu kalo di Indonesia itu kayak UI. Lain lagi komentar temen gue yang penggila Korea, pas tau gue kuliah di SNU, komentarnya adalah: “Oemji, itu(SNU)kan unggulan parah, idaman penduduk endemik sana”, hahaha penduduk endemik banget?? Oiya, pas udah sampe sini, kalo warga lokal nanya kuliah di mana, terus kita jawab Seoul Dae (singkatan dari 서울대학교, Seoul Daehakgyo, official name SNU in Korean), mereka langsung senyum sambil manggut2, terus ngacungin jempol, abis itu nunjuk kepala, yang artinya silahkan tafsir sendiri, hehe... Mendapati fakta begini gue langsung megar doooong idungnya, banggalah pastinya. Ternyata banyak orang yang pengen masuk sini, dan gue apply sini dengan pengetahuan gue akan SNU yang 0 *kemudian dijambak pendamba SNU*.

Ini temen seangkatan plus dosen Basic Korean. Ada 27 orang dari 17 negara, 4 benua

Kok gue gak riset dulu sebelum daftar?

Begini ceritanya, *ini macam acara di tv mana yaaa?*, gue kuliah di SNU itu karena dapet beasiswa dari Korea International Cooperation Agency (KOICA). Nah waktu itu KOICA ngasih penawaran beasiswa buat kuliah di Korea, list yang mereka kasih itu ada 15 jurusan berbeda dari 13 universitas di Korea. Dari semua jurusan yang ditawarin, cuma ada 2 yang nyambung dengan background pendidikan dan kerjaan gue, SNU sama satu lagi Sungkyunkwan University (SKKU). Berhubung SKKU lebih condong ke local government, jadi tanpa pikir panjang lagsung aja gue pilih SNU. Waktu itu juga karena waktu yang dikasih mepet, sekitar 5 hari kerja, jadi waktu yang ada langsung gue alokasikan buat ngurus required document yang segambreng itu. Gak sempet lagi gue riset SNU itu apa, lagian emang gak ada pilihan universitas lain sih yang jurusannya pas.

Presentasi Country Report, bahagianya jadi orang Indonesia, banyak gambar bagus yang bisa ditampilin
Buat sekarang itu dulu aja kali yaaaak ceritanya. Cerita proses gue seleksi, berkas kelengkapan, plus drama2 sebelum keberangkatan ntar aja ya di postingan terpisah.

Semacam suplemen biar tahan banting!

Intinya, alhamdulillah saat ini gue bisa lanjut sekolah S2 di Seoul, tepatnya di SNU. Alhamdulillah juga gue bisa membuktikan kalo Betawi tulen gak cuma jago megang meteran, tapi ada yang lanjut sekolah tinggi juga. Oiya, ngomong2 soal Betawi, jadi......, eh kan lupa kalo mau udahan, hehe... Ntar lanjut lagi ya di postingan berikutnya. Doain aje semoga gue terus rajin nulis. Doain juga gue lancar kuliahnya yaaaaa, aamiiin.... 

BONUS!! Beginilah rupa salah satu dosennya, alhamdulillah gak bikin ngantuk, hehe...