30 Ulasan Mantenan Pangeran, Ulasan 10: Cerita Resepsi


.

Udah 3 hari nih gue gak masuk kerja, gue abis kecelakaan berooh sist!! *gak santai*, hyehe… Jadi paska nikahan kmaren pan gue beli motor matic baru, ejiejiejieee. Motor buat operasional gue dan si Neng, lumayan banget gue bisa irit banyak dengan pake motor ini. Nah perihal kecelakaan gue itu terjadi Sabtu malam lalu (040513), kejadiannya di Belendung.

Malem itu gue keluar buat beli makanan, pas mau pulang gue nytarter tuh motor daaaaaaaaaaaan gue belum naikin tuh motor *dodol level 4*. Mungkin karena gue masih newbi dalam urusan motor matic kali ye, jadi tanpa sadar gue ngegas. Kalo motor biasa kan kalo belum masuk gigi, kaga bakal ngapah2 kalo digas sekenceng apapun. Lah ini, motor matic. Walhasil tuh motor ngibrit sekenceng-kencengnya umat, tangan gue (entah kenapa) ga bisa lepas dari stang motor. Karena gak sigap, akhirnya gue keseret dah tuh. Sumpeeeeh dah itu tangan gue susah dilepas, gue keseret agak jauh. Sampe akhirnya tangan gue kelepas dan motornya langsung gabruk ke arah kanan. Gue yg dari awal ada di sisi kiri langsung niban tuh motor, malangnya betis kanan gue nempel ke mesinnya yang masih panas. Huwadaaawwwwww, melepuh langsung. Bodohnya lagi sampe rumah, luka bakarnya itu gue sirem aer *dodol level 10*, jadilah kini betis kanan gue ada tambahan motifnya. Malangnya….

Skarang kita ambil positifnya aje kali yeee. Karena belum bisa masuk kerja, jadi gue punya waktu senggang banyak, berarti gue bisa nyicil ulasan mantenan gue, ohohoho… Sesuai janji gue di postingan sebelumnya, kali ini gue mau mengulas resepsi mantenan gue..

Setelah upacara panggih kelar, gue langsung ke ruang ganti. Karena udah sah, jadi gue barengan si Neng ruang riasnya, hohorraaaaiiii!! Gue dan si Neng langsung ganti baju, si Neng di retouch terus ada tambahan hiasan di kepalanya. Gue? Gue juga di retouch dongs *gak mau kalah*. Oiya pakaian resepsi gue dan si Neng kan sewanya di tempat berbeda dari salon yang kami pake, nah pas gue mau pake kaennya, ternyata wiron kaen gue salah, kebalik gitu. Gue yang emang gak ngerti sih gak ngeh, Eyang Madi dan anak buahnya ngerti semua, bahkan anaknya Eyang Madi, Om Urip, yang kebagian tugas buat sambutan di resepsi juga ngerti. Akhirnya tuh kaen di wiron ulang, yayaya ngikut aja deh gue mah. Takutnya banyak tamu yang ngerti masalah perwironan ini, terus negur gue terus-terusan, oh noooo!!












Kelar berhias, gue dan si Neng dipanggil buat foto di mini studio. Pas gue keluar ruang hias, uwewwww sodara-sodara gue se-Belendung udah dateng. Banyak banget!! 2 bus gede ditambah beberapa mobil pribadi, kurang banyak apa coba??! Gue dan si Neng mulai foto, keluarga inti gue dan si Neng ikutan juga tentunya. Rada canggung-canggung gimana gitu kalo foto ditonton banyak orang, gak bakat jadi model yeee, hehehe.















Btw, belakangan gue ketahui kenapa rombongan Belendung semua kumpul di deket studio mini (area belakang Deptan), karena pas turun dari bus, mereka semua masuk lewat pintu belakang bukan pintu depan. Hadeeuuuuhhh, encang-encing abang-mpok demen amat lewat belakang?? Noh isi buku tamu dulu di depan, gak dapet kupon souvenir looh nanti!!

Wah udah hampir jam 11!! Sesi fotopun disudahi, gue si Neng dan keluarga langsung digiring ke tempat awal kirab. Pas masuk ruangan, alamaaaaakjang….. Bagus banget dekornya, sumpeeeeeh dah. Tamu juga udah banyak yang hadir, warga Belendung yang mendominasi tentunya…







Kirab dimulai tepat jam 11 siang. Konsep kirab pengantin ini gue dan si Neng yang buat. Gue dan si Neng kirab diiringi dengan alunan merdu dari Brass Band MBUI yang ngebawain lagu Untukku-nya (alm) Chrisye, selain itu juga ada 4 orang colourguard yang menari dengan kipas di depan gue dan si Neng yang tentunya mempermanis suasana. Selain colourguard, ada dua orang patah yang lucu-lucu. Awalnya selain patah cewek, ada juga patah cowoknya. Adek gue, Yudha yang berusia 4 tahun dan sepupu gue yang berusia 5 tahun. Lucu pastinya ada dua pasang anak kecil di depan dua. Sayangnya pas menjelang acara, sepupu gue gak mau dipakein beskap. Adek gue karena sendirian, jadi ikutan gak mau jalan di depan gue, akhirnya doi ngintil Enyak gue aje. Haaaa yasudahlah…









Sepanjang kirab gue berusaha buat terus sumringah, lirik kanan-kiri sambil nyapa tamu-tamu yang udah dateng, sesekali juga liat-liat dekor yang beneran mentereng, hoho.. Gue mau terlihat bahagia di depan semua tamu, si Neng juga tentunya. Selama kirab, mc membacakan riwayat hidup gue dan si Neng, riwayat komplit tentunya yang udah gue siapin sebelumnya. Tujuannya sih biar tamu merasa lebih dekat aje dengan gue karena udah tau lebih tentang gue dan si Neng, bwehehehe…


















Selesai kirab, kami (gue, si Neng, Enyak Babeh gue dan si Neng beserta 2 patah) foto bareng dulu. Kemudian acara dilanjutkan dengan penampilan dari MBUI. Mereka membawakan lagu dangdut, Rindu Berat-nya Camelia Malik. Kenapa dipilih lagu ini? Alesannya sih biar meriah aje, soale kan lagu kirabnya mendayu-dayu tuh, hehehe sebenernya request khusus gue juga sih. Abis penampilan selesai, acara selanjutnya adalah nonton layar tancep bareng, hoho. Video berisikan kisah perjalanan gue dan si Neng ini sukses diputer, yah walopun penuh drama seperti yang gue post di sini, videonya berhasil memukau semua tamu. Kesuksesan pemutaran video ini juga bisa dilihat dari semua orang yang fokus nonton, gak sibuk masing-masing. Hal ini emang gue antisipasi sebelumnya, pokoknya gue emang sengaja ngeluangin waktu khusus buat semuanya nonton bareng, terus juga lampu Deptan sengaja gue minta buat diredupin pas pemutaran agar semua semakin fokus nontonnya. Alhamdulillah banget berhasil, hoho..














Kelar nonton layar tancep, acara dilanjutkan dengan sambutan yang dibawain sepupu dari Enyaknye si Neng yang juga anaknya Eyang Madi (dukun manten gue dan si Neng), Om Urip. Terus abis itu do’a yang dibawain temen Babehnya si Neng.








Acara dilanjutkan dengan santap siang, salaman - pemberian ucapan selamat buat gue sama si Neng - terus juga diselingi foto-foto, yaaah standarlah. Ada hal yang beda sih selama acara ini berlangsung, musik pengiringnya dari marching band dan juga ada tayangan slide show foto gue juga video perjalanan yang sebelumnya diputer di awal acara. Btw, selama sesi salaman gue selalu berusaha buat sesumringah mungkin, pokoknya gue pengen tamu merasakan kalo gue sangat berbahagia. Kalo dilihat dari foto sih sepertinya gue berhasil, hehe. Btw, nyengir lebar selama 2 jam tanpa henti itu bikin sakit kepala loooh, tepatnya kepala di bagian belakang telinga, beneran dah.. Ah tapi itumah gak masalah, yang penting pesan kalo gue sangat berbahagia sampe, hehe.. 
































Pukul 12.10 – 12.30 MBUI istirahat maen, nah harusnya di sini video perjalanan gue diputer ulang disambung dengan slide show foto gue dan si Neng tentunya dengan suara. Tapi, entah kenapa sepanjang 20 menit itu suara dari tayangan yang diputer gak keluar sama sekali. Sepi saupi deh acaranya, untung mc mantenan gue orangnya heboh, jadi kesunyiannya bisa tertutupi.

Setelah pukul 12.30 baru deh ada beberapa hal yang berbeda dari acara mantenan gue. Pertama adalah penampilan Brassband MBUI lengkap dengan colourguardnya [lagi]. Kali ini mereka bawain lagu Jali-Jali, ngewakilin unsur Betawi di kawinan gue dooong. Terus penampilannya makin apik karena colorguardnya nari dengan doubleflag… Acara berikutnya adalah pelemparan boneka, kaya yang gue ceritain di sini, gue dan si Neng mengganti bunga dengan boneka. Tamu yang hadir antusias semua untuk mendapatkan bonekanya, serulah pokoknya. Dari 5 boneka yang di lempar, ada satu yang dikasih tanda khusus, yaitu pita emas. Yang dapet boneka bertanda khusus ini adalah Agus, anak Tuba juga sama kaya gue, hoho cepet nyusul ya Gus!! Acara terakhir adalah penampilan gue dan si Neng bersama Brassband MBUI. Hohoho mantep kan ada manten yang main alat tiup marching band diacara mantenannya??!! Gue dan si Neng mainin soundtracknya Aladin, A Whole New World.







  








Selesai ketiga hal yang berbeda itu, acara dilanjutkan kembali dengan salaman dan foto-foto. Sepanjang 2 jam itu gue gak pernah duduk sama sekali looh. Salaman dan foto sepanjang acara. Kaga berhenti-berhenti tamu yang dateng, nyambung teruuuss!! Acara yang harusnya kelar jam 1, molor sampe jam setengah 2 lantaran banyak yang belum kebagian foto. Oiya gue sempet dapet piala bergilir dari temen-temen pengurus MBUI tahun 2010, hohoho perdana nih gue.. 



Sampe lampu gedung dimatiin, gue dan si Neng masih aje foto-foto. Terus sempet dikasih selamat juga sama Tante Lynda sang ownernya Puspita Sawargi, hooo rada bangga sih karena mantenan gue di datengin doi. Jarang-jarang looh Tante Lynda mau nongkrongin mantenan orang, hehehe.. Selain sama Tante Lynda, gue dan si Neng juga foto-foto sama panitia juga adeknya si Neng beserta pacarnya, foto caur pastinya. Terus diakhir acara, mas Agus dari Faceboxx kaya tau gitu gimana aslinya gue dan si Neng, doi langsung nyuruh kami berfoto dengan gaya bebas, pokoknya ancur-ancuran deh, hehe..




















2,5 jam bener-bener gak berasa, cepet banget waktu berlalu. Banyak yang ga sempet foto, bahkan penerima tamu juga gak sempet foto. Beneran deh yaaaaa, kayaknya gak puas aja, pengen nambah waktu lagi, gak sebanding dengan persiapannya yang setahun lebih. Eh tapi worth it sih persiapan selama itu, karena gue sendiri puas dengan keseluruhan acaranya, begitu juga dengan si Neng, keluarga juga tamu yang hadir. Banyak yang muji dengan konsep yang gue dan si Neng susun, banyak juga yang seneng dengan setiap detil yang ada di mantenan gue, mulai dari detil dekorasi, finger print guest book, memory tree dan detil acara. Hoooo Alhamdulillah deh kalo emang begitu mah.

Selesai foto-foto, gue langsung ke ruang vip buat makan. Masih banyak bener makanan, gue cobain beberapa dan kesemuanya enak, maknyuslah emang Puspita Sawargi mah. Pas gue lagi makan, keadaan gedung udah gelap dan dekorasi pun udah hampir selesai dibongkar. Kelar makan langsung ke ruang ganti, belum juga sempet ganti udah diburu-buruin dong dengan pihak gedungnya, udah disuruh gentian. Haaaa beneran yeee, sempit banget waktu. Kalo gue kelamaan emang kasian juga sih mantenan setelah acara gue, pasti mereka udah ketar-ketir karena takut gak keburu.

Fiuuuh kelar sudah semua rangkaian acara, senang? Bangetttt, lupa deh sama semua persiapannya kalo inget gimana acaranya berlangsung dan gimana tanggepan orang-orang dengan keseluruhan acaranya.

Daaaaaaaan sekarang gue kaya belum bisa move on dari urusan persiapan mantenan. Gue masih suka blogwalking, ngeliatin review vendor, nyari inspirasi perintilan mantenan, bahkan mantengin sepak terjang vendor-vendor yang gue pake. Hmmm kalo begini ceritanya, mending gue kerja di WO aja apa ya? Mengkonsep acara, nyariin vendor dan tetep ngurusin perintilan di hari H.. Ada yang mau merekrut gue? Ehehehehe….