30 Ulasan Mantenan Pangeran, Ulasan 16: Dokumentasi Pernikahan; Faceboxx


.

Banyak banget perintilan mantenan yang sangat penting sebenernya, beberapa menganggap makanan yang paling penting, yang lain menganggap dekorasi yang utama, ada juga yang bilang kalo riasanlah yang terpenting. Belakangan gue juga menemukan calon pengantin yang menganggap dokumentasi as the most important things, alasannya sih setelah acara berakhir yang bisa dikenang adalah hasil dokumentasinya, klo rias dan dekor mah udah dicopot dr h+10 menit, makanan malah udah berubah jadi p**. Hmmm alasan yang cukup masuk akal.

Gimana buat gue? Gue menganggap semua penting dan tentunya gue pengen menghire vendor idaman buat semua elemen, tak terkecuali dokumentasi. Pengen banget punya dokumentasi mantenan yang mantep. Dari awal gue udah bermimpi kalo mantenan gue didokumentasikan oleh Lightbrush Photoghrapy. Alasannya? Gue sangat suka dengan semua hasil foto dan videonya.. Semua yang tertangkap oleh kamera seolah-olah mengurai cerita yang beragam. Foto-fotonya seolah hidup, wedding clipnya bener-bener menghanyutkan.

Sempet minta pricelist ke marketing Lightbrush, daaaaaaaan towewewewwwww, mahal gilak!! Ngajuin proposal langsung ditolak mentah-mentah pastinya. Sempet kepikiran buat nyari cara biar bisa dapet harga murah dari Lightbrush *insting enyak-enyak pasar keluar*, tapi udah gak ada waktu. Akhirnya cara yang gue tempuh adalah minta bantuan dua orang temen buat ikut jadi tim dokumentasi di acara gue, gue sodorin ke mereka foto-foto hasil lightbrush, biar mereka ada gambaran seperti apa hasil yang gue inginkan. Eksekusinya? Gak mirip sama sekali dengan lightbrush, hehe wajar sih, mungkin skillnya belum seoke punggawa-punggawa lightbrush, terus juga gak gue bayar secara professional ato malah gratisan, jadi yaaaaah yasudahlah.

Akhirnya gue dan si Neng memutuskan buat make vendor rekanannya Puspita Sawargi. PS menyodorkan 4 vendor yang udah jadi rekanan mereka, yaitu:
1.      Graha Kencana 
2.      Creative
3.      Faceboxx
4.      One Studio

Dari semua vendor yang disodorin, secara kualitas gue akuin One Studio yang paling unggul, sayangnya kalo mau pake vendor ini harus ada tambahan biaya sebesar 1 juta. Berhubung waktu itu budget udah bener-bener mepet dan akan dialokasikan buat penambahan porsi makanan, jadi vendor ini kami coret. Tersisa 3 vendor, setelah gue dan si Neng review hasil dari kesemuanya, Faceboxx lah yang akhirnya didaulat sebagai vendor dokumentasi mantenan gue. Menurut gue dan si Neng sih hasil Faceboxx lebih rapih dari dua vendor lainnya, album kolasenya juga gak norak, angel fotonya juga gue suka.

Pertama kali ketemu sama tim Faceboxx pas TM di Deptan, waktu itu Mas Agus yang dateng dan dialah yang akan jadi juru foto diacara gue nanti. Hmmm overall sih Mas Agus ini orangnya asik dan kooperatif, mau ngedengerin request gue dan si Neng. Kerjaan pas hari H juga gak ada masalah (kayaknya sih gitu).

Ketepatan waktu juga (harusnya) oke, karena gue dikabari kalo hasilnya udah jadi seminggu lebih cepat dari waktu yang dijanjikan, 21 hari kerja. Sayangnya ada sedikit masalah. Gue membebaskan tim Faceboxx buat berkreasi, jadi foto yang akan ada di album kolase mereka yang pilih sendiri, desainnya mau gimana juga gue bebaskan. Request gue dan si Neng adalah tidak ada sedikitpun tulisan menye-menye di album kolasenya, desainnya jangan norak daaaaaaaaan sebelum naik cetak mesti kirim ke gue dan si Neng dulu. Kalo kami acc baru boleh naik cetak.

Tetiba si Neng ditelpon pihak Faceboxx kalo hasilnya udah jadi dan udah dicetak tanpa acc dari kami. Hmmm mungkin mereka sengaja nelpon si Neng biar gak gue omelin kali, soale kan yang selama ini berhubungan gue bukan si Neng, jadi kenapa si Neng yang ditelpon?. Mereka juga sampe titip salam permohonan maafnya buat gue. Sedikit kesel sih, tapi pas gue liat hasil softcopy yang dikirim keselnya jadi hilang, gue puas karena sesuai dengan request. Akhirnya gue hubungi via surel buat minta dikirimin langsung album dan perintilan yang lainnya, email tak berbalas akhirnya gue telpon Mas Agus. Dan apa yang terjadi coba?!!? Cover dari albumnya salah, tanggal yang tertulis adalah 2 Maret 2013 bukan 23 Maret 2013. Mas Agus minta maaf banget, doi bilang kalo albumnya lagi dibongkar ulang dan akan dikirimkan kalo udah jadi. Nah kan, apa gue bilang. Bandel sih!! Dibilang jangan naik cetak dulu kalo belum acc, udah nyelonong cetak duluan aje. Kan kalo kaya gini rugi sendiri, mesti cetak ulang. Rugi tenaga, uang dan waktu. Kalo gue sih secara materil gak rugi apa-apa, secara waktu juga gak rugi karena masih dalam tenggat waktu yang dijanjikan.

Pas udah jatuh tempo gue hubungi lagi Mas Agus untuk minta hasilnya, Alhamdulillah udah jadi, dan hasilnya dianter langsung ke kantor gue.

Gue gak berekspektasi muluk-muluk untuk hasilnya, karena harga yang gue bayarkan (bisa dibilang) murah. Tapi pas udah jadi, gue puas kok dengan hasilnya, kinerja mereka di hari H juga oke. Bisa dibilang hasilnya lebih dari harga yang gue bayarkan. Terus buat foto detil dekorasinya juga gue appreciate banget, karena gue akhirnya bisa melihat seperti apa detil dekorasi yang gak bisa gue nikmatin pas hari H. 

Tengs beratlah pokoknya buat tim Faceboxx. Satu aja sih kritikannya, yah masalah request gue buat naik cetak setelah acc itu. Semoga lain kali gak lupa lagi dengan request dari klien.

Nih gue kasih liat hasil dokumentasi mantenan gue kemaren:

Akad Nikah dan Upacara Panggih:











Resepsi:












Ada foto dekorasi yang dibikin album juga sebenernya, udah pernah gue post di sini deng. Buat video kayaknya agak gak mungkin yee buat gue upload, gede banget filenya, suseeeehhhh...

Oiya, si Neng juga udah mengulas Faceboxx di sini.


Faceboxx
Jl. Raya Jati Asih No. 67
Bekasi
Bpk. Joko (0813 1942 9779)
Bpk Agus (0813 8134 9052)
Fax: 021 - 8243 5832