Ngider Jakarta (2 B)


.



Berhubung budget yang dibawa setiap anak sangat minim, jadi gue nyuruh mereka bawa bekel buat makan siang. Setiap anak gue suruh bawa koran bekas buat alas makan siang. Koran pun digelar di pelataran Monas, semua anak makan dengan khidmat.

“Piknik beneran ini mah kita” celetuk salah seorang bocah

Gue rasanya pengen tereak “Menurut lo??!! Kita ngapain emangnya dari tadi? Kuliah? Kerja? Ngelenong?”

Kelar makan dan semua kenyang, tuh bocah-bocah mulai berkeliaran di sekitaran Monas. Pokoknya di pelatarannya lah. Gue waktu itu bener-bener ga tau di mana loket penjual tiket dan pintu masuknya. Biasanya gue ke Monas cuma ngider di halamannya aje karena emang selalu malem gue ke Monas. Lantaran gue emang pengen masuk Monas akhirnya gue kelilinglah nyari, dan ga nemu juga. Setelah nanya, ternyata tempatnya ada di dekat tempat nunggu kereta wisata dan mesti turun dulu ke bawah. Jeding.. Kemane aje gue selama ini????

Pas gue ke loketnya, ternyata udah tutup karena udah lewat dari jam 2. Amsyooonnggggg, untung tuh bocah-bocah kaga pade berubah bentuk jadi kepompong lantaran kecewa. Yaudah akhirnya mereka kembali berkeliaran disekitaran Monas aje, sampe akhirnya tragedi terjadi.

Jadi karena mereka pengen banget masuk, masih pada mikir gimana caranya bisa masuk. Tiba-tiba aja sebuah pencerahan dateng, seorang bule yang secara sekonyong-konyongnya lompat pager aje gitu. Noh bocah yang kayaknya ngefans berat sama bule jadi pada ngikutin, semua loncat pager dooong kecuali yang kelas 2 SD. Dia takut dan gak mau loncat, yang laen juga maksa. Rada lama deh pokoknya, akhirnya tuh bocah mau juga dan dodolnya gue juga ikutan lompat pager.

Mungkin karena proses membujuk yang lama akhirnya menyita perhatian pihak keamanan Monas. Bocah-bocah yang laen udah pada kegirangan dan berlarian berhamburan, gue sama si anak kelas 2 SD jalan santai naik tangga. Eh tiba-tiba aja:

“Mas-mas berenti mas!” Seseorang manggil gue

Pas gue nengok, oh maymay itu petugas keamanan Monas. Percakapan pun terjadi:

Petugas Keamanan (PK): Mas tadi loncat pager ya?

Gue: Hah? (mau ngeles tapi kayaknya ga mungkin)

PK: Iya tadi Mas loncat pager kan?

Anak 2 SD (A): (Mukanya mulai panik)

Gue: Iya Pak (berusaha tenang)

PK: Mas tau kan itu melanggar?

A: (mukanya mulai memble karena takut)

Gue: loh tadi ada bule juga yang loncat kok gapapa? (defense)

PK: Tetep aja Mas melanggar (mulai tinggi suaranya)

A: (mulai nangis)

Gue: Yah tapi kan ga cuma saya saja. (rada panik karena emang tau salah tapi tetep defense)

PK: Udah jangan banyak omong, ayo sekarang ikut saya ke ruangan!! (ngebentak)

A: Huaaaaaaaa, gak mau ditangkep polisi. Huaaaaa… Hueeeeweeee. Huaaaaaaa

Eh bused dia nangis kejer, kalah tuh pluit yang nyerupain bayi nangis yang banyak dijual di sekitar Monas. Si PK juga kaget sama tangisan tuh anak. Sampe akhirnya doi nyuruh gue pulang dan nasehatin buat kaga lompat pager lagi. Hooooo selametlah akhirnya gue.


Pengen masuk tapi udah tutup :(


Nih dia penyelamat dari PK-nya Monas
Sebenernya rada terima kasih juga sih sama bocah 2 SD itu, karena ledakan tangisannya gue jadi dibebaskan. Tapi tetep aje tuh bocah jadi bulan-bulanan bocah laennya, karena dia yang lama dibujuk buat lompat menyebabkan si PK menyadari kejahatan kami. Bocah 2 SD cuma bisa diem aje dengerin omelan dari bocah-bocah yang laen.

Gue pun memutuskan buat pulang. Dari Monas gue jalan ke halte Harmoni lewat gerbang yang deket Istana Negara. Sebenrnya agak muter sih, tapi gue emang sengaja biar mereka bisa ngeliat langsung tempat upacara 17-an yang cuma bisa diliat lewat tipi. Sekalian juga gue ngasih liat tempat gue magang saat itu, Sekretariat Negara, yang emang letaknya di sebelah Istana Negara, ehehehehe pamer sih sebenernya.

Ini bocah-bocah emang beneran kaga ada matinye dah, setelah hampir ditangkep PK-nya Monas masih aje berulah. Pas lewat depan Istana mereka pada pengen poto-poto di depannya. Gue yang mulai lelah jiwa raga nurutin kemauan mereka. Pas baru banget berusaha mendekat, eh penjaga Istana (yang berdiri sepanjang hari di depan pager Istana) langsung menunjukkan gesture yang mengisyratkan bahwa kami jangan mendekat. Kayaknya emang gak boleh mendekati pager Istana Negara deh, yaudahlah daripada nih bocah-bocah dibombardir sama penjaga Istana mending gue jegat mereka dan langsung menuju halte Trans Jakarta di Harmoni.

Bener-bener hari yang menyenangkan (bagi tuh bocah-bocah), kami selamat sampe rumah tanpa kurang 1 apapun. Alhamdulillah Trans Jakarta ga terlalu penuh jadi mereka semua bisa duduk dan tidur sepanjang perjalanan. Hmmm kalo ngeliat mereka tidur, hooo tentramnya dunia. Wajah-wajah polos mereka bikin nyess, kalo begini jadinya kayaknya mending nih bocah pada tidur terus aje dah biar kaga liar.

Capek dan lelah jiwa sih sebenernya, tapi gue sangat seneng kok. Setidaknya mereka udah bisa ke Kota Tua, naik Trans Jakarta dan kereta, Shalat di Istiqlal serta melipir di Monas ketika usia mereka  masih belia. Gak kaya gue yang baru merasakan semuanya pas udah uzur. Gue juga kaga kapok buat ngajak mereka lagi bertualang ke tempat lain, hoho hayoo pada nabung biar bisa jalan-jalan lagi kita!!!

Cuma bisa mandangin dari jauh. Semoga aje nih salah satu dari bocah ada yang bakal tinggal di dalem. Atau gue mungkin? hehe