Seni dan Sensasi Pengekost


.

Nih tulisan gue buat terinspirasi dari hasil smsan gue dengan seorang teman gue yang udah lumayan uzur,,(hhe..piss) yah intinya udah cukup lah buat makan asam garem kehidupan.. sebut saja ia dengan sebutan Uswah (memang nama sebenarnya,,).. Pokoknya waktu itu kami smsan ngebahas salah satu teman kami, yaitu J*dy yang katanya mau pindah kostan ke wilayah KUKEL (belakang UI,,Kelurahan Kukusan-red),, terus si pria ini mengeluarkan wacana kalo dia berniat untuk masak nasi sendiri ketika pindah kostan nantinya.. sontak kami b2 kaget bukan kepalang,, yah gimana ga kami mengenal pria yang akan segera lulus dari broadcast UI ini adalah sosok yang sangat royal,, apalagi kalo urusan jajan.. bahkan kami aja menjuluki dia “jajan boy”!!


Balik ke topik,, buat mahasiswa yang rumahnya jauh dari kampus untuk ngekost adalah harga mati yang harus dipilih!! Gak mungkin kan orang yang rumahnya di Kediri dan kuliah di Depok mesti PP tiap hari,, yang ada belom ampe lulus semua harta orang tuanya udah ke jual… Tapi pertanyaan yang kemudian muncul adalah apakah semua mahasiswa yang ngekost pernah merasakan bagaimana seni dan sensasi yang ditimbulkan dari ngekost itu sendiri?


Emang apa sih seni dan sensasi yang di timbulkan dari ngekost? Nih gue jelasin seni dan sensasi ngekos versi gue (inget ya sekali lagi versi gue,,jadi kalo ad yang ga setuju yah silahkeun...!!) Biasanya kan kalo tinggal di rumah semuanya serba ada,, makan di sediain,, baju dicuciin,, pengen nyemil tinggal ambil,, nonton tv yah seenaknya,, cuci piring ga pernah,, boro2 nyapu rumah beresin kamar aja ogah2an,, duit bisa minta setiap saat keortu… Tapi kalo sampe ngekost kita masih ngedapetin itu semua,, yah di jamin kaga ada kesannya dah.. kaga ada cerita yang bisa di kenang ketika kita semua udah jadi “orang” nantinya.. idup kita lempeng2 aja,, kaga ada lika-likunya!! Pasti lu semua setuju kan kalo naik Halilintar di Dufan yang bikin seru itu karena ada lika likunya,, ada naik turunnya,, ada yang bikin kita kebentur2 ampe rasanya badan pada sakit,, coba bayangin kalo jalan yang dibuat itu kaya kereta2an di pasar malem.. Cuma lurus terus kaga ada rintangannya,, dan muter2 disitu aja,,, bisa-bisa Dufan tutup karena sepi pengunjung…*lebay


Alhamdulillah gue sama uswah ngedapetin seni dan sensasi dari ngekost.. yah kebetulan kita berdua berasal dari keluarga yang tidak berkelebihan,, jadi ngapain juga mau gaya2an.. nih gue paparin satu persatu yang pernah kami alami (lebih banyak guenya sih dari uswah),,huehuhehu….


1. Terjerat dalam lingkaran setan dalam urusan perhutangan adalah hal yang sangat lumrah., seru banget dah pinjem meminjem duit karena belom dikirimin duit ato emang ga dikirimin duit lagi.. tapi justru ini yang ngebuat ikatan pertemanan menjadi kuat,, hha….. gue pernah waktu itu pada suatu malem,,gue ngebayar utang ke x,, eh si x ngebayar utangnya ke y,, dan y ternyata punya utang ke gue.. jadilah kita saling membayar,, seru deh pokoknya!! dengan hutang menghutang (apa coba?) kita jadi terbiasa untuk saling ngebantu,, tapi inget utang ya tetep utang yang harus di bayar… jangan ampe lantaran utang kita jadi berantem,, yah sukur2 ada temen yang baek mau mutihin utang kita.. *ngarep!!


2. Nyuci nyetrika sendiri… yah mungkin kalo di rumah kita sungkan buat nyuci nyetrika sendiri,, tapi kalo udah ngekost mah masa masi tetep sungkan juga.. cobain deh buat ngelakuin hal ini,, ga seru kali kerjaan kita cuma nganter baju kotor ke laundry,, terus ngambil lagi bajunya udah terstrika rapi.. kan kalo kita ngerasain sendiri kita jadi lebih tau gimana capeknya orang yang biasanya nyuci nyetrika di rumah.. lagian kan lumayan kalo kita nyuci nyetrika sendiri duitnya bisa di simpen buat yang lain..


3. Kalo biasanya di rumah kamar kita berAC,, kamar mandi di dalem,, tivi ada sendiri di kamar,, abis makan langsung di tinggal gitu aja,, coba deh pas ngekost kita tanggalkan itu semua… yah emang sih buat sebagian orang yang emang udah terbiasa dengan kenyamanan dari kecil rada susah buat ninggalin itu semua,, tapi apa salahnya buat nyobain gimana tidur tanpa ac,, mau mandi mesti rebutan,, abis makan kita mesti ngeberesin dan nyuci piring sendiri,, terus nonton tivi mesti numpang2 (hha…… curcol).. yah sekali lagi ini bukan membiasakan kita untuk terus hidup susah sampe kapanpun tapi lebih kepada ada yang bisa diceritain dan di share buat memotivasi anak cucu kita ketika kita udah jadi orang yang sukses nantinya..*full confident


4. Buat urusan makan coba deh yang ga pernah kita pikirin sebelumnya… udah sangat biasa kan kalo makan di kantin ato di rumah makan cepat saji ato di manalah gitu yang menawarkan kenyamanan dengan harga yang ga bikin nyaman.. sekali2 cobain tuh yang namanya warteg,, warung angkringan,, ato apalah yang sesuai dengan kantong mahasiswa… Cuma mau share nih,, bahkan gue pernah bertahan hidup dengan dua bungkus mie instant selama 2 hari,, caranya gue ga rebus tuh mie,, tapi cuma gue remes terus dimakan deh buat dijadiin lauk,, nasinya masak sendiri.. terdengar menyedihkan memang,, tapi gue bangga karena otak gue bisa berjalan dengan baik untuk berpikir kreatif bagaimana bisa terus bertahan dalam keadaan tersulit apapun,, dan sekali lagi cerita ini bakal gue kenang selalu buat memotivasi adek,, keponakan,, anak dan cucu gue nantinya..


5. Gimana dengan masalah pembayaran kostan? Ayo ngaku siapa yang suka nunggak bayar kostan,,ehehe….. ga usah malu2,, itu hal yang biasa kali.. gue aja sering,, dulu gue pernah nunggak sampe 5 bulan,.. hha… lucu juga kalo di inget2.. mbak kostan gue cuma dateng tiga kali seminggu,,jadi gue selalu nebak2 kapan dia datengnya dan gue bisa ngumpet biar kaga ketauan.. gue sering berangkat lebih pagi ke kuliah lantaran takut ketemu mbak kostan,, kalo mbak kostan dateng dan kebetulan gue ga ada kuliah yang gue lakukan adalah gue mengurung diri di dalem kamar dan bertindak seolah2 kaga ada gue di dalem kamar..hha,, tapi itukan dulu sekarang sih malah gue bayar 2bulan di muka..ahahahaha……………….*songong


6. Masih dibiayain sama ortu sampe kuliah??kenapa ga nyoba buat hidup mandiri dengan tidak minta dibiayai lagi sama orang tua,,gak mungkin? Itu mah Cuma yang terlintas dipikiran kita saat ini aja,, kalo udah lu jalanin pasti otak lu akan terus berpikir gimana caranya bisa bertahan hidup tanpa biaya dari ortu.. yah mungkin selama ini kita menganggap susah nyari kerjaan,, kalo gue rasa itu sih lebih kepada karena sampe saat ini masih ada sejumput kecil bagian diotak kita yang masih berpatokan akan adanya pasokan dari orang tua,,kalo lu udah coba ngelepasinnya gue yakin pasti bisa.. karena gue pernah merasakannya,, di awal2 gue “di lepas” orang tua, gue juga keblingsatan buat menuhin kebutuhan hidup gue,, yah saat itu yang bisa gue lakuin cuma ngutang..ngutang..dan ngutang….tapi lama kelamaan gue juga mikir gue ga bisa terus2an bergantung pada utang.. dan Alhamdulillah sampe saat ini gue masih bertahan karena otak gue terus mencari jalan gimana caranya tetep bertahan.. jadi yakinlah kita bisa!! ga salah kan ngeringanin beban ortu,,buat kalian yang dari keluarga berkecukupan juga kenapa ga dicoba!! Kan dengan begitu tingkat kepercayaan orang tua tehadap kita dapat bertambah dan itulah yang gue rasain kini…hho,,


Gimana? Masih mau jadi pengekost yang lempeng2 aja? Ayo mumpung masih berstatus mahasiswa yang ngekost,, maka ubahlah hidup lu sekarang..ahahaha..*pentiiing banget,,!! Oiya buat mahasiswa2 kere kaya gue yang pengen tetep bertahan hidup ntar gue bakal bikin serial gimana caranya survive dengan kekerean yang ada..ahahaha,,,,,..*berasa pakar mahasiswa kere

2 Responses to “Seni dan Sensasi Pengekost”

  1. uswah says:

    Hwahahaha...derita gw kuliah pas bokap pensiun:D Tapi seru, jd ngerti keadaan ortu...hu..hu...terharu sm usaha mereka supaya gw tidak punah:D

    Iya tuh, si J*dy sampe sekarang ga pernah gw liat masak nasi: satu2nya hal domestik yg gw liat dy sangat ahli melakukannya adalah mencet2 dispenser slurpee, hoho...

  2. ahaha gue juga jadi terngiang masa2 semester 3,,seru sih tapi kaga mau mengulanginya lagi...

    ehehehe