List Undangan Pernikahan


.


Salah satu yang sangat berpengaruh terhadap budget resepsi pernikahan adalah jumlah tamu undangan. Kenapa begitu? Soalnya jumlah tamu undangan ini sangat berpengaruh terhadap porsi makanan yang bakal kita sajikan dan tau sendiri kalo makanan merupakan alokasi terbesar dalam sebuah resepsi.

Kebanyakan orang suka langsung mengira-ngira berapa tamu undangan yang bakal diundang, sebenernya mending langsung dilist aje. Soalnya kadang hasil ngira-ngira itu kaga bener, bisa jadi perkiraan 300 undangan tapi setelah dilist ternyata bisa sampe 500 atau mungkin sebaliknya.

Sebagai gambaran, gue udah mulai ngelist tamu yang bakal diundang nanti sejak lebih dari setahun sebelum hari H. Kecepetan? Emang sih tapi banyak banget manfaatnya loh, diantaranya:

1.       Gue udah bisa tau berapa jumlah orang yang bakal diundang secara pasti tanpa kira-kira yang akhirnya bisa segera nentuin besaran gedung yang dibutuhkan. Hal ini bisa mempermudah dalam pencarian gedung, secara jaman sekarang kalo mau booking gedung mesti jauh-jauh hari. Kalo udah deket-deket mah susah nyari gedung yang sesuai keinginan dan sesuai budget.

2.       Kalo mau minta penawaran catering pasti yang ditanya adalah jumlah undangan. Jadi pas kita mau minta penawaran, jumlah porsi yang diminta udah sesuai dan harga yang bakal dikasih juga sesuai dengan jumlah undangan yang emang mau kita undang.

3.        Kalo udah dilist dari jauh-jauh hari, kita bisa mengantisipasi orang-orang yang kelupaan masuk list. Jadi kalo mau ditambahin sekalipun yah gak masalah, wong acaranya juga masih lama.

Nah buat semua yang berencana pengen nikah, gak ada salahnya loh mulai ngelist siapa-siapa aje yang mau diundang dari jauh-jauh hari. Oiya buat yang bingung gimana mau ngelistnya, gue ada formatnya. Berhubung gue ga ngerti gimana cara mengunggah file dalam bentuk Mc. Excel, jadi kalo yang mau langsung bilang aje yee.

Semangat Berencana!!