Ketipu Tukang Bajaj: Semoga Berkah deh Bang!!


.


Hari Sabtu lalu (080912) gue sama si Neng ke Bendungan Hilir (Benhil) buat ngegunain voucher makan yang gue beli di Living Social. Oiya ngomong-ngomong tentang Living Social, ini adalah situs yang jual voucher murah meriah. Mulai dari makanan, barang, jasa maupun paket perjalanan. Gue sendiri baru tau situs beginian sekitar dua bulan lalu. *kemane ajeeee?*.

Nah yang kemaren gue beli adalah voucher makan Sushi buat berdua di resto yang bernama K*to Sushi. Berhubung gue sama si Neng doyan kaga ketulungan sama yang namanya Sushi, jadilah kami jabanin buat ke Benhil di tengah hari yang terik melirik.

Sampe di Benhil sekitar jam setengah 12 siang, matahari bersinar dengan sumringah. Pokoknya cerah luar biasa, nih kalo mao ngejemur baju buat para enyak cocok banget dah. Berhubung gue ga tau di mana resto sushi yang dimaksud dan GPS juga gue kaga gablek ditambah cuaca juga lagi cerah-cerahnya, maka jadilah gue ngajak si Neng buat naek bajaj yang emang lagi pada ngetem di depan pasar Benhil.

Gue nyamperin tukang bajaj dan menanyakan alamat yang gue tuju. Supir bajaj pertama yang gue datengin bilang tahu alamatnya dan ngasih tarif 10 ribu, huweeewwww mahel amet yak!! Gue jelas nolak lah.. Pas tau harganya segitu, gue sama si Neng berniat buat jalan aje, eh ada supir laen yang manggil dan ngasih harga 8 ribu. Karena panas udah niatan lil alamin mau ngebakar kulit gue sama si Neng, akhirnya kami mengiyakan *kulit udah item, kaga mau tambah item lagi*.  Yaaaah yasudahlah, secara gue juga kaga tau di mana tempatnya, takutnya jauh banget. Daripada meng-eksotis-kan kulit, pan mending gue naek bajaj aje. Setelah naek kami pun diajak menyusuri Jl. Bendungan Hilir Raya.

“Wuiiiihhhh jauh juga kalo jalan kaki. Kulit udah bukan eksotis lagi tapi bakal superduper gosong kalo gue tetep jalan.”

Ini yang terlintas dipikiran gue pas tau kalo jaraknya jauh banget. Tapi tiba-tiba tuh bajaj muter balik arah.

“Hmm mungkin mau nyari jalan lain yang lebih deket, semacam jalan tikus gitu.” Khusnudzon banget pan gue?

“Lah pan balik lagi ke tempat gue naek tadi?” Tereak gue dalem ati pas tau arah yang hendak dituju sama si bajaj.

Toeng toeng banget dah pas si abang bajajnya bilang udah sampe. Haeeemmmmmmmm untung gue sama si Neng emang udah kelelahan dan ga ada hasrat buat mencak-mencak, jadi gue langsung aje ngasih duit ke si abang bajaj dengan muka penuh lipetan.

Yaaaaah anggep aje lah gue tadi nostalgila masa kecil, naek andong keliling kampung, cuma bedanya sekarang andongnya beroda 3 dan kampungnya udah modern.

Intinya, kalo mau naik apapun, entah itu ojek, bajai atau taxi sekalipun, pas nego harga pastiin bener kalo si pengemudinya tau alamat yang kita tuju, khawatirnya kita diajak keliling yang bikin tarif jadi mahal. Kalo perlu nih yaaaaa, bikin perjanjian “Kalo ternyata jaraknya deket dan cuma diajak keliling doang, saya gak mau bayar!”

Oiya buat abang bajaj yang kemaren, makasih ya udah ngajak ayeh sama si Neng ngider Benhill. Semoga berkah ya duitnya. Oiya, saran ayeh sih mending ganti usaha jadi tukang andong keliling aje. Duitnya jaauuuuuhhhh lebih berkah, malah keberkahannya berlimpah karena bikin seneng anak-anak.