30 Ulasan Mantenan Pangeran, Ulasan 6: Video Perjalanan


.

Sekitar akhir 2010, gue nemenin si Neng buat kondangan ke temen Enyak-Babehnya si Neng di Pewayangan. Kebetulan waktu itu Enyak-Babehnya si Neng lagi pergi Haji, jadi kami yang mewakilkan.

Di acara mantenan ini ada sesi nonton video bersama, videonya berisi kisah kedua penganten di mana videonya dinarasikan oleh penganten ceweknya. Acara nonton video ini dilakukan setelah prosesi kirab, setelah penganten duduk lampu dimatiin dan mc woro-woro buat nonton video yang akan diputar. Huwiiii patut ditiru nih, semua orang fokus ngeliat videonya dan akhirnya tau gimana kisah perjalanan kedua pengenten.

Nah pas proses persiapan kemaren gue sama si Neng akhirnya berniat mengadopsi hal ini *anaknya suka ikut-ikutan*. Kami berencana untuk menampilkan video perjalanan kami setelah prosesi kirab, dengan meredupkan lampu dan diawali dengan woro-woro mc juga tentunya. Pemutaran video ini juga bisa masuk ke unsur Betawi di mantenan gue, yaaah anggep aje nonton layar tancep bareng, hehe.. *maksa*

Konsep videonya menceritakan perjalanan kami, mulai baru ketemu di MBUI sampe akhirnya kami memutuskan buat nikah. Karena ogah menghire vendor video prewedd, gak ada budget juga sih sebenernya, akhirnya kami memutuskan untuk membuat video yang isinya slideshow foto. Inspirasi slideshow ini gue dapet inspirasinya dari temen SMA gue, videonya bisa diliat di sini. Untuk fotonya sendiri diambil dari beberapa koleksi yang udah ada, nah sebagian lagi sengaja dilakukan pengambilan gambar buat mendukung cerita, cerita pengambilan gambar bisa dicek di sini.

Ketika hari H ternyata ada drama masalah video ini. Jadi ceritanya, Arief, sang creator video ini gak tidur semaleman buat ngeburning video ke dalam bentuk dvd, entah kenapa semaleman itu burningannya agak eror. Sekalinya bisa, di tengah jalan ngeburning mati lampu dan kebetulan laptopnya Arief lagi ga pake batere, cuma dicolok aje ke terminal lisrik, walhasil gagal sudah burningannya. Sampe subuh masih juga belum berhasil. Akhirnya Arief menyerah dan bermaksud memutar videonya menggunakan flashdisk ataupun harddisk. Subuh itu juga Arief langsung berangkat ke gedung, pas ketemu sama vendor big screen dan proyektor, barulah diketahui ternyata videonya ga bisa diputer pake media flashdisk maupun harddisk!! Kayaknya saat itu Arief dan seorang PIC video, Bhagas (sepupunya si Neng), udah mulai panik. Mereka berdua langsung inisiatif buat nyari tempat burning di sekitar Deptan. Sayangnya, karena saat itu masih pagi banget jadi susah nemu tempat burning yang udah buka. Setelah keliling-keliling, Alhamdulillah mereka nemu tempat burning yang udah buka di belakang Ragunan. Fiuuuhhhhhh…. Mereka dipesen sama vendor big screen dan proyektor untuk burning dalam bentuk .DATA, instruksi dijalankan.

Kelar burning, langsung balik ke gedung buat nyoba muter hasil burningannya. Daaaaaaaaaaaannnnn DVD Playernya gak bisa muter videonya!!!! Gak kebaca filenya. Suasana makin memanas, waktu juga semakin sempit!

Opsi terakhir, muter video dari laptopnya Arief. Alhamdulillah bisa diputer, haeeemmm tau gitu dari tadi langsung pake laptop Arief. Eiiittt tunggu dulu, video bisa dimainkan, tapi suaranya gak keluar!! Oh maymay, seru banget yeee kayaknya. Diotak-atik berkali-kali, Alhamdulillah akhirnya bisa juga. Fiuuuuhhhhhh, udah mepet jam 11 banget itu. Syukurlah bisa juga akhirnya. Perjuangan yang sangat melelahkan demi memutarkan video perjalanan gue dan si Neng. Tengs beratlah buat Arief dan Bhagas yang udah senam jantung di Sabtu pagi, 23 Maret 2013. Karena pake laptop Arief, akhirnya doi standby terus di depan laptop sepanjang acara, jaga-jaga takut ada masalah di tengah acara. Karena hal ini, akhirnya tugas utama Arief di hari itu gak bisa dilaksanakan dengan baik. Doi harusnya bertugas untuk mengambil foto dekorasi dan foto candid. Bener-bener disayangkan, hasil jepretan Arief sangat sedikit dan jauh dari ekspektasi gue dan si Neng. Gue sama si Neng maklum sih, gue juga kebayang gimana keadaan saat ini yang membuat Arief kehilangan fokus buat motret. Sekarang sih gue berdoa, semoga hasil dari vendor foto mantenan gue bisa sesuai harapan gue.

Gue ga tau sama sekali tentang kondisi ini saat itu, mungkin emang sengaja ga dikabarin biar gue gak ikutan panik. Gile aje kalo sampe gue tau, bisa-bisa gue gak tenang deh buat akad dan resepsi, yang ada gue ikutan panik dan bolak-balik nanyain gimana keadaan video itu.

Perjuangannya cukup berat, terus hasilnya? Alhamdulillah semua suka dengan videonya, beberapa ada yang terharu, gak sedikit juga yang mupeng pengen bikin hal yang sama di mantenannya suatu saat nanti. Aaaaah demen banget dah gue kalo kaya gini, bisa berbagi kebahagiaan sama orang sekaligus menginspirasi banyak orang juga, yaaah walopun hasil nyontek dari sana-sini juga sih, hehehe…

Penasaran sama videonya? Nih gue kasih, tapi sorry yeee, filenya gue kecilin sekecil-kecilnya, jadi agak kurang bagus. Soale suseeeeh uploadnya kalo kegedean.