Ngider Jakarta (1)


.


Kemaren (140712) gue ngajak adek gue yang paling kecil, Yudha, ngiderin Jakarta. Kebetulan gue lagi balik ke Belendung dan ga ada kerjaan juga, jadilah gue berbaik hati ngajak jalan Yudha, ehehe sebenernya alibi aje sih. Gue emang pengen ngadatengin beberapa tempat yang belum sempet gue sambangi (padahal sering dilewatin). Karena males jalan sendiri dan si Neng juga lagi ngendon di rumahnya, jadilah Yudha yang gue boyong. Finally gue jalan bareng adek gue yang baru berumur 3 taun, lebih terlihat kaya babeh sama anaknya sih, tapi yaaah yasudahlah. Mau ngelak juga ga bisa, secara muka gue juga sangat mendukung.

Berangkat dari rumah jam 8 (pagi bener yak?) langsung caw naek angkot ke Kalideres buat lanjut naek Trans Jakarta. Pas sampe depan loket Trans Jakarta, ada kertas yang ditempel dan berisikan pengumuman kalo di hari Minggu, 15 Juli 2012 naek Trans Jakarta gratis tis tis sepanjang hari. Hmm balik aje kali yeee, jalan-jalannya besok aje pas Trans Jakarta gratisan *naluri gratisan muncul*. Mengingat gue bawa Yudha, yang kalo gue batalin tuh jalan-jalan pastinya doi gegawokan jadilah gue lanjutin tuh perjalanan. Berikut rincian perjalanannya:

Museum Nasional

Nih museum letaknya tepat di seberang Monas, di Jl. Medan Merdeka Barat 12 sederet sama RRI, Kemenkominfo dan Kementrian Perhubungan. Biar kata gue sering banget ngelewatin nih museum, kaga pernah sekalipun gue mampir, mangkanye gue penasaran sama isinya.

Harga tiket masuk nih museum Rp 5.000,- buat dewasa, kalo anak-anak usia TK Rp 2.000,- dan untuk orang asing bayarnya Rp 10.000,-. Berhubung gue bukan orang asing dan adek gue baru 3 taun, jadilah dengan duit goceng gue masuk tuh museum.

Isi dari museum ini sangat menarik buat gue, mulai dari arca dalam beragam bentuk dan ukuran sampe Etnografi dari berbagai suku di Indonesia. Adek gue yang emang belum ngerti cuma pelanga-pelongo aje. Doi cuma girang kalo ngeliat arca bentuk binatang, pokoknya apapun yang bentuk binatang doi doyan banget lah. Hmmm salah banget nih gue, anak 3 taun kayaknya emang lebih cocok dibawa ke kebon binatang dah ketimbang ke Museum Nasional.

Ada yang menarik dari Museum Nasional di musim liburan kali ini, ada mewarnai kain batik sepanjang 20 meter. Ahahahaha doyan dah gue sama yang kaya beginian, langsung aje gue nimbrung buat ngambil kuas dan cat air. Langsung terhanyut gue dalam kegiatan ini, haha bahkan adek gue yang sebenernya jadi target acara ini cuma bengong ngeliatin kelakuan abangnya.

Monumen Nasional (Monas)

Kelar dari Museum Nasional gue langsung nyebrang ke Monas, hohoho gue mampir ke Monas tentu saja bukan karena gue belum pernah ke Monas tapi karena emang kebetulan jaraknye deket sama Museum Nasional.

Awalnya gue mau ngajak Yudha masuk ke dalem Monas dan naek ke puncaknya. Tapi sayangnya adek gue lebih tertarik sama kereta-keretaan yang ngider keliling Monas, lagian juga kalo mau naek ke puncak Monas ngantrinyee ajegile, panjang kaya truk gandeng. Akhirnya gue pun mengurungkan niat buat beli karcis masuk Monas dan lebih milih ikut ngantri buat naek kereta-keretaan.
Dari dulu gue selalu berasumsi kalo tuh kereta yang ada di Monas adalah kereta wisata yang emang berfungsi buat ngajak keliling aje. Tapi salah sodara-sodara, tuh kereta berfungsi buat nganter jemput pengunjung dari Monas ke pintu gerbang yang deket lapangan IRTI. Gue jadi rada malu ketika abang sopirnya ngomong di speaker “Kereta ini khusus untuk antar jemput pengunjung, bukan untuk sekadar keliling lingkungan Monas”.

Karena adek gue menunjukan gelagat ogah masuk Monas, gue pun langsung kepikiran buat ke Planetarium Ahaaa gue ga pernah ke sana, mumpung lagi di Monas jadilah gue berencana ke sana. Dari Monas ke Taman Ismail Marzuki (tempat dimana Planetarium berada) itu sangat mudah. Tinggal jalan keluar lewat pintu gerbang yang deket Stasiun Gambir abis itu nyeberang stasiun dan naik Kopaja P20, turun langsung depan TIM. Cukup 2 rebu perak aje, kaga mahal.

Btw pas mau keluar Monas, tiba-tiba serombongan anak muda nyamperin gue dan adek gue. Mereka langsung ngajak gue ngobrol dan in English, hoo okeh mungkin tampang gue menunjukkan gejala gue sangat faseh ber-English-ria. Setelah ngomong panjang lebar, ternyata mereka anak-anak pertukaran pelajar yang lagi nyari dana buat bakti sosial, mereka ngejual gelang gitu seharga 20 rebu. Sayang duit gue abis buat beliin balon Angry Bird buat Yudha yang kaga ngarti minta dibeliin, kaga bisa beli tuh gelang deh gue.

Planetarium, Taman Ismail Marjuki
Gue udah sering denger dari dulu betapa mantepnya Planetarium, sayangnya gue yang belakangan ini emang sering banget ke Taman Ismail Marjuki buat nonton berbagai pertunjukan ga pernah sekalipun mampir ke sana. Penasaran banget sebenernya, tapi kaga juga sempet buat mampir. Alhamdulillahnya kemaren kesampean juga akhirnya, hooo butuh 23 tahun gue hidup buat menjejakkan kaki di Planetarium. Kalah gue sama Yudha yang baru 3 taun idup.

Harga tiket masuk Planetarium saat ini adalah Rp 7.000,- buat dewasa dan Rp 3.500,- buat anak-anak. Oiya khusus di musim liburan kemaren jadwal tayangnya sehari 6 kali, yaitu pukul 08.30, 10.00, 11.30, 13.00, 14.30 dan 16.00 WIB.

Kemaren gue ambil yang jam 1 siang, pintu ruangan dibuka 15 menit sebelum acara. Masuk ke ruangan berbentuk kubah dengan banyak kursi di dalemnya, persis kaya kursi bioskop. Pertunjukan dimulai tepat jam 1, dan ketika rampu diredupkan seketika itu pula langit-langit langsung diisi oleh ribuan bintang. Hooo takjub.


Kemane aje gue selama ini yee? Ada tontonan mahadahsyat di tengah Jakarta yang murah meriah gini gue baru nyobain setelah 23 taun bernafas. Amazinglah pokoknya, kita disuguhi berbagai informasi mengenai dunia astronomi dengan mata yang terus dimanjakan dengan pemandangan yang aduhaaiiiiiii. Ada satu yang paling menarik, ketika kita semua dibuat seolah-olah berada di teater 4D. Kursi dan ruangan seolah-olah ikut miring dan berasa mau nyungsep, padahal mah cuma efek dari tayangan di dinding kubah yang dirancang sedimikian rupa.

Adek gue aje yang tadinya mulai resek karena ngerengek minta pulang langsung terdiam takjub loh ketika pertunjukkan mulai. Pokoknya sangat recommended deh Planetarium ini buat dijadikan destinasi wisata keluarga. Sisi edukasi dapet, sisi entertainnya juga dapet banget. Haaah kapan-kapan jadi pengen bawa adek-adek sepupu gue buat ke Planetarium.

Hmm perjalanan gue-dalam rangka latian jadi bapak-pun berakhir di Planetarium. Pulang langsung menuju stasiun Cikini, sengaja gue naek kereta buat Menuhin hasrat adek gue. Perjalanan dilanjutkan Trans Jakarta dan ngangkot sampe rumah. Hooo lumayanlah ngiderin Jakarta seharian.

Ternyata ga perlu keluar biaya mahal buat wisata menyenangkan di Jakarta. 

Enjoy Jakarta!!