Tuan Tanah vs Penjual


.


“Kalau misalnya kita punya tanah 100 Ha, terus kita pake buat keperluan kita 50 Ha, sisanya kita bikin bangunan dan kita sewakan buat para pedagang. Nah suatu saat kita mau ambil tanah 50 Ha yg kita sewakan buat anak-anak kita, karena sebagian pedagang sewanya udah mau habis dan yang belum habis akan kita kembalikan uang sewanya secara proporsional. Menurut Abang gimana?”

Pertanyaan yang sangat membuat gue berpikir dari si Neng pagi ini (settingnya gue lagi nemenin si Neng nunggu kereta di Stasiun UI). Sebenernya pertanyaan si Neng ini buat analogi tentang kasus antara PT. KAI dan para pedagang di sekitar stasiun.


Okeh gue coba jawab pertanyaan si Neng. Dari sisi yang punya tanah, gue bakal bilang hak gue dong mau make tanah gue. Toh itu kan milik gue dan saat ini gue sedang membutuhkannya, apalagi juga gue sering dikomplain tetangga karena yang jualan di tanah gue pada suka seenaknya bikin kotor dan kadang juga mengganggu orang yang mau lewat. Kenapa juga orang-orang jadi ngatain gue sebagai penjajah atau apalah itu semua omongan kotor. Hak gue gitu buat ngegunain milik gue

Okeh emang sangat egois terdengarnya. Pasti pada tereak, “Kenapa gak mikirin rakyat kecil? Kalo kami ga boleh jualan di tanah ini, berarti situ udah menutup pintu rezeki kami. Kami juga butuh makan. Jangan jadi orang jahat deh!!”.

Boleh gue jawab dari kacamata gue juga sebagai rakyat kecil dan orang susah? Boleh yaaa. Gue sih mikirnya, rezeki Allah yang ngatur. Kalo satu pintu udah ditutup, maka udah saatnya kita buat nyari pintu lain lagi. Barangkali Allah menutup satu pintu itu agar membuat kita tidak terlena akan kenyamanan yang ada, agar kita mau lebih berusaha dan berkembang lagi.

Kita jangan terlalu bergantung pada satu hal aja. Jangan karena kita udah ga bisa berjualan di suatu tempat terus kita ga bisa berjualan lagi. Mereka hanya menutup tempat untuk berjualan, bukan melarang kita untuk berusaha. Harusnya dengan masalah ini kita jadi bisa berpikir keras gimana caranya kita bisa lebih berkembang. Hayooo segera hilangkan budaya yang berkembang di Indonesia, karena semua sudah disediakan jadi malas berfikir untuk menciptakan sesuatu dan hanya bergantung dengan apa yang sudah disediakan.

Iyeeh gue emang bukan pedagang, jadi gue ga tau gimana rasanya susah nyari tempat, ga tau juga gimana rasanya jadi pedagang kecil. Tapi gue juga rakyat kecil, gue juga orang susah, sama dengan kalian. Kalo aja dulu gue mikirnya “Nanti gue kuliah gimana ya? Duitnya dari mana ya? Nanti kalo Bapak ga bisa nanggung, gimana gue makan? Terus gimana gue ngerjain tugas, sedangkan gue ga punya komputer ataupun laptop?”, yakin dah ga bakal bisa gue kuliah. Intinya yakin dan berusaha aja.

Sotoy banget yee gue ikut-ikutan komen masalah beginian? Tapi, semoga tulisan gue yang gak jelas juntrungannya ini bisa bermanfaat.

Sekian kali yee cuap-cuap dari gue.

Salam ES CE TE VEEEEEEEEEEE *ala Jeremy Teti*